Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 28 November 2014

ALBERT EINSTEIN : Penemu Rumus Fisika

Oleh : Murnia Jayanti
                  

Albert Einstein lahir pada 14 Maret 1879 diUlm, Kerajaan Wurttemberg, Jerman. Bapanya bernama Herman Einstein, seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan elektrokimia, dan Ibunya bernama Pauline. Mereka menikah di Stuttgart-Bad Canstatt. Keluarga mereka keturunan Yahudi. Pada 1898, Albert menemui dan jatuh cinta kepada Mileva Maric, seorang serbia yang merupakan teman kelasnya. Dia dan Mileva memiliki seorang putri bernama Lieserl, lahir dalam bulan Januari tahun 1902. Lieserl Einstein pada waktu itu dianggap tidak legal karena orang tuanya tidak menikah. Einstein menikahi Mileva pada 6 Januari 1903. Pernikahan Einstein dengan Mileva seorang matematikawan. Pada 14 Mei 1904, anak pertamanya dari pasangan ini, Hans Albert Einstein lahir.
Albert disekolahkan di sekolah Khatolik dan atas keinginan ibunya dia diberi pelajaran biola. Einstein mulai belajar matematika pada umur dua belas tahun. Ada isu bahwa dia gagal dalam matematika dalam jenjang pendidikannya, tetapi ini tidak benar. Dua pamannya membantu mengembangkan ketertarikannya terhadap dunia intelek pada masa kanak-kanaknya dan awal remaja dengan memberikan usulan dan buku tentang sains dan matematika. Pada tahaun 1894, dikarenakan kegagalan bisnis elektronikimia ayahnya, Einstein pindah dari Munchen ke Pavia, Italia. Albert tetap tinggal untuk menyelesaikan sekolah, menyelesaikan satu semester sebelum bergabung kembali dengan keluarganya di Pavia.
Kegagalannya dalam seni liberal dalam tes masuk Eidgenossische Tednische Hochschule(Institut Teknologi Swiss Federal, di Zuruch). Pada tahun berikutnya adalah sebuah langkah mundur dia oleh keluarganya dikirim ke Aarau, Swiss, untuk menyelesaikan sekolah menengahnya, dimana dia menerima diploma pada tahun 1896.
Pada saat kelulusannnya Einstein tidak dapat menemukan pekerjaan mengajar, keterburuannya sebagai orang muda yang mudah membuat marah proffesornya. Ayah seorang teman kelas menolongnya mendapatkan pekerjaan sebagai asisten teknik pemeriksa dikantor paten swiss pada tahun 1902. Disana, einstein menilai aplikasi paten penemu untuk alat yang memerlukan pengetahuan fisiks. Dia mendapatkan gelar doctor setelah menyerahkan thesis “eine neve bestimmung der molekuldimensionen” pada tahun 1905 dari universitas zurich.
Pada tahun yang sama dia menulis empat artikel yang memberikan dasar fisika modern, tanpa banyak sastra sains yang dapat ia tunjuk atau banyak kolega dalam sains yang dapat ia diskusikan tentang teorinya. Banyak fisikawan setuju bahwa ketiga thesis itu (tentang gerak brownian). Efek folistrikl, dan relativitas khusus pantas mendapat penghargaan nobel. Dia menyerahkan tesis-tesisnya ke “annalen der physik”. Persatuan fisika murni dan aplikasi (IVPAP) merencanakan untuk merayakan 100tahun publikasi pekerjaan einstein pada tahun 1905 sebagai tahun fisika 2005.
Pada 17 april 1955, albert einstein mengalami pendarahan internal yang disebabkan oleh pecahnya anevrisme aorta rerut, yang sebelumnya telah dilakukan pembedaan oleh Dr.rudoleh nissen pada tahun 1948 menolak operasi, mengatakan : “saya ingin pergi ketika saya ingin. Hambar untuk memperpanjang hidup artifisial. Saya telah melakukan bagian saya. Sekarang saatnya saya pergi, aku akan melakukannnya dengan elegan...”. dia meninggal di rumah sakit princeton, pagi. Pada usia 76 setelah terus berkerja sampai mendekati akhir. Albert einstein seluruhnya tanpa kecanggihn dan sepenuihnya tanpa keduniawian. Selalu ada bersamanya kemurnian indah sekaligus kekanak-kanakan dan keras kepala mendalam.

Diadaptasi dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Albert_Einstein

Tidak ada komentar:

Posting Komentar