Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Maret 2020

Surgaku adalah Ibuku


Disusun oleh Shoswatul Kolbiyah
 
Judul Buku           : Cahaya Surga di Wajah Ibu
Pengarang           : Mura Alfa Zaez
Penerbit               : Rumah Oranye
Tahun Terbit         : 2014
Tempat Terbit       : Jakarta
Tebal                    : 312Halaman
Harga Buku          : Rp 49.000

Penulis mengisahkan dirinya sebagai tokoh aku yang adalah Mimi, seorang anak yang memiliki dua adik (Aldi dan Rifka) dan orang tua yang menikah atas dasar cinta namun akhirnya berpisah juga. Dengan alur mundur-maju, Mimi menceritakan masa kecilnya dimana ia selalu melihat ayah dan ibunya bertengkar. Ayah yang selalu menghina ibu yang tidak benar mengurus rumah tangga padahal ibu juga bekerja karena ayah telah di pecat, ayah yang tidak peduli sama kelahiran Rifka dan malah pergi begitu saja, nenek (mertua ibunya) yang tidak menyukai sang ibu karena sebenarnya ia telah menjodohkan anaknya dengan wanita kaya, teman dari ibunya. Meskipun banyak perlakuan tidak baik dari ayah ke ibu, tetapi Mimi selalu melihat ibu tetap membela ayahnya dan mengatakan kalau ayahnya itu sangat menyayangi mereka.

Sampai akhirnya Mimi mengenal Kaka, cowok yang menyukai dia. Disinilah mulai ada konflik baru dimana Mimi harus dikerjain oleh Reva yang ternyata naksir sama Kaka, Mimi yang ternyata jatuh cinta sama Kaka, sampai akhirnya Kaka lah yang banyak menolong Mimi. Bahkan Mimi dilecehkan ibu-ibu yang mengatakan kalau ibunya yang janda telah menggoda suaminya, diejek sama Reva yang ternyata adalah anak dari ibu tersebut. Konflik Mimi dengan ibunya kembali di bangun di sini, dimana kedekatan antara Mimi dengan Ibu mulai digoyahkan. Namun semua bisa diselesaikan dengan baik. Setelah itu ada cerita baru dimana benang merah terhubung kembali akan cerita keluarganya saat Mimi bertemu Denan Antony yang ternyata adalah sepupu dari ayahnya. Dari Antony pun Mimi mencari tahu keberadaan ayahnya karena Rifka dan Aldi sangat merindukan ayah mereka, sebenarnya Mimi pun demikian.

Bak dewa penyelamat buat Mimi, Kaka membantu mengantar Mimi menemi ayahnya yang ternyata ada di Riau. Tetapi sampai di Riau, ayahnya udah pulang ke Medan. Mimi pun bertemu dengan Makde, kakak dari ayahnya yang menceritakan  bahwa ayah dan ibunya itu telah bercerai. Ayahnya menikah lagi dengan pilihan neneknya namun pernikahan mereka berantakan. Ternyata ayah dan ibunya bercerai dan menikah lagi tanpa sepengetahuan Mimi. Dan anehnya Ibu Mimi memberikan syarat pada ayah agar ia tidak menemui anak-anaknya sebelum anak-anaknya menginginkan ayah untuk hadir di rumah. Disinilah Mimi sadar kalau selama ini yang menghalangi kepulangan ayahnya adalah kebencian terhadap ayahnya. Begitu Mimi pulang, ia menemukan ayah dan ibunya berkumpul bersama Aldi dan Rifka. Keluarga mereka bersatu kembali. Dan hubungan Mimi dan Kaka pun resmi berpacaran.

Ternyata hanya ketidak terbukaan antara ibu dan anak saja sehingga Mimi mengira kalau ayahnya benar-benar telah meninggalkannya dan tidak pernah kembali. Selain itu, Dalam penulisan novel ini banyak kesalahan dalam penulisan ceritanya sehingga pembaca kesulitan dalam menggabungkan kata demi katanya. Sampul depan novel kurang menarik terlalu sederhana dan sehingga membuat pembaca merasa malas untuk membacanya, karena merasa bahwa novel ini akan membosankan. Lembar halaman juga terlalu sederhana tidak ada hiasan-hiasan sehingga mengurangi keindahan novel ini. Kertas yang digunakan sangat tipis sehingga mudah sobek. Daftar isi cerita menggunakan bahasa yang sederhana sehingga tidak ada kata-kata kiasan dan pembaca sudah bisa mengetahui alur cerita yang ingin disampaikan penulis. Dalam Biodata penulis akan lebih bagus jika di tambah foto sehingga pembaca mengetahui siapa pengarang cerita ini. Akhir cerita pada novel ini kurang menarik dan perlu ditambah kalimat yang membuat pembaca berimajinasi.

Novel ini mencoba mengungkapkan ketegaran yang dimiliki seorang ibu. Ibu yang selalu bisa menahan air mata jatuh ketika seorang anak bertanya tentang sosok ayah. Serta sosok anak yang yang sudah bisa menjalani kehidupan yang penuh masalah. Banyak fakta yang ada didalam novel ini sehingga menjadikan novel ini seperti dalam kehidupan nyata. Novel ini juga memberikan kisah cinta dan kasih ibu yang tak terbalas oleh apa pun. Melalui novel ini pembaca akan terinspirasi dari sosok ibu dan akan membuat pembaca lebih berbakti lagi dengan seorang ibu. Pembaca juga akan menemukan kekuatan dari sosok ibu yang bisa menjalani hidup seorang diri.

1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    2W.

    BalasHapus