Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 27 November 2014

Lionel Messi : Pesepak Bola yang Lincah

OLEH : Ahmad Fauzi  

Leo Messi yang lahir tanggal 24 juni 1987 di Rosario, merupakan anak dari pasangan Jorge Heracio Messi dan Celia Maria Cuccittini. Dia adalah anak terakhir dengan dua saudara laki-laki dan satu saudara perempuanya. Ayah Messi bekerja di sebuah pabrik besi dan ibunya sebagai pembersih paruh waktu. Messi sudah bermain bola sejak berumur lima tahun di sebuah klub lokal bernama Grandoli. Dilanjutkan membela klub Nowell’s Old Boys pada tahun 1995. Pada tahun 1998 saat Messi menginjak 11 tahun, dokter mendiagnosanya mengalami kekurangan hormon pertumbuhan. River Plate yang melihat potensi Messi, berniat mengontraknya namun biaya untuk pengobatan Messi yang mencapai $850 per bulan membuat River Plate membatalkan niatnya. 

Kemudian FC Barcelona melalui Carles Rexach selaku Direktur Olahraga, mengajukan tawaran kepada ayah Messi dan bersedia membiayai pengobatannya. Messi dan ayahnya pun setuju dan segerabergabung dengan Barcelona. Debut perdana Messi bersama Barcelona senior dimulai tanggal 16 Oktober 2004. Saat itu usianya baru 17 tahun 114 hari dan menjadi pemain termuda La Liga. Gol perdananya terjadi pada tanggal 1 Mei 2005, ketika Barcelona mengalahkan Albacente Balompie. Pada musim 2005-2006 ketika kontrak Messi akan habis, Fc Barcelona menambah kontrak Messi hingga juni 2014. Laga Liga Champions pertamanya adalah ketika El barca menjamu Udinese di Camp Nou pada tanggal 24 September 2005.  
Di musim ini  El Messiah hanya mencetak satu gol di Liga Champions dan enam gol di La Liga. Ketika musim 2006-2007 bergulir Messi menjadi bintang Barcelona saat menahan imbang El Real dengan skor 3-3, dalam laga supergengsi El Classico. Saat itu Messi mencetak hattrick, dan menjadi pemain Barca pertama yang mampu menciptakan hattrick dalam laga El Classico

Messi menjalani hubungan romantis dengan Macarena Lemos, yang juga berasal dari kampung halamannya di Rosario. Dia berkata telah diperkenalkan kepadanya ayah gadis itu ketika ia kembali ke Rosario setelah pulih dari cedera beberapa hari sebelum dimulainya Piala Dunia 2006. Sebelumnya, dia juga pernah dikaitkan dengan Model glamor Argentina Luciana Salazar. Pada Januari 2009 ia mengatakan "Hat Trick Barca", sebuah program di Canal 33:"Aku sudah punya pacar dan dia tinggal di Argentina saya santai dan bahagia". Ia juga terlihat dengan gadis, Antonella Roccuzzo di sebuah karnaval di Sitges setelah deby Barcelona-Espanyol. Roccuzzo adalah penduduk asli sesama Rosario. Pada tanggal 2 November 2012, Messi menjadi seorang ayah untuk pertama kalinya setelah kelahiran anaknya Thiago. Situs resmi FC Barcelona secara singkat menyatakan "Leo Messi adalah seorang ayah". Selain itu, striker Argentina menambahkan pada halaman Facebook-nya: "Hari ini aku orang paling bahagia di dunia, anak saya lahir dan terima kasih kepada Tuhan karena karunia ini". Pada Maret 2013, Messi membayar persembahan sykur atas anaknya Thiago dengan telah memiliki namanya dan mencetak kelapa kecil tergores di betis kirinya.
Messi memiliki dua sepupu juga terlibat dalam sepak bola: Maxi, seorang pemain sayap untuk Club Olimpia Paraguay, dan Emanuel Biancucchi, yang bermain sebagai gelandang untuk tim Spanyol Girona FC.

Pada tahun 2007 Messi mendirikan Leo Messi Foundation, sebuah badan amal yang mendukung akses ke perawatan pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak yang tidak mampu. Dalam wawancara fansite, Messi berkata:. "Menjadi terkenal sekarang sedikit memberi saya kesempatan untuk membantu orang yang benar-benar membutuhkannya, terutama anak-anak " Dalam menanggapi kesulitan seperti apa yang pernah dialami Messi, Leo Messi Foundation mendukung anak-anak Argentina yang didiagnosis dengan kondisi medis dan menawarkan pengobatan di Spanyol serta menanggung biaya transportasi, rumah sakit dan penyembuhan. Yayasan Messi didukung oleh aktivitas penggalangan dana sendiri dengan bantuan tambahan dari Herbalife.
Pada 11 Maret 2010 Messi mengumumkan sebagai duta besar untuk UNICEF. Messi dalam kegiatan sebagai duta UNICEF ditujukan untuk mendukung hak-hak anak. Messi didukung dalam hal ini oleh FC Barcelona, ​​yang juga memiliki hubungan yang kuat dengan UNICEF.

Pada bulan Maret 2010, France Football menempatkan Messi di daftar teratas sebagai pemain terkaya di dunia, di depan David Beckham dan Cristiano Ronaldo, dengan £ 29.600.000 (€ 33 juta) dalam pendapatan gabungan dari gaji, bonus dan laba di luar sepak bola. kekayaan bersihnya diperkirakan sebesar $ 110 juta.

Pada Desember 2012, FC Barcelona mengumumkan bahwa Messi akan menandatangani perpanjangan kontrak 5 tahun yang akan membuatnya tetap di FC Barcelona sampai 2018 dan meningkatkan gaji pokok sebesar € 16.000.000 net ($ 21.200.000), yang akan membuatnya pemain dengan gaji tertinggi dalam dunia sepak bola. Sebagai braket pajak untuk tingkat pendapatan di Spanyol adalah 56%, itu berarti bahwa Barca harus membayar pajak penghasilan Messi dari sedikit lebih dari € 20 juta ($ 26.500.000). klausul buy-out formalnya tetap di € 250 juta



diadaptasi oleh:
 edition.cnn.com/.../lionel-messi-breaks-champions...
 www.espnfc.com/player/45843/lionel-messi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar