Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 27 November 2014

AL-KWARIZMI “Bapak Ilmu Pengetahuan Aljabar”

Oleh : Asep Irwana


Al-Kwarizmi nama sebenarnya adalah Musa Ibn musa Al-kwarizmi beliau adalah seorang ulama yang terkenal pada abad 8 masehi,beliau dilahirkan pada tahun 780 masehi,Al-Kwarizmi dibarat dikenal sebagai Al-Kwarizmi,Al cowarizmi,Al- Aharizmi,Al-harizmi,Al-Goritmi,Al-Gorismi namanya merunjuk pada tempat kelahirannya.beliau lebih dikenal sebagai Al-Kwarizmi dikalangan ilmu sains. 

Dalam pendidikan telah dibuktikan bahawa al-Khawarizmi ialah seorang tokoh Islam yang berpengetahuan luas.  Pengetahuan dan kemahiran beliau bukan sahaja meliputi bidang syariat tapi di dalam bidang falsafah, logik, aritmetik, geometri, muzik, kejuruteraan, sejarah Islam dan kimia. Al-Khawarizmi sebagai guru aljabar di Eropa.  Beliau telah menciptakan pemakaian Secans dan Tangens dalam penyelidikan trigonometri dan astronomi.  Terbkti dalam usia muda beliau bekerja di bawah pemerintahan Khalifah al-Ma’mun, bekerja di Bayt al-Hikmah di Baghdad.

Beliau memasuki kitab sekolah rendah seawal 6 tahun besarnya ,membaca menulis Al-Quran menghafal Al-Quran dan mempelajari Asas Ulum As-Syariah di peningkatan madrasah (sekolah menengah) beliau berminat dengan ilmu Ulum al-adbiah(ilmu-ilmu dalam bidang sastra dan Ulum anriyadhian (ilmu-ilmu dalam bidang matematika ,al gebra,geometric),minatnya dalam bidang tersebut membuat beliau menjadi terkenal.Khalifaha Al-Maun telah beliau menulis penggalan matematika peninggalan beliau, beliau pun supaya menuliskan buku-buku yang berkaitan ilmu Al-gebra,geometrik dan menghalusi masalah matematika karena masyarakat sangat memerlukan penemuan aljabar dan angka nol.

Karya Al-Khwarizmi berjudul Kitab al-Jabr w’al-muqabalah (The Book of Restoring and Balancing) menjadi titik awal aljabar dalam dunia Islam. Kata aljabar ini digunakan di dunia Barat untuk obyek yang sama. Menurut Kasir (1931), kata aljabar berasal dari tulisan Al-Khwarizmi yang mencantumkan ’al-jab’ sebagai judulnya. Tulisan ini diterjemahkan (abad XII) ke dalam bahasa Latin oleh Gerhard Cremona dan Robert Chester, dimana buku ini digunakan sebagai buku wajib matematika dasar di Eropa hingga abad XVI.

Pengaruh lain yang berkait dengan ilmu matematika adalah suku kata ”algoritm” yang dikonotasi sebagai sebuah prosedur baku dalam menghitung sesuatu. Kata ini berasal dari perubahan versi Al-Khwarizmi ke versi Latin ‘algorismi’, ‘algorism’ dan akhirnya menjadi ’algorithm’. Angka yang tertera dalam setiap halaman tulisan adalah salah satu bukti peran Al-Khwarizmi dalam aritmatika. Tulisan aritmatika berbahasa Arab yang pertama kali diterjemah ke bahasa Latin berperan penting dalam perkembangan bilangan Arab dan sistem bilangan yang diterapkan saat ini. Bahwa penggunaan sistem bilangan Arab dan notasi penulisan basis sepuluh, telah diperkenalkan oleh Al-Khwarizmi, dapat dikatakan sebagai suatu revolusi perhitungan di abad pertengahan bagi bangsa Eropa.Al-Kwarizmi wafat antara 220 dan 230 masehi.ada yang mengatakan tahun 266H/850m di bagdad.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar