Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 28 November 2014

Mahatma Gandhi : Sang Pembela Kebenaran

Oleh : Wiki Susanto

         Mohandas Karamchand Gandhi lahir pada 2 oktober 1869 di Gujarat, India. Mahatma Gandhi diartikan dalam bahasa sansekerta yaitu jiwa agung. saat remaja, Gandhi pindah ke inggris untuk mempelajari hukum. Beberapa anggota dari gandhi bekerja pada pihak pemerintah. Istri dari Mahatma Gandhi yaitu Kasturban Gandhi

          Gandhi pernah pindah ke Inggris untuk mempelajari hukum. Setelah dia menjadi pengacara, dia pergi ke Afrika, sebuah koloni inggris, dimana dia mengalami diskriminasi ras yang di namakan Apartheid. Dia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang aktifis politik agar dapat mengubah hukum - hukum yang diskriminatif tersebut. Gandhi pun membentuk sebuah gerakan non-kekerasan.

     Ia mengawali karirnya sebagai seorang pengacara di Afrika Selatan, dimana ia menemukan berbagai persoalan rasial untuk pertama kalinya. Suatu ketik, dalam perjalanan diatas kereta api yang sedang menuju pretoria, Gandhi diminta meninggalkan kursi penumpang kelas satu yang ditumpanginya meskipun ia telah membayar tiketnya

         Gandhi adalah seorang hindu namun dia menyukai pemikiran - pemikiran dari agama - agama lain temasuk islam dan kristen. Dia percaya bahwa manusia dari segala agama harus mempunnyai hak yang sama dan hidup secara damai di dalam satu negara. Pada tahun 1947, india menjadi merdeka dan terpecah menjadi 2, India dan Pakistan. Hal ini tidak disetujui Gandhi.

       Prinsip Gandi Satyagraha, sering diterjemahkan sebagai "jalan yang benar" / "jalan menuju kebenaran" telh menginspirasi berbagai generasi aktifitas - aktifitas dan anti-rasisme seperti Martin Luther King, dan Nelson Mandela. Gandhi sering mengatakan kalau nilai - nilai ajarannya sangat sederhana.

      Nehru adalah perdana menteri India, menyebut Gandhi sebagai tokoh besar India setelah Gautama sang Buddha. Ketika dimintanya untuk mengomentari tentang Gandhi, Einstein mengatakan " Pada Saatnya akan banyak orang yang tak percaya dan takjub bahwa pernah hidup seperti Gandhi di muka bumi ". Winston (Burchilli, perdana menteri inggris, menyebutnya "Naked Fakir".

Diadaptasi dari :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar