Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 20 Maret 2020

Dulu, Sekarang, Hingga Kapanpun, Dia Adalah Kakakku


Judul : Dia Adalah Kakakku

Penulis : Tere Liye

Tempat Terbit : Jakarta

Penerbit : Republika Penerbit

Tahun Terbit : 2018

Tebal : 394 halaman

 

Kak laisa, kakak dari Wibisana, Ikanuri, dan Yashinta ini merupakan kakak yang memiliki tubuh gempal dan pendek. Selain itu kak laisa merupakan kakak yang cukup tegas dan galak bagi adik-adiknya. Tapi dibalik kekurangannya itu, siapa sangka kak laisa merupakakan kakak yang selalu mengorbankan seluruh hidupnya demi adik-adiknya, yang selalu mengajarkan makna kata bekerja keras, yang selalu menepati  janjinya, yang selalu melindungi adik-adiknya, seorang kakak yang selalu menyayangi adik-adiknya dengan cara yang luar biasa.

Kak Laisa, mengajarkan adik-adiknya untuk selalu kerja keras, kerja keras, kerja keras!  Sepeninggal Babak, kehidupan mereka sangat susah.  Perlahan tapi pasti dengan usaha gigih Kak Lais yang membuka perkebunan strawberry di lembahnya yang sangat indah, meski percobaan pertama gagal.  Namun Kak Lais pantang menyerah, sehingga usaha perkebunan strawberry yang awalnya hanya satu hektar,  setelah sukses maka berkembang menjadi ribuan hektar

Berkat Mamak dan Kak Lais, adik-adiknya bisa mendapatkan pendidikan yang baik, bahkan dua adiknya Dali dan Yash, mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri, sementara Ikanuri dan Wibisana, bisa lulus kuliah saja bagi mereka seperti keajaiban dunia ke depalan dan ke sembilan.  Meskipun Kak Lais menawarkan pada mereka untuk melanjutkan kuliah, tapi dua adik kembar ini tidak mau.  Keempat adiknya menjadi orang-orang sukses di bidangnya masing-masing, hal tersebut sangat kontras dengan apa yang diraih Kak Lais.  Tapi bagi Kak Lais, ini bukan tentang bagaimana kehidupannya, melainkan bagaimana ia bisa menepati janji kepada adik-adiknya untuk tak pernah terlambat, dan selalu ada saat mereka butuhkan.

Seperti cerita tentang Dali, berkat dukungan Kak Lais yang berhasil meyakinkan penduduk untuk membuat kincir angin.  Kak Lais yang membawa Yashinta melihat berang-berang, semua itu akan mempengaruhi masa depan kedua adiknya.  Dan keberanian Kak Lais menyelamatkan Ikanuri dan Wibisana saat akan di terkam siluman penguasa Gunung Kendeng, membuat kedua adiknya yang nakal ini jera dan banyak belajar tentang kehidupan dari Kak Lais.  Sebuah fiksi yang sangat menarik, dikemas dengan sederhana, namun mampu membuat hati pembaca terenyuh dengan sosok Kak Lais, juga keluarga Mamak.  Hubungan Kakak- Adik yang unik namun indah sekali.  Cerita tentang menjadi seorang kakak yang sangat dicintai adik-adiknya dan juga sangat mencintai adik-adiknya, bahkan rela menukar nyawa demi keselamatan adik-adiknya.

Kelebihan dari novel ini adalah alur nya yang sangat menarik dan jalan ceritanya yang banyak menginspiras serta menyentuh sekalii. Selain dari jalan cerita nya cover novel ini juga sangat menarik sehingga membuat orang penasaran untuk membaca. Kekurangan dari ovel ini adalah awalan dari cerita terkesan sangat membingungkan dan juga bahasa yang digunakan merupakan bahasa baku sehingga tidak cocok jika dibaca oleh kalangan remaja.

Membaca buku ini membuat saya tertawa terharu karena kesederhanaannya. Buku ini sangat cocok untuk para pembaca terutama seorang adik. Karena,  kita dapat melihat perjuangan seorang kakak yang selalu berjuang untuk adiknya tanpa adiknya ketahui.

 

           

 

 

 

 

1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    6c. .

    BalasHapus