Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 26 November 2014

Steve Jobs : Si Pendiri Apple

Oleh: Dwi Sukesi Aryadi
Steve Jobs lahir di San Fransisco, Callifornia, pada tanggal 24 Februari 1955. Ayah kandungnya bernama Abdulfattah John Jandali, seorang mahasiswa asal Suriah yang kemudian menjadi Professor Politik Sains dan kini menjadi wakil Presiden dari salah satu kasino di Reno, Nevada. Sedangkan ibu kandungnya bernama Joanne Corde Schieble. Saat itu ayah Joanne tidak merestui putrinya berhubungan dengan John. Kemudian, John dan Joanne kawin lari. Ketika anak mereka lahir, mereka menyerahkan bayi buah kasihnya untuk diadopsi oleh keluarga Paul dan Clara Jobs dengan alasan belum sanggup merawat bayinya. Paul dan Clara kemudian member nama bayi itu Steven Paul Jobs. Jobs kemudian menikahi Laurene Powel pada tanggal 18 Maret 1991-sekarang. Keduanya dikaruniai putra dan putri bernama Eve, Erin, dan Red; dan seorang putri bernama Lisa Brennan-Jobs dari hubungannya dengan pelukis asal wilayah teuk San Fransisco, Chrissan Brennan. Brenna sempat membesarkan putrinya sendiri ketika Jobs menolak bertanggung jawab dengan mengklain ia steril. Tetapi, kemudian ia mengakui Lisa sebagai putrinya.

Steve Jobs pernah menduduki sekolah menengah Critteden Middle School, lalu meneruskan pendidikannya di Curpentino Junior High, Los Atos. Ia juga pernah bersekolah di Homestead High School, Reed College di Portland.

Steve Jobs pernah mengajar di Hewlett Packard. Ditahun 1976, Jobs dan Wozniak mendirikan Apple Computer co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang dikenalkan Jobs dan Wozniak diberi nama Apple I. komputer itu dijual dengan harga AS$666,66 sebagai referensi terhadap nomor telepon dari Wozniak’s Dial-A-Joke Machine, yang berakhir dengan -6666.

Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang menjadi sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih muda. Di tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs bertambah. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.

Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley, dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer. Tahun itu juga, Apple juga mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu tapi gagal meraih pembeli di pangsa pasar.

Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan bukan oleh Apple, seperti di Xerox's PARC, tetapi belum sempat dikomersialkan. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini.

Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.

Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, NeXT Computer yang seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains. (Tim Berners-Lee mengembangkan sistem World Wide Web di CERN dengan menggunakan sebuah NeXT workstation). Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi sepert program object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical.

Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.

Jobs terdaftar sebagai penemu utama atau penemu pendamping pada lebih dari 230 hadiah paten atau permintaan paten terkait serangkaian teknologi mulai dari komputer dan alat portabel hingga antarmuka pengguna (termasuk yang berbasis sentuh), pengeras suara, papan ketik, adapter tenaga, tangga, gesper, lengan baju, tali sandang dan paket. Ia mendapatkan National Medal of Technology dari Presiden Ronald Reagan pada tahun 1984 bersama Steve Wozniak (termasuk orang-orang yang pertama menerimanya), dan Jefferson Award for Public Service dalam kategori "Pelayanan Publik Terbaik oleh Individu Berusia 35 Tahun atau Lebih Muda" (a.k.a. Samuel S. Beard Award) pada tahun 1987. Tanggal 27 November 2007, Jobs digelari tokoh bisnis terkuat oleh Fortune Magazine. Tanggal 5 Desember 2007, Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan Ibu Negara Bagian Maria Shriver memasukkan Jobs ke California Hall of Fame yang terletak di The California Museum for History, Women and the Arts. Bulan Agustus 2009, Jobs terpilih sebagai pengusaha paling dikagumi di antara para remaja berdasarkan survei oleh Junior Achievement. Tanggal 5 November 2009, Jobs diberi gelar CEO dasawarsa ini oleh Fortune Magazine. Bulan November 2009, Jobs menempati peringkat ke-57 dalam Forbes: The World's Most Powerful People. Bulan Desember 2010, Financial Times memberi Jobs gelar sebagai tokoh tahun ini.

Jobs meninggal dunia di rumahnya pada tanggal 5 Oktober 2011 akibat komplikasi kanker pankreas bentuk langka. Dimakamkan dengan upacara kecil tertutup dilaksanakan pada 7 Oktober 2011. Jobs meninggalkan Laurene, istrinya selama 20 tahun, tiga anak mereka dan Lisa Brennan-Jobs, putri Jobs dari hubungan sebelumnya. Keluarganya merilis pernyataan yang mengatakan bahwa ia ‘meninggal dalam damai’.

Mulai 5 Oktober 2011, situs web perusahaan Apple menyambut para pengunjung dengan halaman sederhana yang menampilkan nama Jobs dan masa hidupnya di samping potret wajahnya yang berwarna hitam putih. Dengan mengklik gambar Jobs, pengunjung bisa melihat obituari bertuliskan "Apple telah kehilangan seorang visioner dan jenius yang kreatif, dan dunia telah kehilangan seorang sosok yang luar biasa. Beberapa di antara kita yang cukup beruntung mengenal dan bekerja bersama Steve telah kehilangan seorang sahabat dan guru inspiratif. Steve meninggalkan sebuah perusahaan yang hanya ia yang bisa membangunnya, dan semangatnya akan selalu menjadi dasar perusahaan Apple." Sebuah alamat surel juga diterbitkan agar masyarakat bebas berbagi kenangan, ucapan belasungkawa, dan pikiran mereka tentang Steve Jobs. Sejumlah besar surat kabar memberitakan kematiannya di halaman depan. Pernyataan yang menanggapi kematian Jobs disampaikan oleh beberapa tokoh terkenal, termasuk Presiden AS Barack Obama, pendiri Microsoft Bill Gates, dan Bob Iger dari The Walt Disney Company. Wired News mengumpulkan tanggapan mereka dan menerbitkannya di halaman depan situs webnya.

Beberapa sifat Jobs yang membantunya mencapai kesuksesan semua ini yaiu kesederhanaan, tabah dan kuat, pintar dalam bernegosiasi, kreatif, dan pintar dalam merencanakan sesuatu.


Diadaptasi dari :
           >  Biografi Steve Jobs Pendiri Apple
Diakses hari Minggu tanggal 16 November 2014 pada 18:33
           >  Steve Jobs
Diakses hari Minggu tanggal 16 November 2014 pada 18:33
           >  Biografi Steve Jobs Pendiri Apple
Diakses hari Minggu tanggal 16 November 2014 pada 18:33
           >  Biografi Singkat Steve Jobs
Diakses hari Minggu tanggal 16 November 2014 pada 18:33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar