Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 27 November 2014

Sir Alex Ferguson : Pelatih Tersukses Di Ranah Inggris



 Oleh: Rexy Adriano

Alexander Chapman Ferguson lahir pada 31 Desember 1941 di Glasgow, Skotlandia. Dia anak dari Alexander Beaton Ferguson dan Elizabeth Hardie, ia mempunyai saudara laki-laki bernama Martin Ferguson. Wanita pilihannya untuk menemani sisa hidupnya yaitu Cathy Ferguson (1966) dan ia memiliki 3 orang anak laki-laki yakni Mark, Darren dan Jason.

Pada ia berumur 7 tahun, ia sudah dimasukan Ayahnya ke akademi Queen’s Park. Di akademi ini ia sangat berkembang dan di usia 16 Thun ia sudah bermain di tim utama Queen’s Park. Dan yang paling membuat ia terkenal dan maju adalah saat ia bermain di klub Dunfermline Athletic 88 mengontrak ia berhasil mencetak 66 gol. Kemudian ia membela klub-klub lain seperti Rangers (1967-1969), Falkrik (1969-1973), Ary United (1973-1974), lalu ia memutuskan untuk gantung sepatu di tahun 1975.

Selepas ia pensiun sebagai pemain ia memutuskan untuk tidak meninggalkan dunianya di sepakbola dan memilih sebagai pelatih. Klub yang ia latih pertama kali adalah klub Stirling Timur. Kemudian ia melanjutkan karirnya ini dengan melatih St Mirren dan Aberdeen. Keberhasilan Fergie ini dilirik oleh klub-klub besar, ia mendapat tawaran yang menggiurkan dari Barcelona, Arsenal, Glasgow Ranger, dan Totteham Hotspurs untuk diposisikan sebagai manajer klub-klub raksasa tersebut. Namun ia menolaknya dan lebih memilih Manchester United dan meninggalkan keberhasilan yang diraihnya di Skotlandia, ia menggantikan Ron Atkinson sebagai pelatih.

Diawal ia melatih, ia menghadapi kesulitan karena budaya dan tradisi minum-minum para punggawa United. Dengan doa, bekerja keras, dan tegas, ia berhasil membangun Manchester United yang baru. Dengan memusnahkan budaya dan tradisi lama para punggawa United dan mengeluarkan pemain-pemain yang sudah menjadi idola di United. Dan memilih merekruit pemain-pemain muda, ia terapkan kedisplinan luar biasa pada setiap punggawa United, ia memposisikan dirinya sebagai mentor, motivator dan pembangun mental para pemain muda United. Dan ia berhasil memenangkan beberapa pertandingan dan menjadi pelatih yang sangat sukses di ranah Inggris. Kemudian ia diangkat menjadi menajer dan pelatih tim
Fergie mempersembahkan 20 trofi Liga Inggris dan 3 trofi Liga Champions UEFA, pada saat itu ia menjadi satu-satunya pelatih yang memenangkan piala FA sebanyak 5 kali. Dengan keberhasilannya sebagai pelatih ia mendapatkan penghargaan dari kerajaan Inggris, ia mendapat gelar “Sir”.

Setelah ia cukup sukses dan berhasil, ia memutuskan untuk menghentikan karirnya sebagai pelatih. Sir Alex pensiun setelah ia mempersembahkan trofi ke-20 untuk Manchester United. Walaupun ia memutuskan untuk pensiun ia tetap menjadi manajer klub United. Keputusan beliau ini mendapat apresiasi dari Direktur Manchester United dengan membuat patungnya di depan pintu gerbang utama stadion Old Trafford, dan nama Sir Alex diabadikan sebagai nama jalan di kota Inggris yaitu “Sir Alex Ferguson Way”.

Sir Alex memiliki sifat yang tegas dan keras. Sudah sepantasnya sosok yang dingin dan disiplinnya ini dijadikan panutan bagi banyak orang. Perjuangannya bersama United membuat para Mancunian (Fans Man United) bangga.

https://fansmufc.wordpress.com/biografi-sir-alex/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar