Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 24 Mei 2018

Teks Ulasan Film/Drama : "PURE LOVE (UNFORGETTABLE)"


“Pure Love : Ketulusan Yang Tak Pernah Pudar”
Disusun Oleh :
Rindhy Pradyna Pramita – XI Akuntansi 2




Judul                    :  Pure Love (Unforgettable)
Tahun Rilis          :  2016
Sutradara             :  Lee Eun He
Pemain                :  1. Do Kyung-Soo  sebagai    Beom-Sil
                               2. Kim So-Hyun    sebagai    Jeong Soo-Ok
                               3. Yeon Jun-Sook  sebagai    Sn-Dol
                               4. David-Lee         sebagai    Gae-Dok
                               5. Joo Da-Young   sebagai    Gil-Ja



ORIENTASI
      Film yang berjudul "Pure Love (Unforgettable)" ini bergenre komedi dan mellodrama,  Film yang di produksi oleh Little Big Picture mengingatkan akan indahnya masa-masa remaja, dimana kita pertama kali merasakan indahnya jatuh cinta. Selain itu, masa remaja juga merupakan masa dimana kita benar-benar bisa merasakan eratnya persahabatan, yang disetiap waktunya begitu berharga.     
     
      Film ini menceritakan tentang persahabatan lima remaja desa di suatu pulau terpencil di Korea. Cerita dimulai pada tahun 2014, ketika  Beom Sil dewasa seorang penyiar radio mendapatkan surat dari cinta pertamanya, Jeong Soo-Ok, yang membawa kenangan pada 23 tahun silam. Di tahun itu Soo-Ok bercita-cita ingin menjadi penyiar di sebuah stasiun radio, tetapi hal ini tidak dapat terwujud karena penyakit yang dideritanya. Namun, Beom-Sil yang juga dibantu ketiga sahabatnya bertekad untuk mewujudkan keinginan Soo-Ok. Beratnya beban hidup yang harus dipikul Soo-Ok menyebabkan tumbuhnya rasa ingin menyerah, tetapi dengan adanya sahabat yang setia dalam suka maupun duka membuat semuanya yang tidak mungkin menjadi mungkin.
     
    Film dengan durasi 1 jam 53 menit ini melibatkan beberapa aktor dan aktris populer Korea diantaranya yaitu Beom-Sil yang diperankan oleh member boyband terkenal Korea yaitu Do Kyung-Soo dan aktris muda berbakat yaitu Kim Soo-Hyun yang memerankan tokoh Jeong Soo-Ok. Mereka berdua inilah yang menjadi pemeran utama di Film Pure Love.

TAFSIRAN ISI
     Dimulai dari Park Yong-Woo (Beom-Sil dewasa) yang sedang menyiarkan live music radio, mendapat kiriman surat dari 23 tahun yang lalu. Dimana Soo-Ok yang merupakan gadis desa yang menyandang cacat fisik yang membuat dirinya sulit untuk berjalan. Soo-Ok sangat menginginkan agar dapat berjalan seperti orang normal dan belajar menempuh pendidikan yang tinggi seperti sahabat-sahabatnya, untuk mewujudkan cita-citanya.
     
       Pesan moral dalam film ini sangat kental sekali dapat dilihat dari nilai persahabatan yang begitu eratnya. Bahwa semakin sejati persahabatan itu, maka ia tidak akan bisa hancur hanya karena satu-dua pertengkaran. Meskipun berbeda, tapi jika kita masih memiliki orang-orang yang menyayangi dan mensupport kita, maka hal itu sudah cukup. Tidak perlu memaksakan diri untuk bisa menjadi orang lain, cukup menjadi diri kita sendiri.
       
   Tekad bulat yang dibuat Beom-Sil dan ketiga sahabatnya ini, dalam membantu mewujudkan impian Soo-Ok sangatlah tulus. Namun Soo-Ok merasa bahwa dirinya selalu merepotkan sahabat-sahabatnya dan orang lain. Kemudian Ia meminta bantuan kepada seorang dokter kota yang sedang dinas ke desanya, tetapi dokter ini telah berbohong dengan memberi harapan palsu kepadanya yang akhirnya Soo-Ok kecewa dan membuat kepedihan yang mendalam yang dialami oleh keluarga dan sahabatnya. Kejadian dimasa lalu ini selalu diingat oleh Beom-Sil dan ketiga sahabat lainnya hingga dewasa.
       
       Film Pure Love sendiri menyimbolkan arti dari persahabatan yang sejati walaupun sudah tak muda lagi tetapi kenangan akan masa lalu masih melekat dalam diri. Selalu membantu dalam keadaan suka maupun duka tanpa mengharapkan imbalan, serta tidak dapat mudah terpecah belah hanya karena suatu masalah sepele.
      
    Tidak ada salahnya untuk menonton film ini bersama dengan orang-orang terdekat. Karena film ini tidak semata mata hanya membahas persoalan cinta saja, namun film ini juga mengisahkan cerita persahabatan yang juga cocok dijadikan sarana untuk bernostalgia ke masa 1990-an bersama rekan-rekan sebaya maupun keluarga.

EVALUASI
     Film ini menyajikan dua latar yang sangat berbeda. Dimana pada awal film berlatar pada kehidupan kota pada saat ini di Korea Selatan. Namun ketika memasuki inti film, dimana ketika sang DJ radio mengingat saat remajanya, kita akan disuguhkan dengan damainya kehidupan di pesisir Korea Selatan pada tahun 90-an. Dengan adanya dua latar berbeda dari film ini, kita dapat melihat bagaimana kehidupan warga di pesisir Korea Selatan 23 tahun yang lalu. Kita dapat melihat bagaimana perjuangan anak daerah pesisir yang harus menyebrangi lautan untuk pulang dari sekolah sewaktu mereka libur. Sehingga yang melihatnya juga akan ikut bernostalgia akan kehidupan sebelum tahun millennium tiba. Karena film ini bergenre komedi romance, jadi lumayan banyak adegan lelucon yang membuat kita tertawa.
        
     Makna persahabatan dan ketulusan cinta seorang remaja dalam film berhasil menguras emosi para penonton. Penyajiannya juga sangat baik, efek cahaya, penghayatan peran dan juga latar yang sangat mendukung. Film ini juga menyuguhkan lagu-lagu tahun 90-an yang menambahkan kesan nostalgia dalam film pure love. Namun ending yang sedih dalam film, membuat penonton kurang menyukainya, karena pada awalnya tokoh remaja dalam film ini sangat bahagia seperti tanpa adanya beban dalam hidup. Sehingga penonton sangat menginginkan akhir yang bahagia pula.

RANGKUMAN
         Dari paparan tadi menunjukkan bahwa film ini sangat layak ditonton, karena film “Pure Love” ini mengisahkan tentang persahabatan yang kental dan cinta yang tulus, serta mau membantu dalam keadaan suka dan duka. Dengan demikian kita dapat mengambil pelajaran yang sangat berharga dimana kita harus bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini.





Daftar Pustaka
  Diakses pada 05 Mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar