Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 25 November 2014

COCO CHANEL (SIPEKERJA KERAS REVOLUSI GAYA BUSANA WANITA)

Oleh : Neti Apriani

Gabriella Bonheur “coco” chanel lahir pada tanggal 19 agustus 1883 disaummur, prancis. Ibunya wafat tak lama setelah melahirkannya, meninggalkan 6 anak kepada seorang ayah yang lantas dengan mudah mengabaikan keluarganya begitu saja. Coco chanel mengawali hidupnya sebagai anak desa yatim piatu yang miskin, chanel mengabiskan masa kanak-kanaknya dipanti asuhan aubanzire sebagai bocah yang diurus negara.

Pada usia belasan dia dibesarkan oleh para suster dibiara dimoulins, yang kemudian membantunya mem[eroleh pekerjaan sebagai penjahit. Karena ia tidak mambu membeli busana mahal karya para perancang. Secara naluri ia bisa membuat karya-karya yang nyaman dipakai sehingga menarik minat kaum perempuan. Kemudian dalam usia 17tahun chanel beralih kerja menjadi seorang penyanyi kabaret. Pekerjaan asebagai menghibur inilah yang membawanya menjadi kekasih etienne balsan, yang mau membiayakan pindah keparis. Dia yang nantinya membantu merintis usaha dan memperkenalkan busana rancangannya kepada kaum perempuan kelas atas. Dengan sakongan uang dari balsan, ia membuka toko busana yang pertama. Dia merintis gaya topinya sendiri dengan kelopak tegak yang kontras dengan gaya belle epouque yang popoler saat itu. Ciptaannya yang lain yang abadi adalah parfum chanel no.5, yang mulai dikenalkan pada tahun 1923, no.5 diambil dari nomer keberuntungannya. Dan pada tahun 1930an dia telah menjadi tokoh yang dihormati oleh hollywood.

Namun reputasi coco bukannya tanpa cacat, pada saat perang dunia kedua dia menutup rumah modelnya karena menentang pernyataan perang perancis terhadap jerman. Pada tahun 1954 coco memutuskan untuk membuka kembali bisnisnya. Ia diterima kembali berkat rancangan jas chanel yang sampai sekarang masih banyak digunakan dan ditiru.
Waktu dan budaya selalu bersamanya, sekali lagi rancangan coco mewakali pembebesan dunia modern. Era 1950an adalah berkat coco chanel memantapkan pengaruhnya. Memasuki dekade 1960an ia kembali menjadi bagian dari dunia mode yang mapan meskipun awalnya sempat tersingkir, namanya kembali sinonim dengan adi busana. Pada tahun 1969, katherine hepburn memainkan tokoh coco dipementasan dibollywood. Dan marie france pisier memainkan karakter dirinya dalam sebuah film yang berjudul chanel solitaire (1981).

Pada tahun 1970, parfum chanel no.19 diluncurkan dan nama tersebut diambil dari tanggal kelahirannya. Parfum tersebut adalah parfum pertama yang diberi merk dari nama seorang perancang busana. Coco terus bekerja hingga saat kematiannya pada tanggal 10 Januari 1971 dan dimakamkan dilausanne, suis. Meskipun gemar berpetualang asmara, ia tidak pernah menikah. Setelah kematiannya, perusahaannya dikelola oleh para perancang yang dahulu menjadi assistennya, sejak tahun 1983 perancang jerman, karl lagerfeld, menghidupkan kembali nama chanel dengan memadukan gaya tradisional chanel dan para perancang yang lebih modern. Coco chanel pernah pernah berkata “mode bukannlah sesuatu yang ada pada busana saja. Mode itu ada dilangit dan dijalan-jalan, karena mode adalah gagasan, cara hidup kita, dan apa yang tengah terjadi”.

Coco chanel memiliki sifat pekerja keras, sudah sepantasnya sifat pekerja serasnya ditiru banyak orang. Coco chanel telah merevoluasionalisasi gaya busana perempuan yang baik dan menarik.

Diadaptasi dari : 
1. buku-buku wanita yang mengubah dunia, erlangga group.
2. http://putrinuril.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar