Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 27 November 2014

Si Pintar Albert Einstein

Oleh: Muhammad Ryiandika

Albert Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Wuttemberg, Jerman pada 14 Maret 1879. Bapaknya bernama Herman Albert seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan elektorkimia dan Ibunya bernama Pauline. Keluarga mereka keturunan Yahudi. Albert menikah pada 6 Januari 1903 dengan Mileva. Dari pernikahannya Albert dianugrahi satu orang anak bernama Hans Albert Einstein.

Albert disekolahkan di sekolah Katholik dan atas keinginan Ibunya dia diberi pelajaran biola. Albert muai belajar matematika pada umur 12 tahun. Pada tahun 1894, dikarenakan kegagalan bisnis elektronika ayahnya, Albert pindah dari Munchen ke Pavia, Italia. Albert tetap tinggal untuk menyelesaikan satu semester sebelum bergabung kembali dengan keluarganya di Pavia.

Kegagalan dalam seni liberal dalam tes masuk Institut Teknologi Swiss Federal di Zurich. Pada tahun berikutnya adalah sebuah langkah mundur dia oleh keluarganya dikirim ke Arau untuk menyelesaikan sekolah menengahnya, dimana ia menerima diploma pada tahun 1896. Saat masih kuliah Albert sering membuat marah professor pembimbingnya karena sifatnya tersebut sehingga ini membuat track record yang buruk bagi dirinya.

Setelah Albert lulus dari Institut Teknologi Swiss Federal ia memutuskan untuk mencari pekerjaan yang berkenaan dengan pengajaran di almamaternya namun selalu ditolak dikarenakan sifat Albert yang selalu semau sendiri dalam bekerja. Albert berkerja di kantor Paten Swiss dan ditempatkan untuk menilai aplikasi paten penemu alat-alat yang membutuhkan pengetahuan di bidang fisika. Selain bekerja di kantor Paten Swiss, Albert juga tetap melakukn penelitian tentang fisika. Ia kemudian menulis tiga thesis yaitu tentang gerak Brownian, Efek Fotolistrik dan Relativitas Khusus.

Tahun 1905 adalah tahun prestasi bagi Albert karena ditahun itulah karyanya yang mendapat apresiasi publik. Berikut ini adalah beberapa karya Albert Einstein selama tahun 1905 :
-        Bulan Maret : Albert Einstein menulis dan mempublikasikan karya tentang aplikasi Ekipartisi pada peristiwa radiasi.
-        Bulan April : Albert Einstein memperoleh gelar doktoralnya yaitu PhD dari Universitas Zurich atas papernya yang mengulas tentang penentuan baru ukuran-ukuran molekul.

Karir Albert sebagi pengajar akhirnya meningkat. Ini terlihat pada tahun 1909 ia diangkat sebagai Professor di Universitas Zurich. Ditahun 1915 Ia berhasil menyelesaikan teori relativitasnya dan ditahun 1921 ia mendapatkan Nobel dibidang ilmu fisika.

Setelah Ia menghasilkan karya besar, ia dianggap telah membersihkan nama Yahudi dari komunitas yang suka merusak menjadi memiliki karya sehingga Albert pernah didaulat menjadi Presiden Israel kedua namun Ia menolak karena merasa tidak berkompeten menjadi kepala negara.

Pada 17 April 1955 Albert Einstein mengalami pendarahan internal yang disebabkan oleh pecahnya suatu aneurisma aorta perut yang sebelumnya telah dilakukan pembedahan oleh Dr. Rudolph Nissen pada tahun 1948 dan akhirnya pada tanggal 18 April 1955 Albert Einstein meninggal dunia. Dia meninggal di Rumah Sakit Princeton pada pagi hari di usia 76 tahun.

Karena jasanya dibidang ilmu pengetahuan, nama Einstein dijadikan sebuah satuan dalam fotokimia. Sebuah unsur kimia juga dinamai Einsteinium dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein, selain itu di tahun 1999 oleh Majalah Time, Albert Einstein dianggap sebagai tokoh abad ini.

Walaupun Albert Einstein mempunyai sifat yang semaunya sendiri dalam bekerja namun ia sangat berjasa untuk saat ini, dengan teori realitifitas yang berguna untuk masa kini. Maka sudah seharusnya ia harus dikenang dan dipelajari pemikirannya tentang teori realitifitas yang umumnya dikenal dengan E=mc2


Sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia/ Albert Einstein
               Tokoh Dunia/ Albert Einstein

Tidak ada komentar:

Posting Komentar