Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 27 Mei 2018

Perang Mental Bos dan Anak Buah dalam film “My Stupid Boss”


Perang Mental Bos dan Anak Buah dalam film “My Stupid Boss”

Disusun Oleh : Halimatun Nisa

Judul Film     : My Stupid Boss
Tahun Rilis   : 2016
Sutradara      : Upi Avianto
Pemain          :  Bunga Citra Lestari sebagai Diana, Reza Rahardian sebagai                                  Bossman, Alex Abbad sebagai Dika (suami diana).
Orientasi
            My Stupid Boss merupakan sebuah film komedi Indonesia  yang dirilis pada 19 Mei 2016 dan disutradarai sekaligus ditulis oleh Upi Avianto. Film ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Chaos@work. Film My Stupid Boss merupakan film produksi falcon pictures , film yang di angkat dari cerita novel ini dapat menyita perhatian penonton. Film berdurasi 108 menit ini menceritakan tentang hubungan kerja antara boss yang menyebalkan dan menguras emosi dengan karyawannya.
Tafsiran isi
            Bossman ( Reza Hardian ) berasal dari Indonesia yang mempunyai sebuah perusahaan di Kuala lumpur , Malaysia. Perusahaan tersebut tidak mempunyai aturan yang benar. Akibatnya sering kali terjadi kekacauan satu dengan yang lainnya antara karyawan dan Bossman. Kekacauan tersebut tidak lain berasal dari Bossman sendiri.
            Suatu hari Diana ( Bunga Citra Lestari ) melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut. Diana mengetahui tersebut yang kebetulan boss tersebut merupakan teman Dika (suami Diana ) saat kuliah di Amerika. Boss tersebut menyebut dirinya sebagai Bossman , ia juga memanggil Diana dengan sebutan KERANI. Setelah melakukan interview dengan cara yang bisa dibilang “ tidak wajar “ akhirnya Diana pun di terima berkerja di perusahaan tersebut di bagian administrasi. Diana berfikir bahwa sangat mudah untuk ia dapat berkerja di sana karena ia dengan Bossman sama-sama orang indonesia.
            Tetapi apa yang dipikiran Diana salah besar. ternyata Bossman memiliki sifat yang sangat jauh berbeda dengan apa yang ia pikirkan. Bossman memiliki sifat yang aneh, pelit, menjengkelkan, selalu merasa benar dan membuat aturan sendiri yang sering dilanggarnya sendiri. Mau tidak mau Diana pun harus banyak-banyak bersabar dalam menjalankan pekerjaannya selama ia masih berkerja di perusahaan bos nya yang sangat aneh tersebut.
            Akhirnya kesabaran Diana pun akhirnya tidak dapat ditahan lagi, akhirnya Diana pun berencana untuk keluar dari perusahaan tersebut tetapi karena sudah terikat kontrak kerja, Diana harus terpaksa harus menguatkan dirinya untuk berkerja bersama Bossman kalau tidak ia harus membayar ganti rugi sesuai masa kontraknya. Jalan satu-satunya yaitu membuat Bossman kesal dan berfikir untuk memecatnya. Perang mental antara Bossman dan Diana pun akirnya terjadi. Setelah perang mental itu pun terjadi akhirnya Diana pun menyerah dan ia tidak perduli lagi dengan resiko apapun yang akan dia tanggung kalau ia keluar dari perusahaan tersebut.
            Selama seminggu Diana akhirnya tidak masuk kantor , Bossman pun mendatangi ia ke rumahnya, untuk membujuk Diana agar berkerja lagi. Tetapi bujukan Bossman tersebut tidak berhasil justru itu membuat Diana semakin kesal dengannya. Akhirnya Diana pun kembali ke perusahaan tersebut lagi tetapi bukan untuk berkerja tetapi untuk mengundurkan diri. Tetapi niat Diana tersebut harus ia tahan sebentar karena begitu ia kembali ke kantor ia di ajak pergi ke suatu tempat di kota Malaysia oleh Bossman. Ternyata ia di bawa ke suatu panti asuhan yang akan di renovasi oleh Bossman. Diana pun sadar bahwa dibalik sifat Bossman yang menjengkelkan ternyata ia memiliki sifat yang sangat mulia. Setelah kejadian tersebut akhrinya Diana mengurungkan niatnya untuk mengeluarkan diri dari perusahaan tersebut dan ia berharap agar Bossman bisa memperbaiki sifatnya.
Evaluasi
            Film My Stupid Boss ini juga memperoleh pendapatan 2.334.756 juta penonton. Film ini juga memecahkan rekor sebagai film terlaris kedua dalam waktu 2 minggu saja. Proses syuting film ini di lakukan di negeri Kuala lumpur , Malaysia. Para pemain memiliki karakter yang kuat seperti Bossman yang berperut buncit dan sedikit botak dan para karyawannya yang konyol, berbeda-beda suku dan budaya. Penonton yang melihat film ini pasti akan merasa sebal dan marah karena sifat Bossman yang sangat menyebalkan, tapi terkadang membuat tertawa karena tingkah konyol Diana, Bossman, dan para karyawannya. Itu semua terjadi karena pendalaman karakter para pemain yang secara total. Kalaupun masih terganjal pada lemahnya lawakan yang mungkin tidak selalu bisa kena ke semua selera. Paling terasa adalah sebuah belokan dari karakter Bossman di bagian akhir film yang terasa tiba tiba karena belum sempat dibangun dalam adegan adegan sebelumnya, seakan kisah ini dipaksakan ada supaya filmnya segera dituntaskan. Film ini juga berisikan pesan moral untuk para penonton yaitu untuk peduli dan jujur pada sesama di kehidupan.
Rangkuman
Film ini sangat layak untuk ditonton karena dapat menginspirasi banyak orang. Didalamnya banyak mengandung makna yang sangat dalam Pesan moral dalam film ini yaitu jangan melihat seseorang dari kepribadian orangnya tetapi ingatlah ada kebaikan di dalam kepribadian seseorang yang kita tidak tahu.

DAFTAR PUSTAKA
diakses pada : 05 Mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar