Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 25 November 2014

ALBERT EINSTEIN : SANG PENEMU RUMUS E=MC2

Oleh : Mai Dwi Lestari

Albert Einstein lahir di ULM WURNTEMBENG , Jerman pada tanggal 14 maret 1879 ia lahir dari pasangan Herman Einstein dan Pauline Einstein . Alberrt Einstein adalah ilmuwan fisika teoritis yang mengembangkan teori umum relativity , dari penilaian tersebut menghasilkan rumus yang paling tekenal di dunia yaitu E=MC2.

Einstein adalah keturunan yahudi , ibu Einstein memasukan anaknya kesekolah katholik pada umur 5 tahun selama tiga tahun , pada umur 8 tahun dipindahkan ke LUITPOID GYMRASIUM untuk mendapatkan pendidikan menengah pertama dan menegah atas , pada umur 16 tahun Einstein mengikuti ujian masuk Swiss Federal politechnik in zurich , tetapi gagal namun hasil test tersebut menunjukan nilai yang sangat baik dalam fisika dan matematika . 

Pada tahun 1998 , Einstein jatuh cinta kepada Mileva Maric . sebelum menikah secara resmi dengan Maric mereka dikabarkan telah memiliki seorang putri lieseri , Albert Einstein menikahi maric secara resmi pada januai 1903 dikaruniai dua orang anak yaitu Hasr Albert dan Eduard , mereka cerai pada tanggal 14 februari 1919 , kemudian Einstein menikah dengan Elsa Lowerthal pada tanggal 2 juni 1919 yang merupakan sepupunya sendiri .

Bulan februari 1933 ketika Einstein berkunjung ke amerika , dia memutuskan untuk tidak kembali ke Jerman selama menguatinya nazi dibawah adoif beberapa bulan kemudian , Einstein menyadari bahwa dirinya merupakan pembunuhan atas dasar hukum yang berlaku di jerman saat itu untuk kaum yahudi , Einstein memutuskan pergi ke belgia dan tinggal disana untuk 3 bulan sebelum tinggal di inggris , di bulan oktober 1933 Einstein kembali ke amerika dan bekerja di universitas Princeton Einstein mendapatkan kewarganegaraan amerika pada tahun 1940 .    

Tahun prestasi albert
  • Bulan maret 1905 : Albert Einstein menulis dan mempublikasikan karyanya tentang aplikasi eka partisipasi pada peristiwa radiasi . 
  •  Bulan april 1905 : Albert memperoleh gelar doktorralnya yaitu PHD
  • Bulan mei 1905 : Albrt menulis paper tentang gerak brown atau yang terkenal dengan gerakan Brownian
  • Bulan juni sampai september 1905 : Albert menulis tentang teori relativitas khusunya yang di kemudia hari menjadi terkenal dengan rumusnya E=MC2  

Pada tanggal 17 april 1955 , Alber Einstein mengalami pendarahan internal yang disebabkan oleh pecahnya abdomirai aotic anevrysm . dia meninggal dirumah sakit Princeton di pagi harinya pada umur 76 selam autopsy ahli potology dari rumah sakit Princeton , thomaz sroitz Harvey , menghapus otak Einstein untuk pengawetan tanpa izin dari keluarganya dengan harapan bahwa ilmu saraf masa depan akan mampu menemukan apa yang membuat Einstein begitu cerdas .

Karena jasa jasanya di bidang pengetahuan nama Einstein dijadikan nama sebuah satuan dalam fotokimia .   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar