Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 29 November 2014

Daniel Radcliffe : Si Penyihir “Harry Potter” Peraup Segudang Prestasi

Oleh : Lia Agustin Anggraini

Bernama lengkap Daniel Jacob Radcliffe atau Daniel Radcliffe lahir pada 23 Juli 1989 di Fulham, Inggris. Ia merupakan anak dari pasangan Alan George Radcliffe dan Marcia Gresham Radcliffe.

Daniel Radcliffe pernah mengenyam pendidikan di Sussex house school London, city of London school. Karirnya dimulai ketika dirinya menjadi bintang dalam serial TV DAVID COPPERFIELD di tahun 1999, kemudian ia pun berperan sebagai Mark Pendel dalam film THE TAILOR OF PANAMA. Dari sinilah karir Daniel pun melonjak, sehingga ia pun dilirik oleh Chris Colombus yang akhirnya menawarkan Daniel untuk menjadi peran utama sebagai Harry Potter dalam film perdananya yang berjudul Harry Potter and the Sorcerer’s Stone.

Saat ini Daniel telah membintangi 5 film Harry Potter diantaranya Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, Harry Potter and the Chamber of Secret, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, Harry Potter and the Goblet of Fire, dan Harry Potter and the Order of the Phoenix. Hingga film Harry Potter seri terakhir yang diperankannya yaitu Harry Potter and the Deathly Hallows. Daniel pun seperti menjadi milyarder muda saat itu. Dari perannya tersebut, Daniel pernah menjadi remaja terkaya di Inggris, dan ia pun bisa membeli sebuah rumah yang harganya hingga milyaran rupiah.

Setelah ini namanya pun dikenal sebagai remaja yang populer tidak hanya di Inggris saja tetapi di seluruh dunia. Karakter Harry Potter sendiri ia rasakan sangat mirip dengan karakter dirinya. Ia bermain dalam film Harry Potter bersama 2 rekan lainnya yang bernama Rupert Grint yang berperan sebagai Ron Weasley dan Emma Watson yang berperan sebagai Hermione Granger. Sejak ia bermain dalam film tersebut, penggemar berbondong-bondong langsung menjadi fanatik Harry Potter terutama wanita.

Saat bermain di film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone(Batu Bertuah) dia menghasilkan uang sebesar £250.000, dan di serial Harry Potter and the Goblet of Fire(Piala Api) dia meraih sekitar £5,6 juta, dan di serial Harry Potter and the Order of Phoenix dia meraih sekitar £8 juta.

Selain film Harry Potter, Daniel juga pernah membintangi film film lain seperti December Boys tahun 2007, The Journey is the Destination tahun 2011, The Woman In Black tahun 2011, dan All Quiet on the Western Front tahun 2012. Daniel juga mempunyai beberapa program TV seperti Foley and McColl tahun 2005, Extras tahun 2006, My Boy Jack tahun 2007, dan The Simpsons as Edmund, in a treehouse of Horror Segment tahun 2010.

Daniel meraih banyak penghargaan. Ia pernah menjadi pemenang di acara Hollywood Women’s Press Club dalam kategori Male Youth Discovery of the Year tahun 2001, masuk dalam nominasi Best Newcomer di acara Phoenix Film Critics Society Awards tahun 2001, dan nominasi Outstanding Actor di acara American Moviegoer Awards.

Di tahun 2002 Daniel kembali menjadi pemenang di acara Sir James Carreras Award for the Variety Club Showbusiness Awards dalam kategori Outstanding New Talent, pemenang di acara Time For Kids dalam kategori Person of the Year, dan pemenang di acara “Gold Place”, David di Donatello Awards dalam kategori Targa d’Oro. Tahun 2003 ia menjadi pemenang di acara Roadshow Cinem Grand Prix Awards, Japan dalam kategori Best Actor, pemenang di acara RTL Television, Germany dalam kategori Top 10 Child Stars tahun 2010, dan masih banyak penghargaan lainnya.

Daniel Radcliffe memiliki sifat pekerja keras. Sudah seharusnya sosok ini ditiru oleh generasi muda saat ini, karena di usianya yang masih sangat muda ia mampu meraih banyak prestasi dan menjadi remaja terkaya di Inggris.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar