Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 27 November 2014

James Watt – Bapak Satuan Daya Mesin dan Daya Listrik

Oleh : Atik Nuraeni




James Watt (Greenlock, Skotlandia, 19 Januari 1736 – wafat di Birmingham, Inggris, 19 Agustus 1819) ialah seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efesien.

Mesin uap ini merupakan salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri di wilayah Britania dan Eropa. Nam belakang Watt yaitu digunakan sebagai nama satuan daya mesin dan daya listrik, maka ia dijuluki “Bapak satuan daya mesin dan daya listrik”.

James Watt ini tokoh kunci Revokusi Industri, mesin uap pertama ditemukan atau dirancang oleh Hero dari Iskandariah tahun awal Masehi. Kemudian bukan Watt yang membuat mesin uapnya.

Tahun 1686 Thomas Savery membikin mesin uap untuk memompa air, lalu tahun 1712 seorang Thomas Newcomen membuatnya juga dan lebih sempurna. Namun ciptaannya kurang bermutu hanya dijadikan tambang batubara.

Watt tertarik untuk membuat mesin uap pada tahun 1764 ciptaannya Newcomen. Watt hanya berpendidikan setahun sebagai tukang perkakas, tapi mempunyai bakat besar. Sehingga Wattlah pencipta pertama mesin uap yang praktis.

Keberhasilan Watt pertama ditahun 1769 adalah penambahan ruang terpisah yang diperkokohkan, dia juga membikin isolasi pemisah untuk pemisah untuk mencegah hilangnya panas uap dan menemukan mesin ganda.

Watt menemukan pada tahun 1781 yaitu seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin menjadi gerak berputar. Watt berhasil menciptakan pengontrol gaya gerak melingkar otomatis pada tahun 1788 sehingga menyebabkan kecepatan mesin, juga menciptakan alat pengukur bertekanan pada tahun 1790, alat penghitung kecepatan, alat petunjuk dan alat pengontrol uap.

Watt tidak punya bakat bisnis, tetapi pada tahun 1775, dia melakukan persekutuan dengan Matthew Boulton, seorang insinyur dan pengusaha yang cekatan. Perusahaan keduanya pun memproduksi sejumlah besar mesin uap dan menjadi kaya raya.

Perkembangan dunia tambang, metalurgi, dan macam-macam peralatan mesin. Sekoci pun meluncurkan mesin tenun (John Kay tahun 1733) atau alat pintal (James Hargreaves tahun 1764), penemu ini mendahului kreasi Watt. Sebagian besar penemu ini kurang berarti dan tak satu pun punya arti vital dalam kaitan Revolusi Industri.

Tenaga uap digunakan untuk kincir angin dan putaran air, sumber pokok tenaga mesin terletak pada tenaga manusia, faktor ini membatasi kapasitas produksi industri. Sejumlah besar energi kini disalurkan hal yang produktif dengan teramat derasnya. Embargo minyak tahun 1973 membuat sengsaranya jka bahan energi berkurang dan melumpuhkan industri. Mendorong kita membayangkan arti penting Revolusi Industri berkat  penemuan James Watt.

Manfaat tenaga untk pabrik mesin uap juga punya guna besar dibidang lain, pada tahun 1783 Marquis de Jouffroy di Abbans berhasil menggunakan mesin uap untuk penggerak kapal, tahun 1804 Richard Trevithick menciptakan lokomotif uap pertama.


Revolusi Industri hamper bebarengan Revolusi Amerika dan Perancis, tetapi mempunyai makna lebih penting untuk kehidupan manusia daripada Revolusi Politik. James Watt, tergolong salah seorang punya pengaruh penting sejarah dan dijadikan sebagai satuan energi dengan symbol W oleh International System of Unit (SI).

1. http://wapedia.mobi
2. http://denbaghost.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar