Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Maret 2020

Sosok Dewasa Hantu Kecil Wiliam

Disusun oleh Farrah Febiola

Judul Novel              : Wiliam
Pengarang               : Risa Saraswati
Penerbit                   : PT. Bukune Kreatif Cipta
Tahun Terbit             : 2017
Kota Terbit               : Jakarta
Tebal Buku              : 208 Halaman

Novel Wiliam adalah novel yang menceritakan kehidupan Wiliam saat menjadi anak kecil biasa. Saat usia Wiliam 9 tahun,Ia pindah ke Indonesia bersama kedua orang tuanya. William van Kemmen lahir di Belanda dan tinggal selama beberapa tahun disana. Orang tua William khususnya sang mama sangat egois dan berambisi semata-mata hanya untuk harta. Sang Papa pun begitu mencintai istrinya dan menuruti segala kemauan istrinya.

Suatu hari, William meminta untuk sekolah dirumah dan kedua orang tuanya tidak menurutinya. Ia sangat sedih ,dan ia tidak memiliki satupun teman di sekolahnya  karena dia anak yang pendiam berbeda sekali dengan anak Belanda kebanyakan. William sangat suka bermain biola pemberian kakeknya, yang diberi nama nouval seperti nama kakeknya. Seorang bandinde pernah dipecat karena William, ia merasa sangat bersalah dan memutuskan untuk berubah menjadi anak yang diinginkan ibunya. Ia selalu berusaha untuk menyenangkan hati ibunya.

William akhirnya terbuka dengan salah seorang guru di sekolahnya yang bernama Dietje Wijnberg, sampai akhirnya guru tersebut dipindahtugaskan karena Maria. Eunice Wyk adalah guru pengganti yang baru sangat gila dengan uang. 

Sebenarnya Wiliam sudah memiliki teman bermain yang bernama Toto, Wiliam dengan Toto bertemu saat Wiliam menghadiri pesta teman mama. Berbeda dengan Wiliam, Toto adalah anak pribumi yang mempunyai seorang ibu yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga dirumah orang Belanda. Toto sering mengunjungi rumah Wiliam sebatas di depan pintu pagar rumahnya. Tetapi suatu ketika Toto menyapa Wiliam saat berada di rumah teman mamanya. Karena itu Wiliam langsung berpura-pura tidak mengenal Toto dan bersikap arogan demi membuat mamanya senang. Setelah kejadian itu Toto sudah tidak mengajak Wiliam bermain lagi.

Keadaan Hindia Belanda semakin memburuk, banyak orang Belanda yang kembali ke Netherland karena ada kabar tersiar tentang Jepang. Namun Johan dan Maria masih tetap berada di Hindia Belanda meskipun Nouval sudah menyuruhnya kembali. 

Hingga suatu ketika Jepang benar-benar datang ke Indonesia dan menangkap orang-orang Belanda. Ketika itu William hanya duduk santai dan memainkan biolanya, entah diluar keadaan begitu buruk. Sampai akhirnya Wiliam mati di tangan Jepang dengan keadaan kepalanya dipenggal.

Keunggulan Novel William ini mempunyai alur cerita yang menarik sehingga para pembaca tidak mudah bosan. Selain itu, bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh para pembaca. Cover buku di desain semenarik mungkin agar para pembaca tertarik untuk membeli dan membacanya.

Kekurangan novel wiliam gaya bahasanya yang sederhana, tetapi beberapa bagian belum pantas untuk dicerna anak-anak, seperti kepala yang dipenggal, pertengkaran orangtua, kekerasan, dan kata-kata kasar. Karena nantinya bisa membuat anak-anak memiliki imajinasi yang terlalu berlebihan. Kelemahan dari novel ini juga terdapat dibagian pesan yang disampaikan oleh penulis terlalu sulit untuk dicerna pembacanya.

Pesan yang bisa didapatkan dari novel ini adalah bahwa keserakahan dalam duniawi dapat mengakibatkan hal buruk bagi diri sendiri dan orang disekitar. Pesan keduanya orang tua hendaklah lebih mementingkan anaknya dibandingkan hal lai seperti uang, kekayaan dan pekerjaan.


1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    r8 .

    BalasHapus