Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 15 Mei 2018

KEPADATAN PENDUDUK

Disusun Oleh: Grita Amelia



Pernyataan umum
            Kepadatan Penduduk adalah perbandingan dari jumlah penduduk dibagi dengan luas wilayahnya. Contohnya : Setiap 1 Km2 wilayah dihuni oleh 120 penduduk, jika melebihi batas tersebut menyebabkan terjadinya ledakan penduduk. Hal ini dapat kita lihat di Indonesia yang laju pertumbuhan penduduknya meningkat pesat.

Urutan sebab akibat 1
Kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor kelahiran, faktor iklim dan tempat strategis, faktor ekonomi, dan faktor sosial. Diantara keempat faktor tersebut, faktor ekonomi dan faktor sosial adalah dua faktor yang paling berpengaruh terhadap terjadinya kepadatan penduduk di Indonesia. Dengan adanya kemajuan di bidang ekonomi, maka akan menyebabkan banyak terbukanya lapangan kerja di suatu wilayah yang menyebabkan penduduk berbondong-bondong untuk menetap di wilayah tersebut. Faktor sosial  juga dapat mempengaruhi terjadinya kepadatan penduduk karena jika suatu wilayah memiliki kondisi yang relatif tidak aman, maka wilayah tersebut hanya akan ditempati oleh beberapa penduduk saja.

Urutan sebab akibat 2
Kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi manusia. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya Persaingan lapangan pekerjaan yang di sebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi dan tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah sehingga meningkatkan angka pengangguran di Indonesia. Banyaknya angka pengangguran pula dapat meningkatnya jumlah kemiskinan yang di sebabkan oleh kurang berkembangnya kreatifitas dari masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Untuk membuka lapangan kerja baru diperlukan tingkat pendidikan yang tinggi, sedangkan di negeri kita ini sarana pendidikan masih belum dapat dirasakan semua rakyatnya karena faktor kemiskinan.

Urutan sebab akibat 3
Dari seluruh uraian di atas, maka sudah jelas bahwa pengangguran adalah masalah besar yang harus segera dicarikan solusi. Langkah nyata yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan pemindahan penduduk dari wilayah yang padat penduduknya ke wilayah yang kurang penduduknya. Dengan upaya ini akan mengurangi jumlah kepadatan di wilayah yang padat penduduknya. Disamping itu, dengan melakukan pemerataan lapangan kerja di pedesaan, diharapkan dapat mengurangi jumlah penduduk yang pindah dari desa ke kota. Semua langkah ini harus segera kita ambil agar masalah kepadatan penduduk di Indonesia segera terselesaikan.






DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar