Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 25 November 2014

“ MADONNA : IKON KEBUDAYAAN POP”

Oleh : Lulu Rizkia Anjanis

Madonna Louis Veronica CiCcone atau Little Nonni  lahir pada tanggal 16 Agustus 1958 Baycity, Michigan AS. Masa remajanya penuh kenakalan, ayahnya sangat tegas dan bukan menghendaki Madonna telaten mengurus adik-adiknya dan membantu di rumah. Dia anak ketiga dan anak perempuan tertua dari pasangan Silvio Ciccone dan Madonna Fortin, salah satu anak dari enam bersaudara. Madonna adalah anak yang aktif dan menyenangkan, nenek nya pernah mengenangnya sebagai anak yang “menyukai perhatian dari keluarga dan selalu berhasil mendapatkannya”. Ibunya adalah penari berbakat dan pencipta music klasik, meninggal akibat kanker payudarah ketika Madonna baru berusia lima tahun. Silvio ciccone kemudian menikah lagi, namun Madonna membenci ibu tirinya dan menolak menyebutnya ibu. Madonna bertemu dengan Dan Gilroy di paris, seorang musisi yang kemudian menjadi pacarnya. Pada tahun 1985, Madonna menikahi aktor sean penn, pernikahan mereka berakhir pada tahun 1989. Madonna menjadi seorang ibu pada tahun 1996. Ketika ia melahirkan putrinya, Lourdes. Ayahnya adalah carlor leon, keduanya berpisah dan Madonna tidak menikah lagi sampai tahun 2000 ketika ia menjadi istri pembuat film Guy Ritchie yaitu Rocco.

            Meskipun sebenarnya pandai dan meraih prestasi akademik, Madonna pada dasarnya berwatak pemberontak dan pembangkang. Ia baru menemukan penyaluran yang tepat untuk kelebihan energinya ini dalam kegiatan drama dan balet di sekolah dimana ia menunjukan bakat sebenarnya. Setelah lulus sekolah menengah ia belajar tari di universitas Michigan dan meraih beasiswa seni yang banyak diincar.

Madonna mininggalkan Michigan pada usia 19 tahun untuk menjadi penari di New York. Ia bekerja di berbagai perusahaan tari sambil menghidupi diri dengan berbagai pekerjaan bergaji rendah dan terkadang tinggal di tempat dengan kondisi yang tidak layak. Madonna mengawali kariernya sebagai pelayan di Dunkin Donuts dan bergabung di rombongan penari. Madonna membentuk sebuah kelompok tari dan music bersama Gilroy yang di beri nama The Breakfast club. Ia meninggalkan kelompok itu pada tahun 1980, dan membentuk kelompok sendiri yang disebutnya Emmy.

Madonna akhirnya berkesempatan memperdengarkan kaset contoh rekaman suaranya kepada seorang produser dan DJ di New York, Mark Leamins. Pada usia 24 tahun Madonna mendapatkan kontrak sebagai penyanyi dengan perusahaan music kamins. Dua single pertamanya adalah lagu-lagu klub dan dansa, pada tahun 1983 ia merilis lagu dansa yang sangat terkenal. Ia juga merilis album pertamanya dan pada tahum 1984 berhasil menempati tangga lagu teratas dengan single Like A Virgin.

Lagu sukses berikutnya, Material Girl muncul pada tahun 1985. Madonna kemudian merilis album Like A Prayer yang menjadi titik penting dalam kariernya. Sepanjang tahun 1990an Madonna terus menimbulkan kontroversi dan mempengaruhi mode. Pada pertengahan 1990an Madonna berusaha untuk mendapatkan peran utama dalam film adaptasi music Evita karya Andrew Lloyd Weber. Ia mendapat banyak pujian atas perannya sebagai Eva peron yang kehidupannya mirip dengan kehidupannya sendiri, dan memenangkan penghargaan Golden Globe sebagai aktris terbaik. Album berikutnya adalah Ray of Light yang di produseri oleh Willian orbit.

Madonna memilih bermukim di Inggris, dan mencoba profesi baru sebagai penulis buku anak-anak. Buku pertamanya, The English Roses diterbitkan pada tahun 2003 dan mencatat rekor sebagai buku baru yang paling laris terjual dalam minggu pertamanya. Ia hanya kalah 220 eksemolar dari novel kelima Harry Potter karya J.K Rowling yang juga terbit pada tahun itu. konser live8 di London pada tahun 2005, keragaman kariernya bertambah lagi ketika ia juga menjadi “wadah” Versace.

Madonna adalah salah satu tokoh dunia perempuan terkaya di dunia. Ia juga merupakan sebuah ikon kebudayaan, dan status tersebut diperolehnya berkat lebih dari sekedar karya music. Ia telah memantapkan kedudukannya sebagai perempuan penuh inspirasi yang penuhnya mengendalikan persona public, karier dan seksualitasnya.

Diadaptasi dari :
- Buku Perpustakaan tentang 100 tokoh wanita yang mengubah dunia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar