Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 28 November 2014

Anggun C. Sasmi : Diva Indonesia yang Go Internasional

Oleh : Efrita Putri Harahap
Anggun Cipta Sasmi lahir di Jakarta 29 April 1974 lebih dikenal sebagai Anggun adalah penyanyi Indonesia yang saat ini telah memliki kewarganegaraan perancis yang merupakan putri dari Darto Singo seorang seniman berdarah jawa, anggun dibesarkan dalam keluarga yang penuh seni. Sejak usia 7 tahun anggun digembleng latihan vocal setiap hari oleh ayahnya. Diajarkan berbagai latihan vocal dengan penuh disiplin dan juga diajarkan piano. 

Anggun menempuh pendidikan dasarnya di sebuah sekolah katolik di Jakarta, meskipun Anggun sendiri adalah seorang muslim, anggun mulai meluncurkan album-album nya sejak berusia 9 tahun dan album-albumnya terjual laris di pasaran dan single-singelnya merajai tangga lagu di Indonesia. Pada awalnya kariernya sebagai penyanyi rock, sejak menjadi penyanyi internasional dan ia telah sukses sebagai seorang penyanyi, anggun tidak pernah melebarkan sayap kariernya ke bidang lain di luar musik. 

Pada tahun 1992 anggun mulai menjalin hubungan dengan Michel Georgea, seorang insinyur berkebangsaan prancis. Mereka pertama kali bertemu saat anggun mengadakan tur konser di kota Banjarmasin, kemudian mereka menikah dan pernikahan mereka berakhir pada tahun 1999, setelah pernikahannya dengan Olivier Maury kandas pada than 2006, kemudian anggun menjalin hubungan dengan penulis perancis Cyrilmontana yang akhirnya berkelanjutan ke jenjang pernikahan Anggun melahirkan putri pertama mereka bernama Kirana Cipta Sasmi pada 8 November 2007, pada awal tahun 2007, anggun menulisdua lagu untuk Julian Cely salah seorang penggemarnya dari perancis yang merilis album pertamanya di indonesia. Anggun juga teribat dalam penggarapan film documenter bertema lingkungan hidup. 

Anggun merupakan salah satu penyanyi pertama dari asia yang benar-benar mampu menerobos industri music internasional di luar Asia. Tidak sepertipara penyanyi kulit hitam, orang-orang Asia masih sulit mendapat tempat di blantika music Eropa dan Amierika. Kesuksesan Anggun secara langsung atau tidak telah membuka jalan bagi penyanyi-penyanyi menggarap pasar music Eropa atau Amerika seperti Coco Lee, Utada Hikaru, BoA, aatu Tata Young. Penyanyi Coco Lee bahkan mengaku terinspirasi oleh Anggun saat hendak meluncurkan album internasional pertamanya Just No Othe Way (1999.Lionel Zivan S.Valdellon, seorang jurnalis asal Filipinam menyebut Anggun sebagai “Seorang duta yang sangan bagus untuk Indonesia dan Asua secara umum.” Anggun sendiri mengatakan, “Saya rasa sudah saatnya orang-orang (luar asia) lebih tahu banyak tentang Asia, tidak hanya sekedar tempat liburan.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar