Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 28 Mei 2018

Pencemaran Air

Disusun oleh : Friska Berliyana Puspita Sari



Pernyataan Umum
Pencemaran air adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur atau komponen lainnya ke dalam air sehingga menyebabkan kualitas air terganggu. Kualitas air terganggu ditandai dengan perubahan bau,  rasa,dan warna.pencemaran air dapat disebabkan oleh beberapa kegiatan, misalnya kegiatan rumah tangga, pertanian, dan industri.Pencemaran air juga akan membawa dampak tersendiri seperti kematian biota air, kerusakan rantai makanan, wabah penyakit, dan kerusakan ekosistem.

Urutan Sebab Akibat
Kegiatan rumah tangga menghasilkan berbagai limbah padat dan cair. Limbah padat berupa sampah, sedangkan limbah cair berupa air buangan yang mengandung zat kimia,misalnya deterjen. Limbah yang masuk ke perairan menyebabkan pencemaran air. Hal tersebut tidak akan terjadi jika kita dapat menggunakan air secara efisien dan melestarikan sumber air dengan cara menanam tumbuh-tumbuhan dan membuat resapan air. Selain itu dapat juga melakukan penyaringan air limbah sebelum di buang ke perairan agar air tetap terjaga kejernihannya.
Kegiatan pertanian dapat juga mengakibatkan pencemaran. Pupuk yang di gunakan dalam pertanian dapat mengakibatkan pengayaan air oleh unsur pupuk yang menyebabkan pertumbuhan tanaman air juga gulma menjadi sangat cepat, selain menggunakan pupuk pertanian juga menggunakan pestisida untuk memberantas hama. Namun dampaknya dapat menimbulkan kematian mahluk yang hidup di dalam air karena mengandung bahan kimia.
Selain itu, kegiatan industri dapat menyebabkan pencemaran air karena dalam proses pendinginan mesin air di ambil dari sungai atau danau kemudian di buang kembali ke sungai atau danau dengan suhu panas yang dapat mematikan hewan dan tumbuhan karena mengandung zat kimia.
Pencemaran air sangat penting untuk di tanggulangi dan di cegah, karena pencemaran air dapat membawa dampak buruk untuk kelangsungan hidup lingkungan sekitar seperti
Kematian Biota Air adalah masalah utama yang disebabkan oleh dampak pencemaran air adalah terbunuhnya kehidupan yang tergantung pada badan air tersebut. Ikan, kepiting, burung camar dan banyak hewan lain terbunuh karena adanya polutan berbahaya yang meracuni habitat mereka.
Selain itu, kerusakan Rantai Makanan adalah salah satu dampak pencemaran air juga merusak tatanan rantai makanan alami yang selama ini berlangsung dalam ekosistem air. Polutan seperti timbal yang dimakan oleh ikan kecil, akan terbawa pada tingkat trofik selanjutnya. Ikan-ikan besar, kerang, dan tingkat trofik di atasnya juga akan ikut merasakan dampak dari polutan yang dimakan oleh si ikan kecil.
Wabah Penyakit. Kerusakan rantai makanan pada tahap selanjutnya akan berdampak pada manusia. Produk-produk dari badan air yang tercemar yang dikonsumsi manusia akan mengakibatkan pada mewabahnya beberapa jenis penyakit. Wabah penyakit hepatitis bisa timbul akibat konsumsi makanan laut yang teracuni polutan, wabah kolera timbul karena pengolahan air minum yang buruk dari sumber perairan yang tercemar, dan masih banyak lagi.
Kerusakan Ekosistem. Dampak pencemaran air pada tahap selanjutnya akan terjadi pada ekosistem. Pencemaran air mengakibatkan kerusakan ekosistem yang berarti interaksi antar makhluk hidup di suatu tempat akan berubah.






Daftar Pustaka

diakses pada 20 april 2018
http://www.ebiologi.net/2015/06/4-akibat-dan-dampak-pencemaran-air.html 
diakses pada 20 april 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar