Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 30 April 2018

Teks Eksplanasi Kompleks Fenomena Alam "Salju"

Disusun oleh Fitria Ningsih (XI Akuntansi 2)



Pernyataan Umum :
Salju adalah air yang jatuh dari awan yang telah membeku menjadi padat dan seperti hujan. Salju memiliki tekstur lembut dengan gumpalan kristal es berwarna putih. Benda lembut berwarna putih ini sangat mudah dijumpai di berbagai negara yang memiliki empat musim. Namun, ada juga di daerah tropis yang bersalju, yakni di Pegunungan Jayawijaya dan Barisan Sudirman di Papua, Indonesia.

Urutan Sebab-akibat :
            Fenomena terbentuknya salju berawal dari uap air yang terkumpul menjadi satu di atmosfer bumi. Kumpulan uap air yang berkumpul tersebut mengalami proses kondensasi sehingga menjadikannya gumpalan awan. Ketika membentuk gumpalan awan, massa uap air jumlahnya jauh lebih kecil dibandingkan massa udara. Hal ini menyebabkan uap air yang berubah menjadi awan mengambang di udara. Pada saat uap air semakin bertambah dan menjadi satu dengan uap air sebelumnya yang telah berubah menjadi awan maka terjadilah penambahan massa jenisnya. Ketika penambahan uap air terus terjadi sampai pada akhirnya udara tidak bisa lagi menahannya, maka awan akan pecah dan selanjutnya partikel air pun akan jatuh ke bumi.

            Partikel air yang jatuh akibat penumpukan uap air di dalam awan tadi merupakan air yang belum terkontaminasi oleh partikel lain. Partikel air yang jatuh itu adalah air murni. Air murni tidak langsung membeku pada temperatur 0 derajat celcius, karena pada suhu tersebut terjadi perubahan bentuk dari cair ke padat. Untuk membuat air murni beku dibutuhkan temperatur lebih rendah daripada 0 derajat celcius.

            Ketika pertikel air murni jatuh dari awan dan terkontaminasi oleh partikel-partikel lainnya atau biasa disebut partikel nukleator yang berfungsi melakukan percepatan proses pembekuan partikel air murni dan juga sebagai perekat uap air. Maka Partikel murni yang telah tercampur atau terkontaminasi oleh partikel nukleator, selanjutnya akan tercampur lagi dengan partikel murni yang baru dan berpotensi membentuk kristal es yang lebih besar lagi. Melalui proses inilah partikel air murni yang semula adalah uap air berubah menjadi kristal es yang disebut dengan salju.
            Hujan salju akan terjadi jika temperatur suhu udara tidak sampai melelehkan kristal es. Jika temperatur suhu udara lebih tinggi, maka kristal es akan mencair dan akan berubah menjadi hujan air
            Meskipun bentuknya unik dan terlihat sangat indah, namun belum ada bukti yang menunjukkan bahwa salju membawa manfaat untuk manusia. Disamping itu salju juga kerapkali mengganggu aktivitas manusia seperti mengganggu akses jalan, cuaca dingin ektrem yang mengikutinya, membuat jalanan licin dan masih banyak lagi.


Daftar Pustaka
Diakses pada 25 April 2018

2 komentar: