Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 17 Maret 2020

TEKAD MENJADI PECINTA ALAM


Disusun Oleh : Kresentia Dita


Judul Buku               : Sweet Edelweiss
Pengarang               : Nita Trismaya
Penerbit                   : Crafty Publishing
Tahun terbit              : September 2010
Editor                       : Jenny Jusuf
Desain sampul         : Christiany Tjipto (Kama Art)
Ilustrasi                    : Nuraini Farida
Tebal                        : 329 halaman
Kategori                   : Romance
ISBN                        : 978-979-19409-1-7

Sweet Edelweiss adalah salah satu novel romance. Buku Novel karangan Nita Trismaya ini menceritakan konflik yang terjadi antara Arin, Keenan dan Anna. Mengisahkan tentang keinginan seorang perempuan remaja yang duduk di bangku SMA untuk mendaki gunung. Dia ingin membuktikan pada mantan nya bahwa dia pun sanggup menjadi pendaki gunung dan berharap suatu hari nanti sang mantan akan kembali padanya. Perempuan itu bernama Sabrina, dipanggil Arin, mempunyai kakak perempuan yang masih berkuliah bernama Anastasia, biasa dipanggil Anna. Anna dan Arin berbeda dua tahun. Arin tipe anak yang periang, lincah dan ekspresif. Anna tipe yang cantik, anggun dan introvert, yang jadi primadona kampus. Keenan salah satu anak pecinta alam yang hobi mendaki gunung. Salah satu mimpinya adalah bisa mendaki puncak tujuh gunung tertinggi di dunia.
Kisah yang diawali dari putusnya Davin dan Arin. Davin seorang anak pecinta alam dan sangat suka mendaki gunung beberapa hari ini bersikap berbeda dengan Arin. Ia mengabaikan Arin tanpa alasan. Saat Arin menunggunya di kafe, Davin datang terlambat dan sama sekali tidak meminta maaf. Saat Arin menyatakan bahwa kelakuan Davin berubah, sesaat itu juga Davin mengucapkan kata putus. Davin dengan santainya  mengungkapkan bahwa benar ia sudah berpacaran dengan perempuan yang hobinya sama dengannya. Bahkan sama sekali ia tidak memikirkan perasaan Arin saat mengatakan itu. Arin dengan perasaan yang kecewa, marah dan geram lalu menyemburkan air ke wajah Davin.
Di lain hari Arin selalu saja memikirkan hal-hal yang dilakukan Davin dan pacar barunya. Anna, kakak Arin menyadari kelakuan adiknya dan berusaha menghibur Arin tanpa memperlihatkan bahwa ia tahu segala masalah adiknya. Anna mempunyai ide untuk menghadiahkan seekor anak kelinci pada Arin agar ia lebih merasa terhibur. Anna sendiri melakukan itu karena sebuah modus untuk mendekati Keenan yang memiliki kelinci tersebut.
Setelah kejadian itu, Anna mengundang Keenan untuk datang ke rumahnya. Saat datang ke rumah Anna, ia mendapati Arin tengah bermain dengan kelinci barunya. Ia memandangi Arin dengan segala kepolosan dan kejujurannya dan membuat dirinya sedikit merasa nyaman. Walau di awal, Arin sudah menunjukkan sikap tidak sukanya pada Keenan. Saat ia bertemu kembali dengan Keenan di toko perlengkapan mendaki, ia tertunduk melihat Keenan yang ada di toko itu juga dan Keenan mengetahui bahwa ia berniat mendaki. Arin yang hidup serba mudah, mendadak harus merasakan hidup yang susah untuk menguji mentalnya saat mendaki nanti. Ia harus naik angkot, metromini, lari keliling lapangan dan kegiatan lainnya yang mendukung untuk seorang pendaki bisa bertahan di tanah pendakian apalagi saat cuaca yang ekstrim.
Hingga sudah ada pembuktian bahwa Arin bukan hanya gadis manja yang tidak bisa naik gunung bisa terlaksana. Sukun, Andi, Bimo, Keenan dan Arin memilih menanjak gunung Gede sebagai tantangan pertama Arin. Seperti pendaki pemula lainnya, Arin merasa sedikit kewalahan. Tantangan demi tantangan mereka lewati hingga bisa mendaki puncak gunung Gede dan melihat banyaknya hamparan bunga Edelweis di sepanjang sisi pegunungan. Arin berhasil mendaki puncak pertamanya dan ia cukup bangga karena itu.
Arin kembali kehilangan semangat karena bertemu dan bertatapan dengan Davin. Keenan yang dari awal menemani dan memberi semua perhatiannya pada Arin mendadak merasakan sesuatu dalam hatinya. Keenan sadar, bahwa sudah menyayangi gadis itu. Ia memberikan semua fokusnya pada Arin, memeluk dan menenangkan Arin. Pendakian itu sudah berakhir, dan Keenan semakin berani untuk mendekati Arin secara terbuka, mengajaknya nonton, bertamu ke rumahnya. Tetapi terkadang Arin tampak sedikit menghidar karena mengingat kakaknya yang memperlihatkan sikap bahwa ia menyukai Keenan.
Novel ini memiliki keunggulan dari segi latar yang membuat pembacanya dapat berimajinasi dan merasakan suasana yang diceritakan, membuat pembaca tidak merasa bosan dan semakin penasaran dengan alur cerita berikutnya. Sampul buku yang berwarna hijau sangat cocok dengan alur cerita yang mengisahkan tentang pecinta alam.
Selain itu, novel ini mempunyai kelemahan dalam penggunaan bahasa yang menggunakan bahasa remaja saat ini seperti gue, elo, dll sehingga membuat novel ini seakan-akan dikhususkan bagi kalangan remaja saja.
Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, novel ini mampu menghadirkan diri dari derasnya novel romantis yang ada di dunia sastra Indonesia, disajikan dengan gaya bahasa remaja yang membuat remaja semakin minat membaca dan bersifat menghibur yang pastinya tidak membuat bosan pada setiap alur yang diceritakan.



1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    Hl...

    BalasHapus