Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 25 November 2014

Erick Thohir – Pengusaha Indonesia dan Pemilik Klub Sepakbola Inter Milan

Oleh: Siska Widya Astuti

   Erick Thohir dilahirkan pada tanggal 30 Mei 1970 di Jakarta, Indonesia. Ia lahir dari keluarga pengusaha. Ayahnya bernama Teddy Thohir, ia mempinya saudara bernama Boy Thohir dan seorang saudara perempuan bernama Rika. Ayahnya Teddy Thohir bernama Wiliam Soeryadjaya merupakan pemilik dari Grup Astra Indonesia.
    
  Erick Thohir menempuh pendidikan sarjana di Glandale University. Kemudian ia melanjutkan masternya dalam bidang Administrasi Bisnis (Master of Business Administration) di Universitas Nasional California dan memperoleh gelar masternya.
   
  Erick Thohir tertarik dengan bisnis media. Ia berpendapat ingin mendirikan Mahaka Grup. Karena belum banyak memiliki pengalaman maka ia kemudian belajar dengan Ayahmya serta mendapat bimbingan Jakob Oetama dari Kompas dan kemudian Dahlan Iskan. 

  Erick Thohir kemudian menjadi presiden direktur PT Mahaka Media dan menjabat sebagai konisioner. Erick juga menjabat sebagai ketua komite onten dan industry. Hingga pada tahun 2009, Grup Mahak milik Erick telah berkembang di dunia media dan menguasai majalah. Selain dibidang media, ia juga memiliki usaha dibidang periklanan, jual-beli tiket, serta desain situs web.
   
   Ia juga pendiri dari organisasi amal “Darma Bakti Mahaka Foundation” dan “Dompet Dhuafa Republika” seta menjadi presiden direktur VIVA Grup dan Beyond Media. Erick mendirikan Klub Bola Basket Mahaka Satria Muda Jakarta dan Mahaputri Jakarta. Ia bercita-cita menjadikan olahraga tak hanya sebagai hobi, melainkan pula sebagai lahan bisnis yang menguntungkan bagi atlet dan pemilik klub. Erick juga pernah menjabat sebagai ketua umum PERBASI periode 2006 hingga 2010 dan kemudian menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara(SEABA) selama dua kali. Tahun 2012 erick dipercaya sebagai Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade London 2012.
   
  Pada tahun 2012, Erick menjadi pemilik Saham mayoritas klub D.C United yang merupakan sebuah klub sepakbola profesional asal Amerika Serikat yang berbasis di Washington. Erick membuat gebrakan dengan membeli 70 persen saham klub sepakbola asal Italia yaitu Intermilan. Lewat pembelian tersebut, Erick menjadi pemilik klub besar Eropa terbaru yang berasal dari Negara berkembang. Kepemilikan Erick atas intermilan menambah nama dalam daftar pengusaha Negara berkembang berhasil mengakuisisi klub sepakbola yang popular dimata dumia. Erick resmi menjabat sebagai presiden klub intermilan yang baru.

  Erick Thohir memiliki sifat bekerja keras dan dapat membanggakan nama Indonesia. Karena dia menjadi presiden klun intermilan yang berbasis di italia sebelumnya ia seorang pengusaha asal Indonesia dan menjadio sangat terkenal ketika ia menjadi pemilik klub sepakbola intermilan.

 Referensi :

- http://id.wikipedia.org/wiki/Erick_Thohir
- http://republikmemanggil.org/tokoh/tokoh-45/71-erick-tohir.html
- http://bisnis.liputan6.com/read/722617/erick-thohir-kini-sejajar-dengan-roman-abramovich
- http://www.orangterkayaindonesia.com/erick-thohir/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar