Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 27 November 2014

Anggun Cipta Sasmi : Penembus industri musik Internasional



Oleh   : Siti juanah

Anggun Cipta Sasmi
Anggun cipta sasmi lahir di Jakarta, 29 April 1974. Dia merupakan putri pertama dari pasangan Darto Singo, seorang seniman Indonesia dengan Dien herdina, seorang ibu rumah tangga yang masih keturunan keratin Yogyakarta. Pada tahun 1992, Anggun menjalin hubungan dengan seorang insinyur berkebangsaan Perancis, yaitu Michel georgea.

Anggun menempuh pendidikan dasarnya di sebuah sekolah katolik di Jakarta, meskipun dia sendiri adalah seorang muslim. Sejak usia tujuh tahun Anggun digembleng latihan vokal setiap hari oleh ayahnya. Dia diajarkan berbagai latihan teknik vocal dengan penuh disiplin. Tidak hanya itu, dia juga diajarkan bermain piano.

Pada usia 9 tahun, Anggun mulai menciptakan lagu – lagunya sendiri dan mulai merekam album anak – anak.  Saat menginjak 12 tahun, Anggun meluncurkan album rock pertamanya berjudul Dunia Aku Punya  (1986). Album tersebut diproduseri oleh gitaris terkenal Indonesia, Ian antono. Sayangnya, album ini tidak mampu mengangkat namanya. Anggun baru meroket di blantika musik Indonesia setelah merilis singel berjudul “Mimpi” pada akhir tahun 1989. Popularitas Anggun terus melejit dengan dirilisnya sederet singel “Tua –tua keladi” dan “Takut”. Setelah sukses dengan singelnya, ia kembali merilis album studio berjudul Anak Putih Abu Abu (1991) dan album studio terakhirnya berjudul Anggun C.Sasmi… Lah!!!

Setelah itu, Anggun menjual perusahaan rekamannya dan hijrah ke Eropa untuk mewujudkan impiannya menjadi penyanyi Internasional. Dua tahun setelah meninggalkan Indonesia, Anggun akhirnya berhasil bertemu dengan Erick Benzi, salah seorang produser Perancis yang pernah menggarap album sejumlah penyanyi terkenal seperti Celine Dion, Jean-Jacques Goldman dan Johnny Hallyday. Benzi terpikat oleh kemampuan vocal Anggun dan seketika menawarkannya untuk rekaman album. Anggun setuju dan memutuskan untuk mempelajari bahasa Perancis secara otodidak. Atas bantuan Benzi, Anggun kemudian direkrut oleh Columbia Records di Perancis. Tidak hanya itu, Anggun juga berhasil mendapat kontrak label induk Sony Music International untuk album yang akan diedarkan secara Internasional.

Saat ini Anggun bermukim di Perancis dan Kanada untuk melanjutkan karier internasionalnya. Sejak tahun 1997, album-album Anggun direkam dalam dua bahasa, Inggris dan Perancis. Dengan 4 album internasionalnya, Anggun tercatat sebagai salah satu penyanyi Asia paling sukses di luar Asia.

Diadaptasi dari:
http://duniabaca.com/daftar-artis-indonesia-yang-go-international.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar