Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 01 Mei 2018

Fenomena Alam Gunung Meletus - Diva Octaviani XI-AP2

Disusun oleh Diva Octaviani



1.    Pernyataan Umum

Gunung meletus adalah permukaan yang menonjol di atas permukaan bumi yang menyeburkan isi perut bumi ke luar permukaan. Pada bagian tonjolan gunung tersebut terdapat saluran lurus berbentuk garis vertikal semacam pipa alami. Pipa ini menjadi penghubung antara perut bumi dengan kerak bumi atau permukaan bumi. Perut bumi berisi banyak jenis cairan panas, seperti batuan cair dan juga magma. Suatu waktu magma dan material-material yang berada di dalam perut bumi akan mengalami permasalahan maka isi dari perut bumi tersebut akan keluar yaitu berupa cairan magma dan awan panas magma di dalamnya. Hal itu bisa disebabkan oleh getaran bumi yang disebut dengan gempa tektonik, magma yang ada di dalam perut bumi akan keluar secara berkala ke permukaan bumi. Magma tersebut keluar melalui pipa alami yang sangat tinggi yang berada di dalam perut bumi.

2.    Urutan Sebab Akibat

Gunung meletus, terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Dari letusan-letusan seperti inilah gunung berapi terbentuk. Letusannya yang membawa abu dan batu menyembur dengan keras sejauh radius 18 km atau lebih, sedang lavanya bisa membanjiri daerah sejauh radius 90 km.

Letusan gunung berapi bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar sampai ribuan kilometer jauhnya dan bahkan bisa mempengaruhi putaran iklim di bumi ini.


     

Daftar Pustaka diakses pada tanggal 26 April 2018


https://keepsoh.com/pengertian-gunung-meletus/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar