Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 22 Mei 2018

Teks Ulasan Film "5 Cm" Puji Lestari Ananda Putri XI AP 1


“Petualangan Lima Orang Sahabat”
Disusun Oleh :
Puji Lestari Ananda Putri


Judul Film            : 5 CM
Tahun Rilis                   : 12 Desember 2012
Sutradara            : Rizal Mantovani
Pemain                : 1. Herjunot Ali sebagai Zafran
                             2. Fedi Nuril sebagai Genta
                             3. Denny Sumargo sebagai Arial
                             4. Igor Saykoji sebagai Ian
                             5. Raline Shah sebagai Riani



Orientasi
Film ini berjudul “5 CM” yang bergenre petualangan, diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Silva Rani dan terinspirasi dari kisah nyata sang penulis lalu di produksi oleh Soraya Intercine Films. Menceritakan tentang Lima  remaja yang telah menjalin persahabatan yang cukup lama hingga pada suatu hari mereka berlima merasa jenuh dengan hubungan pertemanan ini, dan akhirnya mereka memutuskan berpisah untuk sementara dan berjanji tidak saling berhubungan dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya selama 3 bulan. Namun setelah 3 bulan berpisah, banyak kerinduan yang mereka rasakan. Dalam perpisahan singkat itu, mereka menemukan suatu hal yang merubah mereka untuk menjalani hidup lebih baik.
Akhirnya mereka putuskan kembali untuk bertemu dan merayakan kembali pertemuan mereka dengan mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru. Perjalanan mereka ke puncak Semeru untuk mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tersebut tepat pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan yang membuat kelima pemuda ini semakin mencintai Indonesia. Banyak aral melintang dalam perjalanan mereka menuju puncak. Film ini berdurasi 125 menit. Pemeran utama di film ini adalah Herjunot Ali, Fedi Nuril, Denny Sumargo, Raline Shah, Igor Saykoji.
           
Tafsiran Isi
Konflik pada film ini adalah pertentangan untuk tetap berada dalam dunia yang telah dijalani selama ini atau memilih untuk melihat dunia luar/ dunia di luar komunitas dengan empat sahabatnya, keluar dari zona nyaman, pertentangan untuk mengutarakan isi hati atau memilih untuk memendam saja perasaan cintanya pada seorang wanita, pertentangan antara perasaan putus asa dengan keinginan untuk segera menyelesaikan kuliah, pertentangan untuk mengakui semua perasaannya terhadap tokoh Zafran dengan kodratnya sebagai seorang wanita, pertentangan untuk mengungkapkan perasaan cinta terhadap seorang wanita atau memilih terus memendam perasaan tersebut.
Pesan moral dari film ini adalah rasa bertanggung jawab terhadap orang lain, mengajak manusia agar percaya kepada Tuhan, meminta restu kepada orang tua. Penyelesaian dari masalah ini adalah harus berani mengungkapkan perasaan cinta kepada wanita yang dicintainya, harus bisa memilih atau menentukan antara sahabat atau cinta, jangan pernah putus asa dengan apa yang sudah kita lakukan, harus tegas dalam mengakui perasaannya terhadap lelaki, harus bisa memilih antara mengungkapkan perasaannya terhadap wanita yang dicintainya atau tetep memendam perasaan tersebut

Evaluasi
Kelebihan film ini sangat bagus dari segi cerita, adegan dan pemilihan lokasi. Dengan judul yang simple, namun sangat mengesankan dan memberi banyak pesan moral.
Kekurangan film ini banyak adegan yang di potong pada saat melakukan pendakian  di   jalur yang sulit. Hanya view yang bagus saja yang diambil.

Rangkuman
Film ini layak ditonton, di produksi oleh Soraya Intercine Films di bioskop 12 Desember 2012. Jika ingin menyaksikan antara cinta dan persahabatan yang dimana karena cinta persahabatan dilupakan dan dengan berdamai dengan masa lalu masalah akan selesai maka tontonlah film ini. Film ini mampu menyadarkan kita tentang berartinya sebuah persahabatan dan berharganya kebersamaan, bahwa setap pertemuan pasti akan ada perpisahan.
Dengan demikian banyak amanat dan pesan moral yang terdapat dalam film ini, jangan dilihat dari sisi negatifnya lihatlah dari sisi positifnya. Film ini juga dapat menghibur penonton dan memberi banyak manfaat lain.



Daftar Pustaka
2.    https://bukubiruku.com/sinopsis-novel-5-cm/ diakses pada 04 Mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar