Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 21 Mei 2018

TEKS EKSPLANASI "PENGANGGURAN"



Disusun Oleh : Oktavia





Pernyataan Umum
Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalamperekonomian, karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatanmasyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.

Sebab

Sebab-sebab terjadinya pengangguran terutama disebabkan oleh Angkatan kerja yang terus meningkat jumlahnya dan pertumbuhan kesempatan kerja tidak seimbang dengan pertumbuhan angkatan kerja, Angkatan kerja yang sedang mencari kerja tidak dapat memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta oleh dunia kerja dan minimnya media/penyalur yang mempertemukan angkatan kerja dengan kesempatan kerja.

Dilihat dari sebab-sebab terjadinya pengangguran, dapat dibedakan ada enam jenis pengangguran, yaitu:Pengangguran friksional, yakni pengangguran yang terjadi karena kesulitan temporer,Pengangguran struktural, terjadi karena perubahan dalam struktur perekonomian, Pengangguran musiman, terjadi karena penggantian musim, Pengangguran voluntary atau voluntary unemployment, yakni pengangguran karena adanya orang yang sebenarnya masih dapat bekerja, tetapi dengan sukarela tidak bekerja, Pengangguran deflasioner atau deflasioner unemployment, yakni pengangguran yang diakibatkan karena pencari kerja yang ingin memperoleh pekerjaan lebih banyak dari lowongan pekerjaan yang ada, Pengangguran teknologi, yakni pengangguran yang disebabkan kemajuan teknologi.

Apabila pengangguran dibiarkan tentunya akan berdampak negatif terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Bila tingkat pengangguran tinggi akan menyebabkan tingkaty kemakmuran rendah, bahkan dapat membahayakan stabilitas negara. Beberapa akibat pengangguran di antaranya:terjadinya bahaya kelaparan,tingkat pertumbuhan ekonomi rendah,pendapatan perkapita masyarakat rendah,angka kriminalitas tinggi.

Untuk itu perlu diupayakan cara mengatasi pengangguran, antara lain sebagai berikut:Meningkatkan mutu pendidikan, Meningkatkan latihan kerja untuk memenuhi kebutuhan keterampilan sesuai tuntutan industri modern,Meningkatkan dan mendorong kewiraswastaan, Mendorong terbukanya kesempatan usaha-usaha informal, Meningkatkan pembangunan dengan sistem padat karya, Membuka kesempatan kerja ke luar negeri.Mengadakan Pusdiklat, Memberi bekal hardskill dan softskill yang seimbang agar siap terjun di masyarakat

Akibat
Akibat pengangguran,Bagi perekonomian negara yaitu, Penurunan pendapatan perkapita, Penurunan pendapatan pemerintah yang berasal dari sektor pajak, Meningkatnya biaya sosial yang harus dikeluarkan oleh pemerintah, Dapat menambah hutang negara.
Bagi masyarakat yaitu, Pengangguran merupakan beban psikologis dan psikis,Pengangguran dapat menghilangkanketerampilan, karena tidak digunakan apabila tidak bekerja,Pengangguran akan menimbulkan ketidakstabilan sosial dan politik.







DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar