Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 14 Mei 2018

Antara Cinta dan Sahabat "Ada Apa Dengan Cinta?"

Disusun Oleh : Nia Kalawi Chandra



Orientasi
Film ini berjudul “Ada Apa Dengan Cinta ?” yang bergenre romansa, diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Silva Rani dan terinspirasi dari kisah nyata sang penulis lalu di produksi oleh Miles Films Productions. Menceritakan tentang Cinta (Dian Sastrowardoyo) yang sekarang dewasa telah menjadi pemilik sebuah Kafe Seni Pop Mini di Jakarta. Dia dan geng SMA menghibur Karmen (Adinia Wirasti), yang baru pulih dari kecanduan narkoba. Milly (Sissy Priscillia) menikah dengan sebelumnya pecandu pasangan SMA geng Mamet (Dennis Adhiswara) dan saat ini tengah mengandung anak pertama mereka, sementara Maura (Titi Kamal) menikah dengan Chris (Christian Sugiono) dengan 4 anak-anak. Cinta mengumumkan bahwa wanita akan pergi berlibur ke Yogyakarta dan bahwa dia bertunangan dengan pacarnya Trian (Ario Bayu).
Sementara itu, di New York City, Rangga (Nicholas Saputra) adalah co-pemilik sebuah kedai kopi saat nya langkah-adik, Sukma (Dimi Cindyastira), membayar kunjungan untuk meminta dia untuk mengunjungi ibunya lama pergi di Jogjakarta, tetapi dia menolak. Dia akhirnya memiliki perubahan hati dan memutuskan untuk pergi ke sana setelah rekan-pemilik dan teman Roberto (Chase Kuertz) meyakinkan dia bahwa dia harus pulang ke Indonesia untuk menyelesaikan sesuatu yang perlu untuk diselesaikan.Sebelum Cinta dan sahabat-sahabatnya pergi, mereka mengunjungi Makam Alya (Ladya Cheryl), yang dijelaskan nanti dalam film dia meninggal dalam kecelakaan pada tahun 2010. Rangga tiba di Jakarta untuk menemukan bahwa Cinta tidak lagi tinggal di rumahnya yang dulu, jadi dia pergi langsung ke Jogja. Di Jogja, saat berlibur, Karmen dan Milly melihat Rangga di jalan, dan mereka memberitahu Cinta tentang hal itu.
Cinta tidak ingin melihat Rangga pada awalnya, tetapi setelah bertengkar dengan Karmen, dia memutuskan untuk melakukannya. Cinta mengungkapkan kemarahannya atas dirinya untuk hanya memotong hal off dengan tanpa penjelasan dan dia setuju untuk bertemu dengannya karena teman-temannya. Rangga menjelaskan bahwa ia putus dengan Cinta karena dengan itu kemudian berjuang untuk hidup selama tahun-tahun, Rangga pikir ia tidak bisa membuat Cinta bahagia. Mereka memutuskan untuk mengakhiri hal-hal dalam hal ramah. Cinta berakhir menghabiskan sepanjang hari dengan Rangga, melupakan jadwal liburannya dengan teman-temannya. Bagaimana kisah selanjutnya ?. Film ini berdurasi 112 menit. Pemeran utama di film ini adalah Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Sissy Priscillia, Adinia Wirasti.

Tafsiran Isi
Konflik ini dimulai dengan Cinta yang lagi kumpul-kumpul di kafe bareng temen-temennya: Milly, Maura, dan Karmen. Milly diceritakan menikah dengan Mamet dan saat ini sedang hamil. Maura, menikah juga dengan Chris. Karmen, divorced dan sempat bersentuhan dengan drugs. Sedangkan Alya, diceritakan meninggal dunia karena suatu kecelakaan. Dan Cinta baru saja tunangan dengan Trian dan memiliki small art gallery.
Cara Rangga mengajak Cinta keliling Jogja. Mulai dari sewa mobil, nonton ntonet show, ngajakin makan sate, ngajakin ke Punthuk Setumbu. Kemudian mereka berjalan-jalan hingga larut malam. Hingga suatu ketika rangga memutuskan kembali ke New York, dan pada saat itu di kafe milik rangga, rangga sedang memberikan gaji lebih kepada karyawan tersebut dan karyawan tersebut memeluknya. Kemudian Cinta datang melihat mereka berpelukan, terjadilah kesalahpahaman antara mereka berdua.
Penyelesaian dari masalah adalah Cinta dan Rangga bertemu di suatu cafe di daerah Jogja, mereka saling memceritakan tentang kemana mereka selama 14 tahun berpisah. Kesalahpahaman mereka pun  berakhir di cafe tersebut. Makna cerita yang terdapat dalam film ini yaitu bagaimana rasa mempunyai sahabat yang dikala disenang dia ikut senang dan dikala sedih dia ikut sedih dan yang benar sahabat akan selalu jujur kepada sahabatnya.
Pesan moral dari film ini adalah semua masalah dapat diselesaikan dengan cara berdamai pada masa lalu, karena keluarga adalah segalanya tidak ada mantan orang tua atau mantan anak dan dan persahabatan itu saling mengisi, memberi, menerima, mengingatkan dan diingatkan. Film ini kebanyakan ditonton oleh para remaja, dewasa dan orang tua karena berceritakan tentang persahabatan dan percintaan.

Evaluasi
Kelebihan dari film ini, karena film ini sangat lekat sekali dengan cerita percintaan dan persahabatan. Selain itu film ini juga menjunjung nilai seni dan kebudayaan melalui pameran Eko Nugroho, puisi Aan Mansyur, band Hip-hop Kill the DJ dan yang sangat menarik bagi saya adalah papermoon puppet theatre. Latar tempat yang dipilih dalam pembuatan film ini juga menarik memperkenalkan spot-spot yang indah di Yogyakarta yang jarang sekali dikunjungi oleh warga Yogyakarta itu sendiri seperti Gereja Ayam. Disamping itu film ini juga didukung oleh tokoh-tokoh yang diperankan oleh aktris dan aktor yang sangat hebat. Seperti Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti, Titi Kamal dan Sissy Prescillia yang mampu menghidupkan kembali peran mereka.

Kekurangan dari film ini, Selain beberapa kelebihan film ini juga memiliki beberapa kekurangan walaupun hanya sedikit sekali. Seperti tidak adanya tokoh Alya yang diperankan oleh (Ladya Cheryl). Selain itu menurut saya alur film ini kurang jelas karena jalan ceritanya. Karena dalam setiap adegan itu ceritanya seperti tidak tuntas jadi agak terkesan singkat. Bahasa yang digunakan juga terlalu baku, tapi memang itu ciri khas dari film ini.

Rangkuman
Film ini layak ditonton, di produksi oleh Miles Films Productions di bioskop 28 April 2016. Jika ingin menyaksikan antara cinta dan persahabatan yang dimana karena cinta persahabatan dilupakan dan dengan berdamai dengan masa lalu masalah akan selesai maka tontonlah film ini. Film ini mampu menyadarkan kita tentang berartinya sebuah persahabatan dan berharganya kebersamaan, bahwa setap pertemuan pasti akan ada perpisahan.
Dengan demikian banyak amanat dan pesan moral yang terdapat dalam film ini, jangan dilihat dari sisi negatifnya lihatlah dari sisi positifnya. Film ini juga dapat menghibur penonton dan memberi banyak manfaat lain.


Daftar Pustaka
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Ada_Apa_dengan_Cinta%3F_2 diakses pada 04 Mei 2018
2. https://www.liputan6.com/showbiz/read/2492344/simak-ini-dia-sinopsis-ringkas-ada-apa-dengan-cinta-2 diakses pada 04 Mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar