Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 24 November 2014

Joko Widodo: From Zero To Hero


Oleh : Dessy Ariyanti


          Ir. H. Joko Widodo yang lahir pada tanggal 21 Juni 1961. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo.Jokowi terlahir dari keluarga sederhana, rumahnya pernah digusur sebanyak tiga kali. Jokowi menikah dengan Iriana, wanita kelahiran Solo 1 Oktober 1963 yang merupakan cinta pertama dan terkahir Jokowi. Jokowi bertemu Iriana saat ia masih kuliah semester tiga di Fakultas Kehutanan, Universitas Gajah Mada. Sedangkan Iriana saat itu masih kelas tiga SMA. Jokowi bertemu dengan Iriana, melalui adik perempuannya Iid Sriantini. Dia dikenalkan kepada Iriana oleh Iid. Iriana merupakan teman Iid. Dari pernikahannya dengan Iriana, Jokowi dikaruniahi tiga orang anak yaitu Gibra Rakabuming, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangerap.

      Pendidikan Jokowi dimulai dari SD Negeri 111 Tirtoyoso. Dengan kesulitan yang dialami, Jokowi kecil terpaksa berdagang, mengojek payung dan penjadi kuli panggul untuk membiayai keperluan sekolah dan uang jajannya. Setelah lulus, Jokowi melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri 1 Surakarta dan kemudian lanjut ke SMA Negeri 6 Surakarta. Tidak putus sampai disitu saja, Jokowi melanjutkan pendidikannya ke jejang tertinggi dengan masuk Universitas Gajah Mada dengan jurusan kehutanan.
           
     Pada tahun 2005, Jokowi dengan disusung PDI-P maju sebagai calon wali kota Surakarta. Ia berhasil memenangkannya dengan prosentasi suara sebesar 36,62%. Ketika pertama kali menjabat sebagai wali kota Surakarta, banyak orang yang meragukan kemampuannya yang selama ini hanya bekerja sebagai tukang ekspor furniture. Namun setelah satu tahun berkiprah, Jokowi sukses memimpin Surakarta menjadi kota yang maju, indah, dan berbudaya.Tidak lam menjabat sebagai wali kota Surakarta,Jokowi terpilih menjadi Gubernur Jakarta, program-program Jokowi pun mulai dilaksanakan untuk menuntaskan masalah-masalah di Jakarta yang sudah sangat kompleks.Tidak lama berselang Jokowi menjadi Gubernur ,ia terpilih menjadi seorang presiden untuk periode 2014-2019.
            
Beberapa pengharagaan dan kehormatan yang Jokowi peroleh atas kepemimpinannya tersebut, diantaranya:
  • v 2008: Jokowi terdaftar oleh majalah Tempo sebagai salah satu dari 'Top 10 Walikota Indonesia 2008'. 
  • v  2011: Ia dianugerahi Bintang Jasa Utama oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
  • v 2012: Jokowi menerima tempat ke-3 Penghargaan Walikota Se-dunia untuk "Mengubah sebuah kota penuh kejahatan menjadi pusat regional untuk seni dan budaya dan kota yang menarik bagi wisatawan. Ia tercatat sebagai salah satu dari "The Leading Global Thinkers of 2013" di Foreign Policy (majalah). Pada Februari 2013 ia dinominasikan sebagai walikota global bulan tersebut oleh The City Mayors Foundation yang berbasis di London. 
  • v 2014: Jokowi masuk daftar Fortune (majalah) sebagai salah satu '50 Pemimpin terhebat di Dunia.
  Jokowi pun mendapat sorotan dari media Internasional seperti media India bernama The Hindu yang meliput fenomena Jokowi ala India, media Amerika Serikat bernama The New York Times yang meliput fenomena kepemimpinan turun ke bawah, media Australia bernama The Sydney Morning Herald, media Thailand bernama Bangkok Post serta media Jepang bernama Asahi Shimbun. Joko Widodo mendapatkan berbagai julukan dari berbagai media Iternasional seperti Obama dari Jakarta oleh BBC, Mr. FIX oleh The Economist, dan The Man of Madras Shirt oleh TIME.
  Sifat Jokowi dikenal adalah sosok penyanyang untuk keluarganya,dan tegas dalam berbagai hal ,Jokowi juga dikenal suka dengan binatang katak dan ia juga penggemar berat music heavy metal. Ia bahkan menyebut dirinya sebagai penggemar berat band metal Metallica.
  Jadi,sudah selayaknya tokoh Jokowi menjadi panutan dan inspirasi untuk kita semua ,karena Jokowi adalah salah satu orang yang terlahir dalam keluarga yang sederhana dan kurang berkecukupan yang bisa menjadi seorang pemimpin negara.Jokowi juga merupakan seorang pemimpin yang mau turun ke jalan ,tegas dan bergerak cepat dalam membenahi Indonesia.Jokowi juga memiliki berbagai macam penghargaan yang sangat menakjubkan.Jokowi juga salah satu pemimpin yang memiliki usaha furniture yang dikenal luas di Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar