Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 21 Mei 2018

Pengorbanan kakak terhadap adiknya dalam film “My Idiot Brother”




Disusun Oleh : Novita Kurniyawati


·         Judul Film     : My Idiot Brother
·         Tahun Rilis    : 02 Oktober 2014
·         Sutradara      : Alyandra
·         Pemain          : Adila Fitri sebagai Angel dan Ali Mensan sebagai Hendra



Orientasi
            Film My Idiot Brother merupakan sebuah film drama keluarga yang di adaptasi dari novel dengan judul yang sama berdasarkan kisah nyata tentang kehadiran anak berkebutuhan khusus bernama Hendra (Ali Mensan) yang berusia 22 tahun. Film drama keluarga yang di rilis pada 2 Oktober 2014 merupakan film garapan Alyandra dan di produseri oleh Hamdhani.
Adila Fitri berperan sebagai Angel dan Ali Mensan berperan sebagai Hendra. Angel adalah seorang gadis remaja berusia 15 tahun yang tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya Hendra yang terlahir dengan keterbelakangan mental.   Walaupun Angel begitu malu dan membencinya, Hendra tidak pernah bersedih hati. Hal ini yang menjadikan kisahnya sangat menggugah.

Tafsiran Isi
Film ini mengisahkan tentang Hendra yang lahir di keluarga berkecukupan dan dia memiliki adik yang bernama Angel.  Angel adalah seorang gadis remaja berusia 15 tahun yang tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya Hendra  yang terlahir dengan keterbelakangan mental.  Ia  seorang  gadis remaja yang duduk di bangku SMA dengan segala dilemma yang dihadapinya karena memiliki kakak berkebutuhan khusus. Konflik muncul dalam hidup Angel  yaitu karna kakaknya yang sulit tuk diarahkan.  Walaupun Angel begitu malu dan membencinya, Hendra tidak pernah bersedih hati . Hendra menjadi anak yang berkebutuhan khusus akibat  sakit  yang di deritanya di waktu kecil. Walaupun demikian Ia tetap setia memberikan kasih sayang seorang kakak kepada adiknya. Seperti  di setiap paginya hendra selalu membawakan susu ke kamar adiknya namun Angel tidak mau kakaknya mengganggu hidupnya.
        Karena memiliki kakak yang mengalami keterbelakangan mental, Angel sering diejek oleh teman-temannya ‘si idiot’. Salah seorang gadis di sekolahnya bernama Agnes sangat membenci Angel karena dianggap sebagai ancaman untuk mendapatkan hati Aji. Kehidupan Hendra dengan dunianya sendiri namun tetap menyayangi adiknya. Suatu hari, Aji akan mengadakan pesta ulang tahunnya dengan mengundang semua teman-temannya. Agnes dan Angel bersaing untuk menjadi ratu dalam acara pesta tersebut. Sayangnya pesta itu berakhir ricuh karena kehadiran Hendra yang membuat Angel begitu malu, padahal kedatangan kakaknya yang penuh perjualangan sebenarnya hanya bermaksud untuk mengantarkan kado yang tertinggal dikamar adiknya. Angel lari dari pesta karena rasa malu lalu dan menyalahkan kakaknya karna telah menghancurkan pestanya, ketika ia sedang memarahi dan memaki kakaknya, tak sengaja dorongannya membuat kakaknya terguling ke jalan raya, dan seketika tertabrak hingga terlempar, lalu adiknya menyusulnya dan memangku kepala kakaknya di pahanya namun naas kembali datang kendaraan lain dan tertabraklah keduanya. Mereka  mengalami kecelakaan yang cukup serius. Kecelakaan ini menyebabkan tak ada seorang pun yang mampu menyelamatkan diri Angel  selain oleh pertolongan kakaknya.  Demi cintanya kepada sang adik, Hendra rela mengorbankan apapun termasuk nyawanya sendiri untuk Angel. Hendra pun pergi untuk selamanya dan hati hendra akan selalu jadi bagian hati Angle juga.

Evaluasi
            Kelebihan dari film yang di sutradarai oleh Alyandra yaitu membuat penonton terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Kelebihan lainnya adalah kisah yang diangkat dari kehidupan nyata dan sangat menyentuh. Film ini juga mengajarkan kita mengenai keluarga dan bagaimana kita semestinya bersikap kepada salah satu anggota keluarga yang mengalami keterbelakangan mental.
Namun sayangnya film  “ My Idiot Brother ” merupakan film yang menimbulkan pro dan kontra dikarenakan kata "idiot" merupakan kata yang kasar dan tidak boleh digunakan.

Rangkuman
Secara keseluruhan film ini sangat bagus dan cukup menguras air mata penonton. Banyak terdapat pesan yang ada di dalamnya. Contohnya adalah kasih saying seorang kakak terhada[ adenya yang begitu besar dan pengorbanan kaka yang rela mengorbankan nyawanya untuk adiknya walaupun punya keterbelakangan mental.

Menurut saya film ini sangat cocok untuk ditonton semua orang. Karena film ini merupakan sebuah tontonan penuh pesan moral mengenai keluarga dan bagaimana kita semestinya bersikap kepada salah satu anggota keluarga yang mengalami kerterbelakangan mental, selain itu dengan adanya film ini kita mulai menyadari bahwa ketidaksempurnaan seseorang akan terlihat sempurna dengan cinta.




Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar