Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 29 November 2014

Bruce Lee : The Tao Of Jeet Kune Do

Disusun oleh : Indrawan


Tahun 1940 , pada tahun itu disuatu rumah sakit di San Fransisco lahir lah Lee Hsiao Lung. Diberi nama inggris seorang yang menangani kelahiran beliau yaitu Brucee. Lahirlah sang legenda. Saat berusia 6 tahun beliau sudah berkating untuk pertama kalinya dalam film berjudul " A Begining Of A Boy ", karena ayahnya yang bernama Lee hoi chun adalah seorang aktor film. Waktu beliau berumur 14 tahun, beliau berdiskusi dengan ibunya, ia memutuskan belajar seni bela diri karena beliau adalah anak yang rapuh, sehingga ketika ia terlibat perkelahian dalam jalanan dia mengalami kekalahan.

Akhirnya beliau berguru dengan sifu Yip Man, beliau juga berguru dengan master kungfu Siu Hon Sung yang menguasai 30 jurus siu hon sung, selama 3 malam saja beliau bisa menguasai 30 jurus siu hon sung padahal jurus tersebut membutuhkan 3 minggu dalam 30 jurus siu hon sung , selain mahir bela diri beliau juga bisa menari cha - cha, pada Tahun 1958 dia berhasil meraih trophy hongkong cha -cha championship.

Pada 17 tahun ayahnya membuat keputuasn untuk mengirim beliau ke amerika agar menjadi orang yang lebih bertanggung jawab, dengan berbekal 100 U$ dollar berangkat beliau ke tanah kelahirannya San fransisco. Karena beliau terlibat dalam perkelahian jalanan dan ingin sekali menguji keahlian kung fu nya. Pada saat itu polisi memberikan peringatan bahwa jika beliau masih terlibat dalam perkelahian jalanan maka akan ditahan.

Di San fransisco, beliau dititipkan kepada teman ayahnya yang bernama ruby chow pemilik sebuah restoran dan beliau melanjutakn pendidikan selanjutnya di Sma , setelah menyelesaikan SMA , beliau masih giat melatih fisiknya.
Beliau kemudiann memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Seattle mengambil jurusan filsafat, beliau akhirnya membuka sekolah umum untuk kung fu. Dan pada tahun 1961 dia berjumpa bernama linda emery akhirnya berdua menikah lalu lahirlah brandon pada tahun 1965 disusul pula anak ke-2 dari beliau bernama shannon lee 1969.

Pada tahun 1964 beliau mendapat peran sebagai kato dalam film "Green Hornet". Disaat salam suatu turnamen karate, beliau mendemonstrasikan jurus pukulan satu inchi yang legendaris. Salah satu seorang producer acara televisi sanagt terkesan dengan penampilan beliau yang penuh intensitas dan konsentrasi. Pada tahun 1964, Bruce Lee mengikuti ‘Kompetisi Karate-do Long Beach’ yang diadakan di California – USA. Lalu, ia dilirik oleh William Dozier yang tak lain adalah seorang produser film seri TV (Batman) yang kemudian mengundangnya untuk mengikuti audisi. Saat berusia 26 tahun, Bruce Lee menandatangani kontrak peran dengan perusahaan siaran USA untuk 30 serial TV ‘Green Hornet’. Lalu ia memutuskan untuk berkiprah di Hong Kong dan mulai menggarap film silat.
Bruce Lee telah berperan dalam lima film di rentang tahun 1971 – 1978. Dalam film-film yang ia perankan, tendangan memutar Bruce Lee dan tendangan melayang, serta ketangkasan Nun Chakunya mampu membuat para penonton layar kaca terpukau atas penampilannya.
Bruce akhirnya membuka sekolah kung fu sesudah atau setelah proyek film "Green Hornet" yang diberi nama sekolah kung fu tersebut yaitu "Lee jun fan , gung fu institute". Para pesohor pun belajar kungfu ditempat ini seperti Kareem abdul-jabbar, James brown, dan steve mcqueen.
Pada tangal 10 Mei 1973 beliau tiba- tiba pingsan selama setengah jam saat menigisi dubbing untuk "Enter The Dragon". Dokter memberi resep obatnya yaitu resep manatol, obat untuk mengatassi gejala brain swelling (pengembangan otak).
Seiring waktunya berjalan pada 20 Juli 1973 beliau meninggal dunia di ruang gawat darurat Rumah sakit Queen Elizabeth, disaat dirumah Betty ting pei seorang aktor yang akan bermain film bersama dengan beliau difilm "The Big Boss" beliau mengeluh sakit kepalanya lagi kemudian dia meminum aguagesic, obat sakit kepala yang biasa dikonsumsi oleh Betty ting pei. Lalu muridnya datang untuk berduka cita seperti Chuck norris, Steve mc queen. Jasa nya telah dikenang dari seluruh dunia bahkan film-film nya yg telah ditampilkan seperti "Enter the dragon", "The big boss", "Green hornet", "The way of the dragon", "First of fury", dan lain-lain.
Sebelum beliau meninggal dunia, beliau pun telah menciptakan teknik kung fu nya yaitu "Jeet kune do", teknik memotong serangan musuh. Pada akhirnya teknik tersebut telah digunakan oleh sekolah kung fu milik beliau yang pernah dimasuki oleh salah satu murd beliau yaitu Chuck norris dan hingga rilis buku yang telah diciptakan juga oleh beliau yang diberi nama "Tao Of Jeet Kune Do".

Sumber :
  • http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-bruce-lee.html
  • http://uniqpost.com/profil/bruce-lee/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar