Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 25 November 2014

Neil Armstrong - Astronot Pertama yang Sampai di Bulan

Oleh: Risma Noviana
 
Neil Alden Armstrong lahir di tanah pertanian kakeknya, Ohio pada 5 Agustus 1930. Sejak umur  13 tahun, ia sangat tertarik untuk mengembangkan tentang  penerbangan. Ia sangat menyukai pesawat terbang saat ia pertama kalinya bisa menerbangkan mainan pesawat terbang di umur 6 tahun, dari sanalah ia menyukai dan berminat berpendidikan dalam ilmu penerbangan.
Tahun 1947, Neil Armstrong masuk Purdue University, disanalah ia mulai belajar tentang teknik ilmu penerbangan. Di tahun 1949, ia menjadi penerbang Angkatan Laut, dan aktif dalam tugas negara. Dan pada tahun 1950, ia menerbangkan pesawat tempur Jet Panther saat terjadi perang di Korea. Tahun 1952 ia kembali ke Purdue University, ia menuntaskan pendidikan dibidang ilmu penerbangan, lulus di tahun 1955.

Setelah lulus dari Universitas Purdue, ia melamar pekerjaan disebuah lembaga riset penerbangan, National Advisory Committee for Aeronautics High-Speed Flight Station di Edwards Air Force Base. Tetapi di sana i atidak mendapatkan lowongan yang ia inginkan. Lamaran miliknya dikirim ke Lewis Flight Propulsion Laboratory di Cleveland. Neil mulai bekerja di sana pada Februari 1950.

Pada hari pertamanya kerja di Edwards, ia hampir mengalami kecelakaan pesawat. Saat itu ia menerbangkan B-29 Superfortess bersama Komandan terbang Stan Butchart. Pada ketinggian 30.000 ft (9 km), mesin nomor 4 mati. Dengan usahanya akhirnya pesawat bisa landing dengan selamat dengan hanya 2 mesin yang hidup, mesin nomor 3 dimatikan untuk menghindari kerusakan.

Pada 15 Agustus 1957, ia menerbangakan pesawat bermesin roket, Bell X-1B, berhasil menembus ketinggian 11,4 mil (18,3 km), saat mendarat ia merusakan hidung pesawat. Setelah meninggalkan Dryden Flight Research Center, Armstrong mempunyai record jam terbang 2.450 jam terbang dari +50 type pesawat yang pernah ia terbangkan. Tahun 1957 ia lolos seleksi dalam program Man In Space Soonest. 1960 ia terpilih sebagai anggota kelompok konsultasi program pesawat luar angkasa X-20 Dyna Soar. 15 Maret 1962 Armstrong juga terpilih dari salah satu 7 pilot yang direncanakan menerbangkan pesawat luar angkasa.

Pada 13 September Armstrong bergabung dalam NASA Astronout Corp. 23 Desember 1968 ia menjadi komandan Apollo 11, misi pendaratan di bulan pada 20 Juli 1969. Armstrong menjelajah permukaan bulan selama 2,5 jam. Saat pertama kali kakinya menyentuh permukaan bulan ia berkata “That’s one small step for a man, one giant leap for mankind. (Sebuah langkah kecil bagi manusia, lompatan besar bagi umat manusia).”

Neil Armstrong adalah astronot pertama Amerika serikat, orang pertama di bumi yang menginjakkan kakinya di permukaan bulan, dengan menggunakan pesawat Apollo 11, pada Juli 1969. Ditemani Edwin Aldrin. Neil Armstronglah yang menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di bulan saat keluar dari modul pesawat, dan melakukan eksplorasi permukaan bulan.

Sebelum kembali ke bumi, Neil Armstrong meninggalkan sebuah benda kenangan di bulan dari Kosmonot Soviet Yuri Gagarin. Pendaratan dilakukan dengan induk pesawat (Command Modul) sebuah ruang pesawat kecil, dan berhasil mendarat dengan baik di lautan pasifik. Crew Apollo 11 dijemput oleh kapal USS HORNET. Setelah misi Apollo 11, Neil Armstrong sudah tidak berniat lagi untuk melakukan penerbangan luar angkasa. Ia menetap sebagai Deputy Associate Administartor for Aeronauticsn for the Office of Advanced Research and Techonology (DARPA). Kemudian ia mengajar di Departemen tekhnik luar angkasa di Universitas Cincinnati. Armstrong mencapai gelar Professor of Aerospace Engineering (Profesot teknik luar angkasa) di Universitas Cincinnati.

Armstrong meninggal dunia di usia 82 Tahun pada hari Sabtu, 25 Agustus 2012 waktu Amerika Serikat atau Minggu, 26 Agustus 2012. Karena penyakit jantung coroner yang dideritanya, ia meninggal setelah menjalani operasi by pass hati.
Neil Armstrong adalah pribadi yang sangat tekun, pekerja keras, dan tidak mudah putus asa. Sudah sepantasnya kita menjadikan ia contoh dalam segala hal. Karena sifatnya, ia bisa menjadi Astronot pertama Amerika Serikat. Manusia pertama di bumi yang menginjakan kakinya di bulan.

Diadaptasi dari :
http://id.wikipedia.org/wiki/Neil-Armstrong/ pada 16 November 2014; 18:35

Tidak ada komentar:

Posting Komentar