Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 13 Mei 2018

Fenomena Alam Pemanasan Global - Muhammad Saputra XI PM1



Teks Eksplanasi Kompleks
“Pemanasan Global”




        
Struktur Teks Eksplanasi
Orientasi
Pengertian pemanasan global (global warming) adalah peristiwa peningkatan suhu rata rata di atmosfer, laut dan daratan bumi. Dalam 100 tahun terakhir ini suhu bumi akibat pemanasan global sudah meningkat sekitar 0,74. Pemanasan global (Global Warming) adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 0.74°C  selama seratus tahun terakhir. 

Sebab - Akibat
Penyebab pemanasan global yaitu Emisi bahan bakar fosil dari mesin mesin seperti CO2, CO, dan gas gas lain termasuk timbal dapat menyebabkan terjadinya efek rumah kaca di lingkungan, sehingga suhu sekitar akan naik dan selanjutnya akan mempengaruhi suhu global (terjadinya pemanasan global). Dan hutan khususnya di hutan tropis merupakan kunci utama dalam menangani pemanasan global dan efek rumah kaca yang terjadi. Akan tetapi, semakin bertambahnya manusia, kebutuhan sandang pangan dan tempat tinggal semakin meningkat. Manusia menggeser hutan untuk tempat tinggalnya. Ini seperti terjadi pneumonia kepada dunia. Bernapas jadi sulit untuk bumi. Akibatdari pemanasan global adalah mencairnya es di kutub terjadi hingga ke kutub selatan dan utara. Es yang mencair bukan main, bayangkan luasnya kota Surabaya, pada tahun 2008 kemarin saja, bongkahan es yang 1,5 x lebih luas dari kota Surabaya di Antartika runtuh. Dan gelombang panas yang makin meningkat merupakan musuh bagi para petani dan negara berkembang khususnya di wilayah Afrika. Gelombang panas ini dapat membunuh tanaman, hewan ternak dan bahkan manusia akibat kekeringan dan kelaparan.
Adapun cara penanggulangan pemanasan global seperti  mulailah lebih hemat dalam menggunakan bahan bakar fosil, hentikan pembakaran sampah plastik apalagi sampah organik yang harusnya ditimbun, rajin rajinlah menanam pohon, dan negara harus memperbanyak Rumah Susun untuk mengurangi penggunaan lahan hijau untuk pemukiman.




Daftar Pustaka Diakses Pada Tanggal 30 April 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar