Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 02 Mei 2018

TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS “PEMANASAN GLOBAL" - FATIHA

PEMANASAN GLOBAL ( GLOBAL WARMING )
Disusun Oleh: Fatiha




Pernyataan Umum:
Pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata di seluruh permukaan bumi, tepatnya pada bagian atmosfer, daratan hingga lautan. Hasil studi menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 100 tahun terakhir bumi mengalami peningkatan suhu hingga 0,18 derajat celcius. Penyebab kenaikan suhu permukaan bumi karena adanya peningkatan keluaran (emisi) gas rumah kaca seperti: karbondioksida, metana, dinitro oksida, hidrofluorokarbon, perfluorokarbon, dan sulfur heksafluorida di atmosfer.

Urutan Sebab Akibat:

Penyebab pemanasan global di rumah

  • Sedikitnya pepohonan yang ditanam di rumah
Seperti yang kita ketahui, bahwa warga perkotaan banyak yang memiliki rumah minimalis dan mepet-mepet dengan tetangga. Sehingga tidak jarang bahwa rumah yang dimilikinya tidak memiliki pepohonan sebagai sumber oksigen dan penyejuk udara. Padahal menanam pohon di sekitar rumah sangat penting dan juga dapat meminimalisir penyebab terjadinya pemanasan global.
Hal yang perlu kita ketahui dan pahami dalam masalah ini adalah pepohonan memiliki banyak peran bagi lingkungan, karena pohon bisa menjadi alat untuk mengatasi suhu panas dan menghirup Co2 yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global.
  • Penggunaan listrik berlebihan
Banyaknya alat elektronik di rumah akan menjadikan penggunaan listrik semakin banyak. Akibatnya energi yang dibutuhkan oleh pembangkit listrik juga semakin besar. Dengan bertambah besarnya energi listrik yang dihasilkan juga akan menjadi salah satu penyebab pemanasan global.
Dengan mengetahui hal ini seharusnya Penggunaan listrik yang terlalu banyak di rumah dikurangi mulai saat ini. Matikan segala aktivitas energi listrik jika tidak di pakai atau siang hari. Dengan begitu Anda sudah berkontribusi untuk mengurangi global warming di dunia ini.
  • Banyaknya bangunan menggunakan konsep rumah kaca
Rumah kaca memang terlihat lebih indah, belakangan ini terlihat banyak sekali gedung tinggi yang menggunakan konsep rumah kaca pada dindingnya. Dampak yang ditimbulkannya adalah ia tidak dapat menyerap matahari melainkan memantulkannya ke udara. Semakin banyak gedung dengan konsep rumah kaca maka akan semakin panas lingkungan ini.

Penyebab pemanasan global dari lingkungan masyarakat

  • Jumlah kendaraan yang meningkat
Jumlah kendaraan yang ada di dunia selalu bertambah sehingga penggunaan bahan bakar juga akan meningkat. Hasil pembakaran kendaraan bermotor selain dapat mengganggu kesehatan juga dapat menyebabkan pemanasan global. Selain itu pasokan energi dunia akan cepat habis. Efek dari peningkatan kendaraan juga menimbulkan kemacetan yang merupakan masalah di kota-kota besar.
  • Asap pabrik
Adanya pabrik di seluruh dunia memberikan dampak kesejahteraan karena melahirkan lapangan pekerjaan baru, tetapi asap yang dikeluarkan setiap harinya dapat menjadi penyebab pemanasan global.
  • Pembakaran hutan
Pembakaran hutan biasanya dilakukan untuk membuka lahan baru untuk pertanian, tetapi sering pula ditemukan pembakaran hutan secara ilegal  sehingga kita tidak bisa mendapatkan manfaat dari hutan yaitu untuk mengambil gas CO2, masalah lain yang muncul adalah seringnya terjadi banjir.

Penyebab pemanasan global dari alam

  • Semakin menipisnya lapisan ozon
Banyaknya gas yang berada di udara menyebabkan kebocoran pada lapisan ozon. Padahal lapisan ozon memiliki manfaat untuk melindungi penduduk bumi dengan cara memfilter sinar matahari agar gelombang yang berbahaya tidak sampai ke bumi. Akan tetapi hal ini sudah terlanjur terjadi. Kebocoran ozon terjadi setiap saat sementara proses pengembaliannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Mungkin suatu saat lapisan ozon akan benar-benar hilang.


  • Kondisi bumi yang tua
Usia bumi diperkirakan sudah mencapai 4,6 milyar. dan bumi ini telah dihidupi oleh beberapa generasi  mulai dari nabi adam hingga abad 21 sudah tidak terhitung jumlahnya. Setiap generasi pasti menyebabkan perubahan pada lingkungan termasuk menyebabkan pemanasan global sedikit demi sedikit.

Penyebab pemanasan global dari pemerintah

  • Kurangnya ruang terbuka hijau di perkotaan
Ruang terbuka hijau sebenarnya adalah kebutuhan utama bagi masyarakat terutama warga perkotaan. Ruang terbuka yang hijau dapat menjadi tempat rekreasi keluarga di akhir pekan. Selain itu dapat berperan pengendalikan banjir dan mengurangi zat penyebab pemanasan global. Akan tetapi, pada kenyataannya hingga saat ini sulit kita temukan ruang terbuka hijau terutama di kota- kota besar.
  • Peningkatan jumlah kendaraan bermotor
Minimnya sarana transportasi massal membuat masyarakat  lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Peningkatan jumlah kendaraan pribadi seperti kendaraan bermotor dan mobil tidak bisa dilepaskan dari kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor. Padahal, peningkatan kendaraan pribadi dapat meningkatkan gas CO2 ke udara, yang menjadi salah satu penyebab dari pemanasan global.
Penyebab pemanasan global Secara Umum
·         Terus meningkatnya jumlah kendaraan
Semakin bertambahnya jumlah kendaraan bermotor yang ada di dunia, maka semakin banyak asap kendaraan yang akan mencemari alam ini seperti karbondioksida, karbonmonoksida dan lain sebagainya. Hal ini, selain tidak bagus untuk kesehatan dan lingkungan, juga bisa menyebabkan terjadinya pemanasan global.

·         Asap pabrik yang tidak berhenti
Asap pabrik merupakan salah satu pemicu terjadinya pemanasan global. Karena pabrik selalu mengeluarkan asap yang mengandung zat-zat yang dapat menimbulkan penipisan lapisan ozon. Sekarang coba kita hitung berapa pabrik yang ada di Indonesia ini. Itu saja sudah berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus pabrik. Belum lagi pabrik yang ada di luar Indonesia.
·         Banyaknya kebakaran hutan yang terjadi
Kita sering mendapati pembakaran hutan yang dilakukan dengan tujuan untuk pembukaan lahan baru pertanian. Namun, juga banyak sekali yang tidak ketahui yaitu pembakaran hutan secara ilegal. Padahal, jika kita ketahui bahwa pembakaran hutan itu bisa menyebabkan terjadinya pemanasan global, dan selain itu akan mudah terjadinya banjir.

Daftar Pustaka:

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar