Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 26 November 2014

ARISTOTELES : Sang Guru Besar Filsafat

Oleh : Greisha Fatma

Aristoteles adalah sorang filsuf, Ilmuan sekaligus pendidik asal Yunani.Dia dilahirkan di Stagira,wilayah Chalcidice, Thracia,Yunani(dahulunya termasuk wilayah makedonia tengah) tahun 384 SM. Ayahnya bernama Nichomachus adalah seorang ahli pengobatan atau tabib pribadi Raja Amyntas III dari makedonia dan Ibunya bernama Phaestis. Ia juga memiliki istri yang bernama Hermias Pythias.

Ketika masih kecil, Ayah Aristoteles mengirimnya ke Athena untuk belajar dengan Plato. Kemudian, ia mengenyam pendidikan dan tinggal di Academy Plato selama 20 puluh tahun. Awalnya murid kemudian menjadi guru. Ketika Plato meninggal pada tahun 348 SM, Aristoteles meninggalkan Athena dan pulang kembali ke Makedonia pada tahun 342 SM. Selama tujuh tahun Aristoteles melayani raja Philip sebagai guru seorang anak raja, yaitu Alexander yang Agung.

Saat Alexander berkuasa pada tahun 335 SM, Aristoteles kembali ke Athena dan membuka sekolahnya sendiri yang diberi nama Lyceum, lalu ia melanjutkan karya kehidupannya.Dia berada di Athena selama 12 tahun, dengan bantuan dana dari Alexander, Aristoteles melakukan penelitian-penelitiannya sebagai ilmuwan salah satunya adalah mengadakan pengamatan-pengamatan, mengumpulkan spesimen dan mengklasifikasi segala pengetahuan yang ada tentang dunia fisik.Pendekatannya yang sistematis menjadi berpengaruh sehingga berevolusi menjadi metode ilmiah dasar yang digunakan di dunia barat.

Bukan saja berlaku bagi dunia fisik, selama hidupnya ia juga menghasilkan tulisan-tulisan tentang logika yang dianggap sebagai karyanya yang terpenting serta tulisan tentang metafisika,fisika, etika dan ilmu pengetahuan alam. Di bidang ilmu alam, Aristoteles merupakan orang pertama yang mengumpulkan dan mengklasifikasikan spesies-spesies Biologi secara sistematis.Karyanya ini menggambarkan kecenderungannya dalam berpikir dan analisa kritis dalam pencarian terhadap hukum alam dan keseimbangannya pada alam. Dalam politik, dia menyarankan bahwa bentuk pemerintahan yang ideal adalah kombinasi antara demokrasi dan monarki.

Berbagai temuannya seperti logika yang sering disebut dengan ilmu mantic yaitu ilmu pengetahuan tentang cara berpikir dengan baik. Dia juga merupakan orang pertama  yang membuktikan bahwa bumi bulat, pembuktiannya dilakukan dengan melihat gerhana.a, Sepuluh jenis kata yang dikenal orang saat ini seperti kata kerja, kata sifat dan kata benda merupakan pembagian kata hasil pemikirannya.dia jugalah yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Salah satu istilah ciptaan aristoteles yang masih dipakai sampai saat ini yaitu: informasi, relasi dan individu. Maka tak heran dengan begitu banyak hasil karya yang diciptakannya, Aristoteles pun banyak dijuluki Bapak Ensiklopedi, Bapak Ilmu pengetahuan,Filsafat terbesar di dunia dan Gurunya para Ilmuan.

Sepeninggal kematian Alexander, Aristoteles melarikan diri ke chalcis hal ini disebabkan karena ia takut dibunuh oleh orang-orang Yunani yang membenci pengikut Alexander Agung serta adanya permusuhan yang lama antara Athena dengan negeri asalnya, makedonia. Satu tahun setelah pelariannya, tepatnya pada tahun 322 SM, Aristoteles meninggal dunia pada usia 62 tahun di kota tersebut, chalcis, Yunani.
Setelah kematiannya,banyak buku catatan Aristoteles disimpan di goa-goa dekat rumahnya dan belakangan buku catatanya dibawa ke perpustakaan besar di Alexandria di Mesir dan tak hanya itu hasil karyanya pun diterjemahkan ke dalam bahasa Latin,Arab, Perancis, Ibrani, Jerman dan Inggris dan dihargai oleh Sarjana Islam. Hasil karyanya memberikan pengaruh besar terhadap pemikiran bangsa barat selam berabad-abad.

Aristoteles merupakan pemikir dan ilmuwan filsafat yang sangat cerdas dan kritis dalam memahami  seluk beluk dunia.Ia telah  berhasil menciptakan banyak  karya yang sangat menakjubkan bagi peradaban bangsa bangsa barat dan dunia,bagaimana tidak, disetiap karyanya dibuktikan dengan pengamatan dan penglihatan sebelum di terapkan di kehidupan nyata.Sudah sepantasnya sosok beliau kita hormati dan kenang,karena beliau kita belajar dan mengerti.

Sumber -Sumber :
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar