Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 24 Mei 2018

Teks Ulasan Film “Doea Tanda Cinta“


“ Antara Negara,Cinta,Dan Persahabatan “
Disusun Oleh: Citra Hafsari 



Judul Film : Doea Tanda Cinta
Tahun Rilis : 2015
Sutradara : Rick Soerafani
Pemain :
1.     Fedi Nuril berperan sebagai Bagus
2.     Rendy Kjaernett berperan sebagai Mahesa
3.     Tika Bravani berperan sebagai Laras

            Orientasi :

Judul film yang akan saya ulaskan adalah film Doea Tanda Cinta. Film tersebut mengandung genre action dan drama asmara dua orang Taruna Akademi Militer Magelang yang diam diam mencintai satu wanita yang sama yaitu Laras. Tapi, takdir berkata lain, salah satu dari mereka harus tewas dalam misi penyelamatan itu. Film Doea Tanda Cinta ini terinspirasi sehingga diadaptas menjadi film yang menceritakan  kehidupan dua perwira yang berlatar belakang berbeda dengan perjuangan memasuki dunia militer dan perjuangan percintaan seorang perwira yang harus mengesampingkan cinta kepada sahabat, negara, dan wanitanya. Film Doea Tanda Cinta di produksi oleh Benoa Cinema Delapan Inkopad. Film Doea Tanda Cinta mengisahkan tentang  seorang pemuda yang bernama bagus dari kampung kumuh yang keluarganya memiliki usaha laundry kiloan, dan kerjanya hanya berkelahi karena dipicu masalah sepele, misalnya hanya karena ada preman kampung yang memakai baju tentara dan memalak di kampung. Keinginannya untuk menjadi tentara diawali oleh pernyataan ibunya 'Kalau memang kamu nggak suka dengan orang yang sok-sokan pake baju tentara, kamu dong yang jadi tentara asli' Mahesa adalah seorang putera dari perwira tinggi TNI, yang kerjanya hanya hura-hura saja dengan sikap yang malas dan arogan.
Mereka mengikuti pendidikan militer di Akademi Militer dengan segala suka dukanya, yang terkadang diselingi dengan kelucuan, yang kerap terjadi karena ulah Mahesa yang malas, sehingga teman-teman satu peletonnya merasa jengkel karena sering kena hukuman bersama hanya karena ulah satu orang. Perjalanan mereka menjadi perwira muda diwarnai juga dengan kisah percintaan dimana mereka sama-sama jatuh cinta pada seorang gadis yang bernama Laras adik sepupu dari Sermatutar Bram, senior dari Bagus dan Mahesa di Akmil. Mahesa yang lebih aktif mencoba mendekati Laras dan meskipun perkenalan mereka hanya sebentar Mahesa langsung mencoba menyampaikan perasaanya kepada Laras dengan Bagus sebagai saksinya. Bagus pun demi mempertahankan pertemanan mereka, dia rela mundur dan memendam perasaan cintanya kepada Laras.
Akhirnya mereka pun dilantik menjadi perwira muda dengan predikat terbaik Adhi Makayasa. Mahesa pun segera berusaha melamar Laras, tetapi di tolak oleh Laras dengan halus dengan alasan bahwa dia masih kuliah, padahal diam-diam dia telah jatuh cinta kepada Bagus, meskipun Bagus tidak menyadarinya. Dan setelah 3 tahun, ketika akan dikirim ke operasi pembebasan sandera, Mahesa pun tidak menyerah dan berusaha melamar Laras lagi, yang akhirnya diterima Laras dengan berat hati setelah tidak bisa menghubungi Bagus.
Dalam operasi tersebut, Mahesa gugur, dan akhirnya Laras menyatakan perasaannya kepada Bagus yang langsung disambut juga oleh Bagus yang menjelaskan kenapa dia memendam perasaannya, mereka pun akhirnya menikah dan pindah ke rumah dinas Bagus. Film Doea Tanda Cinta tayang dengan durasi 102 Min. Film Doea Tanda Cinta di perankan oleh Fedi Nuril sebagai Bagus yaitu anak pinggiran yang bercita cita jadi seorang tentara, ada juga Rendy Kjaernett sebagai Mahesa yaitu anak dari putra tunggal petinggi militer yaitu Harun Yahya yang diperankan oleh Tio Pakusadewo. Dan Laras adalah wanita yang disukai oleh dua orang perwira tersebut. Laras diperankan sebagai adik sepupu dari Kaka asuh taruna dua perwira tersebut yaitu Bramantyo yang diperankan oleh Rizky Hanggono, Laras diperankan oleh Tika Bravani.

Tafsiran Isi :
            Didalam Film Doea Tanda Cinta ini terdapat permasalahan utama diantara 2 perwira yang saling bersahabatan dengan latar belakang kehidupan yang berbeda ini mencintai wanita yang mencintai wanita yang sama. Dari film Doea Tanda Cinta kita bisa mengambil pesan moral yaitu memotivasi kita untuk terus menjaga kesatuan NKRI, dapat menjadikan pandangan bagi para pemuda yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi seorang abdi negara dari masa pendidikan hingga lulus, dan termotivasi dalam hal apapun kita harus kerja sama, mengajarkan kekompakan dalam persahabatan tidak rusak karena masalah percintaan, mengajarkan kedewasaan kita dalam menjalankan peraturan. Dari film Doea Tanda Cinta sendiri tidak ada penyelesaian dari masalah percintaan dua orang perwira karena sebelum Laras menjawab cintanya diberikan kepada siapa, bagus sudah gagal tugas (meninggal) dalam memimpin pasukan komando dan dilanjutkan Mahesa untuk memimpin pasukan saat pertempuran tetapi saat itu Laras lebih memilih bagus daripada Mahesa. Tetapi Laras akan membuka cintanya untuk Mahesa meskipun sulit. Film tersebut dinamakan “ Doea Tanda Cinta”  karena terdapat dua cinta seorang perwira muda yang mencintai satu wanita. Film ini jika dibandingkan dengan film dunia militer yang lain ini yang paling bagus karena film Doea Tanda Cinta ini mengisahkan seorang perwira dari sebelum masa pendidikan, saat masa pendidikan, hingga masa kelulusan dan pelantikan kenaikan pangkat. Sasaran Penonton film Doea Tanda Cinta ini bisa ditonton dari umur 13 hingga orang tua. Bagi anak anak belum boleh karena ada sedikit percintaannya meskipun tidak begitu terlalu ditonjolkan.
   Evaluasi :
Penilaian dari film ini bagi saya yang sudah menontonnya memiliki berbagai kelebihan yaitu dari segi pesan moral atau maknanya sangat bagus karena menceritakan kegigihan kerja keras kompak dalam situasi apapun Film ini tak hanya menyugukan cerita cinta manusia yang bertele-tele. Namun Persahabatan, rasa cinta tanah air serta bela negara sangatlah kental terasa di mata penonton. Selain itu, film ini mengangkat kehidupan seorang taruna mulai dari masa pendidikan hingga menjadi tentara. Sehingga, dapat dijadikan pandangan bagi para pemuda yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi seorang abdi negara. Jika dari segi pemain itu sangat bagus karena segi cerita yang menarik, film ini juga menyuguhkan visual yang dapat membiat penonton berdecak kagum. Adegan-adegan action seperti baku tembak dan bom dibuat sangat rapi sehingga menimbulkan kesan nyata. Selain itu, koreo pertarungannya juga dibuat sedemikian rupa yang bukan pertarungan ala kadarnya sehingga enak dipandang. Alur cerita Film Doea Tanda Cinta itu menggunakan alur maju. Dan tempatnya itu di Akademi Militer Magelang yang lebih banyak dominan dan saat perang di hutan. Dan musik yang mendukung adalah lagu Andien yang berjudul siapa dan itu ost nya sangat nyambung dengan latar ceritanya yang mendukung. Dan dari segi penokohan itu sangat kental yang disatukan dari berbagai daerah. Jika dari segi kekurangan kalo menurut saya sih dari proses syuting yang sangat susah karena harus syuting didalam hutan rimba.
          Rangkuman :
Inti cerita dari film Doea Tanda Cinta adalah Film bergenre action, drama dan romance ini bercerita tentang perjuangan sepasang sahabat di akademi militer. Bagus, pemuda sederhana yang memiliki keinginan untuk mensejahterakan keluarganya. Niatan tersebut mulai terbesit semenjak kematian ayahnya. Sang Ibu menginginkan ia menjadi seorang anggota militer agar tidak berkelahi dengan tetangga sekitar.
 Sedangkan, Mahesa, berasal dari keluarga ningrat. Ayahnya merupakan salah satu panglima tinggi militer. Ia masuk militer karena tindakan represif dari ayahnya. Sang Ayah kesal dengan Mahesa karena selama ini hanya menghabiskan uang. Mendapati tekanan tersebut, Mahesa akhirnya memilih untuk masuk akademi militer sekaligus melanjutkan perjuangan ayahnya.
Bagus dan Mahesa bertemu di akademi militer dan menjadi sahabat yang erat. Keduanya menjalani kehidupan dan belajar hidup disiplin. Awalnya Mahesa tidak betah dengan kehidupan militer yang begitu ketat. Namun, lambat laun dengan bantuan Bagus akhirnya ia merasa betah juga.
Setelah lulus dari akademi militer, mereka bertemu dengan Bramantyo, kakak kelas tarunanya. Bramantyo kemudian mengajak mereka berdua ke rumah saudaranya. Disana mereka bertemu dengan Laras, kembang desa yang dewasa. Mereka berdua jatuh cinta pada pandangan pertama. Namun, hanya Mahesa yang berani mengungkapkan isi hati. Sedangkan, Bagus memilih mencinta dalam diam.
Laras akhirnya menerima lamaran Mahesa, tetapi dengan syarat agar Mahesa menyelesaikan kuliahnya dahulu. Mendapati hal tersebut, Mahesa mulai ragu dengan Laras yang tak kunjung menyegerakan lamarannya. Apalagi, ia juga mendapatkan misi untuk menyelamatkan sandera dari LIPI.
Akhirnya, Mahesa bergabung dengan misi penyelamatan sandera yang disekap di sebuah hutan. Nahas. Mahesa mendapati situasi terpojok di medan penyelamatan. Mengetahui hal tersebut, Bagus langsung mencari Mahesa dan menolongnya. Namun sayang, Mahesa tidak dapat diselamatkan. Ia tewas sebagai seorang pahlawan.
Pasca gugurnya Mahesa, Bagus kemudian memberanikan diri mengungkapkan isi hatinya kepada Laras. Ia juga menjelaskan niatannya untuk memperistri Laras. Mereka berdua pun menikah dan menjalani kehidupan dengan bahagia.
Film yang menyuguhkan pemandangan campmiliter ini banyak mengambil setting tempat di Magelang. Kisahnya bercampur antara cerita patriotik seorang perwira militer dengan bumbu romantis cinta segi tiga. Adegan penuh haru banyak disajikan. Menonton film ini, anda secara sekaligus diajak untuk berbangga dengan militer dan terenyuh karena cinta.
Oleh karena itu, kita harus bisa ambil makna dari film tersebut untuk tetap menjaga persatuan negara, selalu kompak, kerja sama, dan tidak boleh mementingkan ego kita meskipun karena wanita. Film ini kayak untuk ditonton karena ini merupakan cerita dunia kemiliteran yang sangat bisa memotivasi bagi yang ingin mencoba dunia kemiliteran.
Daftar pustaka :
2.    http://ayudkc.blogspot.co.id/2016/01/doea-tanda-cinta.html?m=1 diakses pada tanggal 10 Januari 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar