Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 27 Mei 2018

Teks Ulasan Film dan Drama : "Di Bawah Lindungan Ka'bah"



BAHASA INDONESIA
TEKS ULASAN FILM/DRAMA

download (5).jpg

DISUSUN OLEH :

NAMA                        : SILVA HARDIYANI PUTRI
KELAS           : XI AKUNTANSI 2

GURU PEMBIMBING :
MAULANA HUSADA M,Pd




SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 23 JAKARTA
JL. PADEMANGAN TIMUR GANG III/19 JAKARTA UTARA

BELAJAR MENJADI SOSOK YANG TEGAR, SABAR DAN SETIA , SERTA SOSOK YANG TERUS BERUSAHA MEMPERDALAM PENGETAHUAN AGAMA DARI FILM

“ DI BAWAH LINDUNGAN KA’BAH”
Disusun Oleh : Silva Hardiyani P.


JUDUL FILM             : DI BAWAH LINDUNGAN KA’BAH
TAHUN RILIS           : 25 Agustus 2011
SUTRADARA           : Hanny R, Saputra
PEMAIN/PEMERAN :
1.    Herjunot Ali (Hamid)
2.    Laudya Cynthia Bella (Zainab)
3.    Niken Anjani (Rosna)
4.    Tarra Budiman (Saleh)
5.    Yenny Rachman ( Ibu Hamid)
6.    Widyawati (Nyonya Ja’far)
7.    Didi Petet (Haji Ja’far (Rustam)
8.    Ajun Perwira (Arifin)



ORIENTASI 
Di bawah lindungan Ka’bah adalah Film Drama Romantis Indonesia yang dirilis pada tahun 2011 dan disutradarai oleh Hanny R. Saputra yang dibintangi oleh Herjunot Ali dan Laudya Cynthia Bella. Film ini merupakan adaptasi dari Novel Karya Buya Hamka yang berjudul sama pada 1978 berlatar belakang perkampungan Minangkabau di Sumatera Barat tahun 1920 an , Film ini menceritakan tentang Kesetiaan dan pengorbanan Cinta seorang pemuda bernama Hamid yang lahir dari keluarga sederhana dan hanya dibesarkan oleh ibundanya.

TAFSIRAN ISI
Hamid dan Zainab berasal dari dua keluarga dengan tingkat sosial yang berbeda. Hamid berasal dari keluarga sederhana dan Zainab berasal dari keluarga mampu. Hamid mendapat dukungan dana sekolah dari Ayah Zainab dan ibu Hamid bekerja di rumah keluarga Zainab. Pertemuan demi pertemuan membuat mereka saling jatuh cinta. Namun, karena perbedaan ekonomi dan dibayangi utang budi, Ibu Hamid melarang anaknya untuk berharap memiliki Zainab.
Mereka Berbagi Impian yang sama, setiap manusia bebas untuk mencintai dan dicintai. Cobaan demi cobaan mereka hadapi seperti hamid yang diusir dari kampung karena dituduh telah melakukan perbuatan yang tidak pantas terhadap Zainab. Disamping itu, Zainab tetap menjaga kesetiaannya kepada Hamid. Zainab hanya ingin menikah dengan Hamid yaitu orang yang dicintainya seperti janjinya dulu. Setelah sekian lama menunggu, Zainab menerima kabar dari Hamid dan saat itu pula Zainab meninggal dunia. Disamping itu, Hamid pun meninggal dunia di hadapan Ka’bah.

EVALUASI
Film ini sangat baik, mendukung pendidikan agama dilingkungan masyarakat serta mengajarkan kita tentang kesabaran dan kesetiaan. Para pemainnya juga sangat baik dalam memerankan perannya, kesedihan dan kebahagiaan tergambar sempurna disetiap raut wajahnya. Tapi, Film ini mengecewakan para penonton yang menontonnya karena tidak bisa melihat Zainab dan Ali bersatu menjadi sebuah keluarga ( Sad Ending). Film ini sangat cocok untuk para remaja yang sedang jatuh cinta,selain gaya bahasanya yang mudah dimengerti dan disini juga diajarkan bahwa cinta tidak perlu berlebihan tidak perlu menjalin hubungan yang tidak dianjurkan. Justru film ini menceritakan cinta yang sesungguhnya yaitu cinta yang diperani oleh doa dan restu baik restu orangtua maupun restu Tuhan YME. selain cinta, Film ini juga mengajarkan pentingnya untuk mengetahui lebih dalam tentang agama. Film ini mengahbiskan biaya hingga  Rp. 25 Miliar. 

RANGKUMAN
Dapat disimpulkan bahwa Cinta yang sebenarnya adalah cinta yang tulus karena Allah SWT bukan karean nafsu. Cinta juga butuh pengorbanan dan kesetiaan, bukan hanya ucapan. Seperti yang dilakukan oleh Hamid dan Zainab, tetap setia menunggu kabar dari orang yang dicintanya. Dalam Film ini juga diajarkan untuk menjadi anak yang berbakti kepada orang tua walau pilihannya terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita. Melalui Film ini juga kita belajar menjadi sosok yang haus akan ilmu terutama ilmu agama. Gaya bahasa dalam film ini juga bagus dan mudah dimengerti.

Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Di_Bawah_Lindungan_Ka%27bah_%28film_2011%29.

Diakses Pada 5  Mei 2018



Tidak ada komentar:

Posting Komentar