Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 21 Mei 2018

Bangkit Dari Keterpurukan dalam film "United"


Disusun Oleh : Irvan


Judul Film                : United
Tahun Rilis              : 2011
Sutradara                : James Strong
Pemeran                 : 1. Jack O'Connell  sebagai Bobby Charlton

Orientasi :


United adalah film yang rilis tahun 2011 dan bergenre drama. Film ini berdasarkan kisah nyata legenda manchester United “Busby Babes”, film yang mengulas bagaimana keluarga korban serta anggota tim MU yang selamat menceritakan kisah inspiratif dari tim dan komunitas MU mengatasi masalah atas tragedi kecelakaan pesawat 1958 di Munich yang mengerikan.

Tafsiran Isi 1 :

Tragedi München 1958 terjadi di Bandar Udara Munich-Riem, München, Jerman pada tanggal 6 Februari 1958. Kecelakaan terjadi ketika British European Airways Penerbangan 609 jatuh pada usaha ketiganya untuk lepas landas dari kubangan lumpur yang menyelimuti landasan. Di dalam pesawat terdapat para pemain Manchester United yang bersinar kala itu , dijuluki “Busby Babes”, bersama dengan sejumlah pendukung dan wartawan. 20 dari 44 orang di pesawat tewas dalam kecelakaan. Yang terluka, beberapa di antaranya sudah tak sadarkan diri, dibawa ke Rumah Sakit Rechts der Isar di Munich di mana 3 orang meninggal, sehingga yang selamat hanya 21 orang.

Tafsiran Isi 2 :

Kejadian Tim dalam perjalanan kembali dari sebuah pertandingan Piala Eropa 1957-1958 di Belgrade , Yugoslavia , melawan Red Star Belgrade , tetapi harus berhenti di Munich untuk mengisi bahan bakar, sebagai akibat dari perjalanan non-stop Belgrade ke Manchester, yang di luar batas kemampuan jangkauan pesawat sekelas Airspeed Ambassador.
  
Tafsiran Isi 3 :

Setelah mengisi bahan bakar, sang pilot, Kapten James Thain dan kopilot Kenneth Rayment, mencoba lepas landas maksimal dua kali, tetapi harus membatalkan kedua upaya tersebut karena gangguan di mesin.
Takut bahwa mereka akan terlambat jadwal, Kapten Thain menolak menginap di Munich dan memilih melakukan upaya lepas landas untuk ketiga kalinya. Pada saat upaya ketiga, mulai turun salju, menyebabkan lapisan lumpur di ujung landasan.Ketika pesawat menyentuh lumpur, pesawat kehilangan kecepatan, membuat pesawat tidak dapat lepas landas. Pesawat menabrak pagar dan melewati ujung landasan, sebelum sayap pesawat membentur rumah terdekat sehingga sobek.
Khawatir bahwa pesawat akan meledak, Kapten Thain menyuruh para penumpang yang selamat pergi menjauh sejauh mungkin.
Meskipun demikian, kiper Manchester United Harry Gregg tetap di dekat bangkai pesawat untuk menarik korban yang selamat dari reruntuhan pesawat.

Tafsiran Isi 4 :

Kiper United itu tampil sebagai pahlawan. Setelah berhasil keluar dengan menendang jendela Gregg kembali masuk kedalam untuk menyelamatkan teman-temannya. Sosok pertama yang ditemukan adalah Bert Whalley, salah satu staff pelatih Setan Merah, terbujur kaku dan telah menghembuskan nafasnya.
Tanpa mempedulikan bahaya yang setiap saat dapat merenggut jiwanya, Gregg terun mencoba menemukan korban2 lain, tubuh Bobby Charlton dan Dennis Viollet tergeletak tidak jauh dari mayat Whalley, masih bernafas, dengan sekuat tenaga ditariknya tali pinggang keduanya.
“Aku mencoba utk menemukan temanku, Blanchy ( Jackie Blanchflower ) ternyata dia masih hidup, namun kondisinya sangat parah, lengan nya nyaris putus, disebelahnya tergeletak kapten Tim Roger Byrne sudah tak bernyawa,” tutur Gregg.Beberapa saat setelah kejadian itu aku berteriak minta tolong, saat itulah Charlton dan Viollet tiba
-tiba berdiri disampingku. Matt Busby aku temukan terbaring diluar pesawat dengan kaki terluka parah.

Tafsiran Isi 5 :
Sebuah penyelidikan oleh pihak berwenang bandara Jerman Barat awalnya menyalahkan Kapten Thain untuk kecelakaan tersebut, mengklaim bahwa dia telah gagal untuk menghilangkan es yang membeku pada sayap pesawat, yang dianggap sebagai penyebab kecelakaan, meskipun pernyataan yang bertentangan muncul dari para saksi mata.
Kemudian ditetapkan bahwa kecelakaan itu, pada kenyataannya, disebabkan oleh kubangan lumpur campur salju di landasan pacu, yang mengakibatkan pesawat yang tidak mampu mencapai kecepatan minimum untuk lepas landas.Nama Thain akhirnya menghilang pada tahun 1968, sepuluh tahun setelah kejadian.Para korban tewas.

Tafsiran Isi 6 :
Murphy mati-matian mempersiapkan tim yang sudah kehilangan banyak skuad utamanya, dan menaikkan moral yg tengah ambruk. Dengan pemain2 dari tim reserve dan akademi, United masih bisa menang 3-0 vs Sheffield Wednesday. Itu adalah satu-satunya pertandingan yang bisa dimenangkan United di sisa kompetisi liga, hingga akhirnya ada di peringkat 9 klasemen liga.
Tapi di Piala FA, United bisa melaju sampai final walau akhirnya kalah 2-0 dari Bolton. Di Piala Champions, MU terhenti di semifinal. Menang 2-1 dari Milan di Old Trafford, tapi kalah 0-4 di San Siro.

Busby akhirnya kembali jadi manager pada musim berikutnya, dan kembali membangun Busby Babes generasi kedua. 10 tahun kemudian, Manchester United menjadi juara Eropa.

Evaluasi 1 :
Film yang dirilis pada  April 24, 2011 lalu ini sangat menceritakan bagaimana keadaan pada saat tahun 1958. Peristiwa diceritakan dengan jelas sehingga penonton dapat menangkap setiap adegannya. Di film ini penonton diberi tahu bagaimana keadaan ditahun 1958.  Film ini adalah salah satu film dokumenter sebuah klub sepak bola terbaik. Sangat memotivasi untuk para penontonnya terutama para fans klub Manchester United.

Evaluasi 2 :
Film ini kurang menjelaskan kejadian saat pertandingan-pertandingan yang dilakoni oleh klub Manchester United difilm itu. Jadi penonton kurang tahu bagaimana kejadian atau pertandingan kala itu.

Rangkuman :
Film ini judulnya UNITED, produksi BBC. Bercerita tentang Manchester United di akhir 1950an. Saat klub ini sedang dibangun oleh manager legendaris Matt Busby, dan saat terjadi kecelakaan pesawat dahsyat "Munich Air Disaster". Sebuah film yg bisa memberi gambaran jatuh-bangunnya United di masa itu. Inspirasional.

United yang saat itu dilatih manager legendaris Matt Busby, sedang berada di masa jaya. Mereka adalah juara Liga Inggris 1956 dan 1957.

Sumber :
diakses pada 6 Mei 2018
diakses pada 6 Mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar