Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 25 November 2014

EVA PERON : PAHLAWAN RAKYAT MISKIN

oleh : yola mariana

Maria eva duarte de peron yang lebih dikenal dengan nama evita lahir pada 7 mei 1919 dilos toldos, kota kecil diprovinsi buenos aires, argentina. Ia adalah anak terakhir dari lima saudara hasil hubungan diluar nikah juana I barguren dengan juan duarte. Ia menikah dengan peron secara diam-diam pada tahun 1945.

Disekolah eva bukan siswi yang menonjol. Namun sejak kecil ia sudah menunjukan bakat dalam akting dan drama. Perumpuan yang awalnya berprofesi sebagai bintang film ini mulai dekat dan terlibat dalam dunia politik sejak membantu suaminya, juan peron berkampanye dan merintis jalan menuju kursi presiden argentina. Eva aktif berkampanye berkeliling kepelosok negri tango melalui radio-radio, eva mengajak kaum muda dan kaum miskin bergabung dalam gerakan peron. Pidato dan retorikanya sangat menyentuh perasaan kaum miskin dan kaum buruh. Eva selalu menampilkan perjuangan dan kisah masa kecilnya yang penuh penderitaan. Alhasil, juan peron memenangkan pemilu presiden 1946 dan otomatis menempatkan eva sebagai first lady argentina.

Sebagai ibu negara, dia aktif menggalang dukungan sebagai kekuatan penopan pemerintahan suaminya, eva juga mulai aktif dalam berbagai kegiatan sosial,. Dia menyapa rakyat miskin, kaum buruh, dengan menggunakan yayasan eva peron. Mereka itulah yang kemudian menjadi kekuatan besar bagi eva dan pemerintahan suaminya. Apa yang dilakukan sejalan dengan arah kebijakan pemerintahan suaminya yang pro buruh dan kaum miskin.

Karena selalu melibatkan diri bersama masyarakat, eva menjadi sangat populer dikalangan rakyat argentina. Dia juga yang membidani partai peronis perempuan yang merupakan partai politik wanita pertama terbesar diargentina. Eva juga didaulat sebagai pemimpin spiritual argentina untuk periode yang terbilang singkat yakni 7mei-26juli 1952. Dia juga pernah menjabat sebagai mentri kesehatan pada periode 4juni-26juli 1952.

Aktivitas politiknya membuka peluang bagi eva untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Rakyat argentina meminta eva mengumumkan secara resmi pencalonanya sebagai wakil presiden. Namun, dia menyadari kalangan militer dan kelas atas argentina tidak menghendaki pencalonannya. Akhirnya dia memutuskan menolak maju sebagai calon wakil presiden.

Kesehatan eva semakin memburuk. Eva mengidap kanker serviks stadium lanjut. Dia beberapa kali pingsan dihadapan publik. Eva menjadi wanita argentina pertama yang menjalani pengobatan secara kemoterapi. Namun itu semua sama sekali tidak berhasil.

26 juli 1952 sekitar pukul 20.25 waktu setempat, eva menghembuskan nafas terakhir. Seluruh argentina berkabung karena pemimpin spiritual bangsa telah meninggal. Aktivitas pemerintahan dihentikan selama dua hari, bendera setengah tiang dikibarkan diseluruh argentina selama 10hari sebagai tanda berkabung.

Eva peron memiliki sifat yang sangat bijaksana dan sangat sayang kepada rakyat argentina. Sosok eva peron memang harus ditiru oleh pemerintahan lainnya. Dan eva peron masih dikenang dalam buku “the myths of a women” yang dibuat oleh julie M taylor.

Diadaptasi dari : 1. http://www.merdeka.com/peristiwa/eva-peron-ibu-negara- 
                           2. http://legendarisdunia.blogspot.com/2010/12/evita-peron-   
                           3. http://wwwbutonutara.blogspot.com/2012/02/evita-peron-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar