Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 27 Mei 2018

Tek Ulasan Film "Canola" Yuniar Permatsari XI AP 2


TEKS ULASAN FILM / DRAMA
“Cucu Kesayangan Nenek”
Disusun Oleh Yuniar Permatasari


·         Judul Film     : CANOLA
·         Tahun Rilis   : 2016
·         Sutradara      : Chang
·         Pemain          : 1.  Yoon Yeo-jung berperan sebagai Nenek Gye-choon
                         2. 
Kim Go-eun berperan sebagai Hye-ji
                         3.  Choi
Minho berperan sebagai Han-yi
                         4.  Yang Ik-june berperan sebagai Guru Seni Choong-seob


Orientasi 1
            “CANOLA” atau judul lainnya Grandmother Gye Choon” merupakan sebuah film bergenre drama keluarga yang disutradarai oleh Chang. Film ini hasil karya dari yang Seo-Hyun, Ha A-Reum, dan Chang. “CANOLA” meerupakan film produksi Zio Entertainment Inc dan diproduseri oleh Kim Jung-Gon dan Choi Hyun-Mok. Film yang rilis pada tanggal 19 Mei 2016 dan didistribusikan oleh Culture Nandakinda Mirovision Inc. dan berdurasi 116 menit.

Orientasi 2
            CANOLA berkisah tentang Nenek Gye-choon (Yoon Yeo-jung) seorang pencari tiram di Pulau Jeju. Ia hanya tinggal dengan cucu perempuan kesayangannya Hye-ji (Kim Go-eun), yang yatim piatu.  Hye-ji sangat suka menggambar sehingga sang nenek pun mendaftarkan Hye-ji ke sebuah sekolah menengah seni. Hyeji kemudian bertemu teman sekelasnya yang perhatian, Han-yi (Minho), dan juga guru seninya (Yang Ik-june) yang selalu mendukungnya.

Tafsiran Isi 1
           Nenek dan Hye-ji mereka berdua hidup bahagia walau sederhana, namun semuanya berubah ketika nenek mengajak Hye Ji pergi ke pasar. Di pasar Hye Ji lepas dari genggaman neneknya dan hilang. Nenek sudah mencari kemanapun namun tidak ketemu juga. Akhirnya setelah 12 tahun Hye Ji hidup disebuah kota bersama temannya lalu terlibat masalah dan akhirnya ia kembali kerumah sang nenek setelah melihat iklan anak hilang dikotak susu yang dipasang oleh neneknya.
            Betapa terkejut dan senang si nenek ketika mengetahui cucunya pulang kerumah. Hye Ji juga disekolahkan di sekolah seni oleh sang nenek, karena nenek tau Hye Ji suka melukis dari kecil. Namun,banyak masalah yang terjadi ketika Hye Ji pulang. Seperti tabungan sang nenek hilang dll. Tentangga sang nenek pun curiga dengan Hye Ji apakah benar ia Hye Ji yang asli? Namun sang nenek membantah kecurigaan itu.

Tafsiran Isi 2
            Kecurigaan tersebut ternyata benar, ketika Hye Ji pergi ke Seoul untuk mengikuti komepetisi melukis bersama gurunya. Hye Ji kabur setelah menyelesaikan lukisannnya. Ia kembali dengan teman-temannya yang dulu dikota.. Namun Han yi  yang sudah lama menaruh curiga pada Hye Ji pun menyusul Hye Ji ke Seoul setelah menelepon temannya Hye Ji di kota.       
            Hye Ji adalah seorang penipu,yang secara tidak sengaja bersama temannnya telah terlibat kasus kekerasan dan dicari-cari oleh polisi. Hye Ji kabur kerumah nenek dan mengaku sebagai cucunya yang hilang 12 tahun yang lalu. Hye Ji pun tertangkap oleh polisi, lalu sang nenek datang ke Seoul dan Hye Ji menceritakan semua kejadiannya. Ternyata Hye Ji yang asli pernah tinggal bersamanya, namun karena terlibat kecelakaan Hye Ji yang asli meninggal ditempat. Sementara orang tuanya mengganti namanya dengan nama Hye Ji. Sontak hal tersebut membuat nenek terkejut,ia pun kembali kedesa dengan wajah stress. Namun Hye Ji sungguh merasa kasihan dengan nenek, yang awalnya biasa saja.

Tafsiran Isi 3
            Pesan moral yang dapat diambil dari film ini yaitu ketika 1 tahun Hye Ji keluar dari penjara tetangga nenek mencari-cari Hye Ji dan menceritakan kondisi nenek sekarang kacau, seperti orang gila dan tidak pulang kerumah. Hye Ji pun berniat membalas kebaikan sang nenek yang dulu ia rasakan. Ia pun kembali ke desa dan mencari-cari nenek dimanapun.        Nenek akhirnya dapat ditemukan oleh Hye Ji dan nenek dapat mengenal Hye Ji. Hingga akhir hayat nenek, Hye Ji merawat dan berada di samping nenek. Satu harapan nenek bahwa jangan pernah Hye Ji menyerah dengan cita-citanya, tak ada yang tidak bisa. Film ini juga mengajarkan kita makna keluarga dan kasih sayang.

Tafsiran Isi 4
            Begitu banyak hal yang ingin disampaikan dalam film ini, salah satunya adalah makna keluarga dan kasih sayang dalam kehidupan. Film yang awalnya digambarkan penuh keceriaan, semenjak Hye Ji hilang masalah demi masalah muncul. Film ini mengajarkaan kita arti keluarga, orang tidak bisa memilih dimana dia dilahirkan, tetapi keluarga bukan sesuatu yang didapat hanya karena terlahir sebagai keluarga. Tapi keluarga adalah tempat berbagi dengan siapapun yang sudah mencurahkan kasih sayangnya kepada kita.

Tafsiran Isi 5
            Film ini juga cukup menarik banyak penonton, film yang mengisahkan pertemuan dua orang setelah 12 tahun terpisah dan membuat penonton merasakan makna keluarga ini, Masuk dalam box office Korsel dengan pendapatan $3,021 juta.dari penjualan 212 ribu tiket. Ia berhasil unggul dari Film Phantom Detective. Tidak hanya dicintai karena latar pulau Jeju yang amat indah, Canola juga berhasil secara kritik. Jika dilihat dari segi cerita, film ini memang layak diberi nilai 8.3. Hal ini sekaligus menjadikan Canola duduk di peringkat teratas daftar film Korea terbaik 2016.

Evaluasi
1.    Kelebihan
            Secara garis besar cerita film ini memang menarik, karena mengetengahkan hubungan antara nenek dan cucu. Latar pulau Jeju yang ‘eksotis’ menjadi nilai tambah. Pilihan warna lembut serta set lokasi yang indah begitu pas mendukung isi film. Suasana kerukunan masyarakat Pulau Jeju, karifan lokal, dan keindahan alam adalah hal lain yang  coba disampaikan ke telinga penonton, media film ini benar benar dimanfaatkan dengan bijak sebagai bahan promosi. Chang sebagai penulis dan sutradara sepertinya sangat tahu betul bagaimana kisah ini harus dibawakan, ceritanya sangat menusuk dan menyayat, salah satunya adalah makna keluarga dan kasih sayang dalam kehidupan. Dipadu dengan cinematography yang sangat cantik, dan sentuhan misteri cukup membuat penasaran.
            Untuk segi akting aktris senior Yoon Yeo-jung bermain apik sebagai Nenek Gye-choon lengkap dengan segala bahasa tubuh ala nenek-nenek pedesaan umumnya. Kim Go-eun juga bermain bagus sebagai Hye-ji dengan segala kecanggungan-nya. Selain itu juga ada Yang Ik-june, sebagai guru seni Hye-ji, ia selalu berhasil mencuri scene dengan aktingnya yang effortless.  Dan di sini juga ada nama Minho SHINee.

2.    Kekurangan
            Pertama, peristiwa di seputar hilangnya Hye-ji terasa  agak kurang meyakinkan. Digambarkan bahwa suasana pasarnya terlihat tak ramai-ramai amat, sehingga rasanya agak aneh kalau sang nenek kesulitan menemukan Hye-ji lagi. Dan yang membuat saya bingung, kenapa Hye-ji tidak mencari neneknya? Dia digambarkan sebagai anak manis dan cerdas, yang sangat menyayangi neneknya,

Rangkuman
            Film yang awalnya digambarkan penuh keceriaan, semenjak Hye Ji hilang masalah demi masalah muncul. Hingga akhir hayat nenek, Hye Ji merawat dan berada di samping nenek. Satu harapan nenek bahwa jangan pernah Hye Ji menyerah dengan cita-citanya, tak ada yang tidak bisa. Inti dari film ini salah satunya adalah makna keluarga dan kasih sayang dalam kehidupan. Masuk dalam box office Korea Selatan dengan pendapatan $3,021 juta.dari penjualan 212 ribu tiket. film ini memang layak diberi nilai 8.3. Hal ini sekaligus menjadikan Canola duduk di peringkat teratas daftar film Korea terbaik 2016.



Daftar Pustaka :

kosginnar.blogspot.com/2016/11/review-film-korea-canola-2016.html
Diakses pada Rabu, 02 Mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar