Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 01 Mei 2018

Teks Eksplanasi Kompleks Fenomena Alam "Pengasaman Laut"

Disusun Oleh 
Rindhy Pradyna Pramita - XI Akuntansi 2




:    Laut mempunyai arti penting dalam siklus karbon, karena siklus karbon sebagian besar terjadi di laut. Menurut ahli biologi, hanya 10% siklus karbon yang terjadi di darat, sedangkan sisanya terjadi di laut, hal ini dapat menyebabkan laut menjadi asam. Pengasaman laut atau Ocean acidification adalah istilah yang diberikan untuk proses turunnya kadar pH air laut yang kini tengah terjadi akibat penyerapan karbon dioksida di atmosfer yang dihasilkan dari kegiatan manusia (seperti penggunaan bahan bakar fosil). Air laut bersifat sedikit basa dengan derajat kasaman (pH) sekitar 8,2 di dekat permukaan air laut. sejauh ini sejumlah emisi CO2 yang terlarut dalam lautan menurunkan pH air laut sekitar 0,1 (berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Research Council).

    Karbon dioksida masuk dari atmosfer ke lautan melalui bubble (media penghubung pertukaran gas antara laut dan atmosfer). Bubble ialah gelembung- gelembung air yang terbentuk akibat deburan ombak. Banyak sedikitnya bubble dipengaruhi oleh kecepatan angin. Ketika CO2 terlarut, senyawa ini akan bereaksi dengan air membentuk suatu kesetimbangan satu sama lainnya dengan jenis ionik dan non-ionik yaitu karbon dioksida yang terlarut bebas (CO2 (aq)), asam karbonat (H2CO3), bikarbonat (HCO3-), dan karbonat (CO32). Namun saat CO2  berlebihan memasuki lautan maka akan menghasilkan banyak ion bikarbonat sehingga terjadi kesetimbangan pada ion bikarbonat. Proses ini menghabiskan ion karbonat yang tersedia bagi kehidupan laut.

    Air laut menjadi kekurangan persediaan karbonat akibat pembentukan ion bikarbonat, padahal ion bikarbonat merupakan zat yang digunakan oleh puluhan ribu spesies hewan laut untuk membentuk cangkang dan tulang (kerangka) serta karang. Jika keasaman laut cukup tinggi, air laut menjadi korosif dan melarutkan cangkang, melemahkan pertumbuhan hewan laut dan terumbu karang beserta jutaan spesies yang bergantung padanya.

     Apabila pengasaman laut ini terus terjadi, tidak diragukan lagi karang dan spesies hewan laut tidak akan bertahan lama sampai beberapa dekade kedepan. Serta akan mengakibatkan dampak negatif tehadap ekosistem dan organisme laut lainnya. Perlu dilakukannya konservasi terhadap terumbu karang yang telah mengalami kerusakan atau kematian. Hal yang terpenting dalam mengatasi problem pengasaman laut yaitu dengan pemangkasan atau meminimalisasi karbon dioksida, hal ini merupakan satu- Karbon dioksida (CO2) merupakan sumber utama yang mengakibatkan laut kian asam. Oksidasi asam yang satu ini dapat berasal dari berbagai aktivitas, diantaranya hasil buangan industri, peternakan, kendaraan, pembukaan lahan bahkan manusia juga menyuplai COmelalui proses pernafasan, hal ini mengakibatkan adanya sumber COtambahan ke dalam atmosfer bumi. Satunya cara ampuh yang dapat dilakukan untuk memperlambat dan mengurangi pengasaman laut.

DAFTAR PUSTAKA
  1.     http://oseanografi.blogspot.co.id/2006/08/pengasaman-laut.html
  2.   http://zafiraafriza.blogspot.co.id/2013/06/pemanasan-global-dampak-pengasaman-laut.html
Diakses pada 26 April 2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar