Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 28 November 2014

SOEHARTO : Bapak Pembangunan Nasional

Oleh : Eka Suryani Putri

        Jendral Besar TNI H. Muhammad Soeharto lahir di desa Kemusuk, Argomulyo, Godean, 8 Juni 1921 Yogyakarta, Jawa Tengah. Dia anak dari seorang ibu yang bernama sukirah dan ayahnya yang merupakan seorang pembantu lurah dalam bidang pengairan sawah dan juga sekaligus seorang petani, ayahnya bernama Kertosudiri. Soeharto memiliki empat saudara kandung.

Ketika dia berumur delapan tahun Soeharto mulai bersekolah tetapi ia sering berpindah-pindah sekolah. Awalnya ia sekolah di sekolah Desa ( SD) Puluhan, Godean kemudian ia pindah ke SD Pedes dikarenakan Keluarganya pindah ke Kemusuk, Kidul. Setelah itu kemudian ayahnya Kertosudiro memindahkan Soeharto ke Wuryantoro. Beliau kemudian dititipkan dan tinggal bersama Prawirohardjo seorang mantri Tani yang menikah dengan adik perempuan Soeharto. Ditahun 1941 tepatnya disekolah Bintara, Gombong d i Jawa Tengah. Soeharto terpilih sebagai prajurit teladan, sejak kecil ia memang bercita-cita menjadi seorang tentara atau militer. Kemudian pada tanggal 5 oktober 1945 setelah indonesia merdeka, Soeharto kemudian resmi menjadi anggota TNI.

Dalam bidang militer Seharto memulainya dengan pangat tentara KNIL, dari situ ia kemudian menjadi komandan PETA pada zaman penjajahan jepang, setelah itu ia menjabat sebagai komandan resimen berpangat mayor, kemudian menjabat komandan batalyon dengan pangkat Letnan kolonel. Pada tanggal 1 maret 1949 indonesia resmi merdeka dari penjajahan bangsa Belanda selam tiga setengah abad. Serangan umum 1 maret adalah menunjukkan pada dunia bahwa eksistensi TNI dalam membela Bangsa Indonesia. Pada tanggal 1 oktober 1965, Soeharto bergerak cepat mengambil alih kendli pimpina angkatan darat mengantikan jendral Ahmad Yani yang gugur ditangan PKI, dan pada tahun 1966  Soeharto terpilih menjadi Presiden Indonesia ke-2 , dan ia menjabat menjadi Presiden Indonesia pada usia 60 Tahun masa jabatanya dari tahun 1966-1988, ia seorang presiden Indonesia yang masa jabatanya selama 32 Tahun.

 Soeharto juga diberikan Penhargaan :
  1. Penghargaan “Bapak Pembangunan Nasional” yang diberikan oleh MPR.
  2. Penghargaan atas Keberhasilan menggapai swasembada yang diberika oleh FAO.
  3. Penghargaan Bintang Maha Karya Gotong Royong diberikan oleh Ormas Musyawarah keluarga gotong royong
  4. Penghargaan UN Population Award yang diberikan oleh PBB.
Presiden RI ke-2 H. Muhammad Soeharto wafat pada pukul 13.10 WIB Minggu, 27 Januari 2008. Jendral Besar yang oleh MPR dianugrahi penghormatan sebagai Bapak Pembangunan Nasional, itu meninggal dalam usia 87 Tahun setelah dirawat selama 24 hari (sejak 4 sampai 27 januari 2008 ) dirumah sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta.

Sumber :
www.tokohindonesia.com/biografi/.../54-bapak-pembangunan-indonesia
http://profil.merdeka.com/indonesia/s/soeharto/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar