Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 22 Mei 2018

Teks Ulasan Film "Perahu Kertas" - Julian Safitri XI-AP2


“Takkan Ada Yang Bisa Menghalangi Citaku dan Cintaku”
Disusun oleh:

Julian Safitri


Judul Film     : Perahu Kertas
Tahun Rilis   : 16 Agustus 2012
Sutradara     : Hanung Bramantyo
Pemain         : 1. Maudy Ayunda sebagai Kugy
                         2. Adipati Dolken sebagai Keenan
                  3. Reza Rahadian Sebagai Remi
                  4. Elyzia Mulachela Sebagai Luhde
                  5. Kimberly Ryder Sebagai Wanda
                  6. Sylvia Fully R Sebagai Noni
                  7. Fauzan Smith Sebagai Eko
                  8. Tio Pakusadewo - Pak Wayan
                  9. Ben Kasyafani - Karel
                 10. Rizky Julio - Adik Keenan
                 11. Dion Wiyoko - Ojos (Joshua)
                 12. Ira Wibowo - Ibu Keenan
                 13. August Melaz - Ayah Keenan
                 14. Titi DJ - Ibu Kugy
                 15. Avesina Soebli - Ayah Keenan
a. Orientasi
Film perahu kertas adalah film yang bergenre tentang perjuangan. Film “Perahu Kertas” merupakan adaptasi dari novel best seller karya Dewi “Dee” Lestari. Isi dari cerita perahu kertas ini merupakan drama fiksi. Film perahu kertas ini bekerjasama dengan rumah produksi Bentang Pictures, Starvision Plus, dan Dapur Film Indonesia.
Film perahu kertas ini berkisah tentang pasang surut hubungan dua anak manusia, yaitu Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken), serta keterbukaan perasaan, tapi terhalang oleh perasaan lain. Film ini berdurasi selama 112 menit. Film perahu kertas dibintangi oleh artis papan atas seperti Maudy Ayunda sebagai Kugy, Adipati Dolken sebagai Keenan, Reza Rahadian sebagai Remi, Elyzia Mulachela sebagai Luhde, Kimberly Ryder sebagai Wanda, Sylvia Fully R sebagai Noni, Fauzan Smith sebagai Eko, Tio Pakusadewo sebagai Pak Waya, Ben Kasyafani sebagai Karel, Rizky Julio sebagai Adik Keenan, Dion Wiyoko sebagai Ojos (Joshua), Ira Wibowo sebagai Ibu Keenan, August Melaz sebagai Ayah Keenan, Titi DJ sebagai Ibu Kugy, Avesina Soebli sebagai Ayah Keenan, Pierre Gruno sebagai Ayah Wanda, Dewi "Dee" Lestari sebagai, Teman Ayah Wanda, Marsha Natika sebagai Amie, Hayria Faturrahman sebagai Kakak Kedua Kugy, Sharena Rizki sebagai Seketaris Remi.

b. Tafsiran isi 1
Perahu Kertas mengisahkan pasang surut hubungan dua anak manusia, yaitu Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken). Kugy adalah seorang gadis tomboy, periang, dan yang percaya bahwa dirinya adalah agen Dewa Neptunus. Kugy selalu memiliki "ritual" unik, yaitu menulis setiap curahan hatinya ke selembar kertas, yang lalu dibuatnya menjadi perahu untuk kemudian dihanyutkan ke air. Meskipun sekilas dia gadis periang yang slenge'an, namun dia memiliki pandangan hidup yang cenderung filosofis.
Keenan, pelukis muda berbakat, dipaksa untuk kuliah di Fakultas Ekonomi oleh ayahnya. Bersama dengan sahabat Kugy sejak kecil, Noni (Sylvia Fully R), serta pacar Noni, yakni Eko (Fauzan Smith), yang juga adalah sepupu Keenan, mereka berempat menjadi geng kompak. Dari yang semula saling mengagumi, Kugy dan Keenan diam-diam saling jatuh cinta. Tapi berbagai hal menghalangi mereka. Tak hanya itu, persahabatan Kugy dan Noni pecah ketika Kugy, demi menjaga hatinya, tak datang pada pesta ulang tahun Noni yang diadakan di rumah Wanda.
Keenan akhirnya pergi ke rumah Pak Wayan (Tio Pakusadewo), seorang pelukis teman lama Lena, sekaligus mentor Keenan melukis. Dalam suasana hati yang gundah, kreativitas melukis Keenan buntu. Luhde (Elyzia Mulachela), keponakan Pak Wayan, berhasil mengembalikan semangat Keenan. Seorang kolektor langganan galeri Wayan bernama Remi (Reza Rahadian) menjadi pembeli pertama. Ingin cepat meninggalkan Bandung dan lingkungan lamanya, Kugy berjuang untuk lulus cepat.
Begitu lulus sidang, kakak Kugy yang bernama Karel (Ben Kasyafani) membantu agar Kugy magang di biro iklan bernama AdVocaDo milik temannya, yaitu Remi. Prestasi kerja Kugy cemerlang, dan menarik perhatian Remi.

Tafsiran isi 2
Film Perahu Kertas memberikan sisipan pesan mengenai arti sebuah kehidupan, tingginya suatu keikhlasan, pantang menyerah seseorang, kerja keras, saling menghargai sesama teman, sahabat atau orang lain, dan selalu berbakti kepada kedua orang tua. Film ini juga memberikan pelajaran kepada kita bahwa setiap manusia memiliki takdir hidupnya masing-masing dan usaha kerja keraslah yang mengantarkan  takdir itu ke tangan kita. Alur ceritanya dikemas secara apik dan tidak bertele-tele sehingga tak heran kalau film perahu kertas menjadi film remaja terpopuler.

Tafsiran isi 3
Tahun 2004, ibu Keenan ke Bali untuk memberitahukan keadaan ayah Keenan yang sedang kritis. Keenan pun kembali ke Jakarta dan berkata pada Luhde akan segera kembali ke Bali jika ayahnya sudah sembuh. Sementara itu di Bandung, Noni dan Eko yang sedang berkemas menemukan kotak yang berisi buku dan surat. Ternyata isi surat tersebut adalah curahan hati perasaan Kugy terhadap Keenan dan alasan dibalik ketidakhadirannya di pesta ulang tahun Noni. Kemudian merekapun segera menyusul Keenan di Jakarta. Takdir berkata lain, saat Kugy dan Keenan akhirnya dipertemukan lagi secara tidak sengaja di pesta pernikahan Noni dan Eko. Mereka kembali dekat, namun sekali lagi ada penghalang yaitu Remi dan Luhde. Kisah yang menceritakan tentang kisah cinta remaja yang saling membutuhkan namun tak bisa bersama karena telah memilih orang lain. Pilihan yang diambil tersebut akhirnya harus dipertanggung jawabkan dan dijalankan dengan sepenuh hati.

Tafsiran isi 4
Kugy adalah seorang gadis tomboy, periang, dan yang percaya bahwa dirinya adalah agen Dewa Neptunus. Kugy selalu memiliki "ritual dan kebiasaan" yang unik, yaitu menulis setiap curahan isi hatinya ke selembar kertas origami, lalu selembaran kertas origami tersebut di bentuk menjadi lipatan perahu, lalu perahu kertas tersebut dihanyutkan ke air.

Tafsiran 5
Film perahu kertas ini adalah film remaja yang memberikan pesan moral yang sangat dalam bagi kehidupan. Oleh karena itu, film ini layak di tonton oleh semua kalangan baik itu remaja, orang tua, dan anak-anak.

c. Evaluasi
Kelebihan dan kekurangan film perahu kertas
Kelebihan :
Setiap karakter yang hadir di dalam cerita mampu digambarkan dengan cukup baik dan menjiwai tokoh yang di perankan, alur yang diambil dalam film ini adalah alur maju sehingga membuat penonton merasa tidak bingung dengan cerita yang diputar, memasukkan musik pendukung suasana yang pas dengan suasana yang sedang terjadi sehingga penonton terbawa suasana, banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini, penampilan pemerannya sangat menjiwai karakter yang diperankan, film ini sangat bagus dan menarik dimana dalam ceritanya mengangkat tema persahabatan.
Kekurangan :
Terdapat salah satu bagian konflik yang terkesan menarik sementara bagian lainnya terasa datar akibat konflik yang muncul dari sisi kehidupan pribadi masing-masing karakter terlalu banyak yang pada akhirnya justru memecah perhatian penonton, film ini terbagi menjadi dua season sehingga membuat penonton harus menunggu season  berikutnya, akhir ceritanya kurang jelas, masih menggantung sehingga menimbulkan rasa penasaran bagi para penontonnya.
d. Rangkuman
Film Perahu Kertas memberikan sisipan pesan mengenai arti sebuah kehidupan, tingginya suatu keikhlasan, pantang menyerah seseorang, kerja keras, saling menghargai sesama teman, sahabat atau orang lain, dan selalu berbakti kepada kedua orang tua. Film ini juga memberikan pelajaran kepada kita bahwa setiap manusia memiliki takdir hidupnya masing-masing dan usaha kerja keraslah yang mengantarkan  takdir itu ke tangan kita.
Oleh karena itu, film ini layak di tonton oleh semua kalangan baik itu remaja, orang tua, dan anak-anak.

  

Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Perahu_Kertas_(film)  di akses pada Kamis, 5 Mei 2018






Tidak ada komentar:

Posting Komentar