Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 18 Maret 2020

Cinta Rumit antara Cowok Bermasalah dan Cewe Lugu


Judul Buku   : Dear Nathan
Pengarang    : Erisca Febriani
Penerbit         : Best Media
Tahun Terbit  : 2016
Tebal              : 528 Halaman
            Buku ini mengisahkan perihal percintaan dan persahabatan di masa SMA. Buku novel ini berkisah tentang seorang gadis bernama Salma dan seorang pria yang bernama Nathan. Buku novel ini terdiri dari 31 Bab yang memiliki alur cerita dan tema setiap bab nya berbeda – beda. Penulis sukses membuat seorang tokoh yang bisa membuat pembaca terbuai dengan kenakalan dan paling utama cara dia bisa bersama Salma, semuanya sungguh menarik. Pengarang bisa membuat suasana ceritanya menjadi penuh dengan semangat yang membuat pembacanya penasaran cerita di bab selanjutnya.
            Salma merupakan siswa pindahan di SMA Garuda. Berawal dari keterlambatan untuk mengikuti upacara pertama di sekolah baru, Salma Alvira bertemu dengan cowok yang bernama Nathan, murid nakal yang sering di bicarakan oleh satu sekolah. Nathan, tidak mengira akhirnya bias jatuh cinta kepada Salma, anak baru yang yang tampak ingin menangis pada saat terlambat dating ke sekolah.
            Hari itu Salma berhasil masuk berkat bantuan Nathan. Salma gadis polos si kutu buku yang hidupnya selalu tertata penuh dengan planning untuk kedepannya. Berbanding terbalik dengan Nathan, lelaki yang membantu Salma di hari pertama masuk sekolah baru, ia si pembuat onar yang selalu berkelahi. Nathan memang brengsek tetapi dia tahu betul bagaimana cara menghargai seorang perempuan.
            Ketulusan Nathan pun membuat Salma luluh begitu saja, meski Salma selalu di wanti – wanti oleh Afifah, sahabatnya sekaligus teman sekelas Nathan, agar jauh – jauh dari si pemnuat onar itu. Terlepas dari kisah cinta yang mewarnai kehidupan Nathan, masalah keluarga yang timbul sejak dulu pun tak kunjung terselesaikan. Nathan selalu bercerita kepada salma sehingga ia mengetahui penyebab kenakalan dan kerapuhan Nathan di masa lalu.
            Pada buku ini penulis berhasil menciptakan seorang tokoh yang membuai para pembaca yaitu karakter Nathan yang menarik, walaupun dia badboytetapi dia bukan playboy. Bagaimana dia bersikap, tingkah lakunya, kejahilannya, dan bagaimana cara Nathan ketika bersama dengan Salma semua terkesan sangat menarik. Karakter Salma yang polos, pintar, manis, dan memiliki jiwa yang halus, memang bertolak belakang dengan karakter Nathan. Tetapi, karena karakter mereka berdua berbeda membuat cerita semakin menarik untuk di baca. Tahap – tahap konflik dapat diceritakan dengan baik dan penyelesaiannya cukup jelas. Banyak ilmu yang dapat kita ambil dari novel ini, yaitu tentang pengorbanan, tentang kasih sayang, persahabatan, bahkan tentang mau menerima kenyataan dan arti memaafkan.
            Penggunaan bahasa yang terlalu baku tidak menggambarkan bahwa mereka merupakan pasangan anak remaja dan lebih terasa kaku. Cara penulis membuat narasinya terasa berlebihan. Buku dengan tebal 528 halaman ini memberikan kesan bosan dan malas, karena bukunya terlalu tebal.
            Dibalik kekurangannya, buku ini tetap layak dibaca oleh remaja, karena buku ini menceritakan kisah para remaja yang mengandung nilai percintaan, persahabatan, pengorbanan, kasih sayang, menerima kenyataan dan arti memaafkan.

1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    GN ..

    BalasHapus