Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Maret 2020

PELARIAN DARI SEBUAH MASALAH

Disusun oleh Anisa Susilowaty

Judul buku                : Runaway KABUR
Pengarang                : Meg Cabot
Penerbit                    : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit              : Mei 2012
Tempat Terbit            : Jakarta
Tebal                         : 328 halaman

Novel ini menceritakan tentang seorang perempuan yang memiliki kehidupan yang sulit karena menghadapi banyak masalah dalam kehidupannya. Perempuan tersebut bernama Em. Pada saat itu, Em sedang menikmati liburan romantis bersama Brandon Stark yang dirahasiakan, namun bukan rahasia lagi karena Us Weekly dan banyak paparazi telah mengetahui dan mengintai vila pantai mewah tempat Em dan Brandon berada. Brandon Stark adalah putra tunggal dan pewaris semata wayang Robert Stark, yang saat ini merupakan orang terkaya nomor empat di dunia setelah Bill Gates, Warren Buffe, dan Ingvar Kamprad. Paparazi tersebut mengintai Em dan Brandon untuk mengambil foto mereka berdua untuk dihargai ribuan dolar.

Nikki Howard seorang supermodel yang merupakan mantan pacar dari Brandon Stark, namun ia masih memiliki perasaan cinta kepada Brandon sehingga ia tidak menyukai Em berada di dekat Brandon. Nikki selalu beranggapan bahwa dirinya lebih baik dari Em. Namun kenyataannya Brandon hanya menyukai Em. Namun, Em menginginkan Nikki Howard kembali kepada Brandon.

 Suatu ketika, Em mengalami kecelakaan yang membuatnya hampir tewas, namun nyawanya dapat diselamatkan dengan melakukan pencangkokan otak. Akhirnya Em melakukan operasi itu, otaknya dipindahkan kedalam tubuh Nikki Howard yang telah. Setelah itu, Nikki dan Em dapat hidup kembali dalam tubuh yang berbeda.

 Pada suatu hari, Em dan kawan-kawannya berusaha mencari tahu kelemahan Stark Enterprise dan proyek berbahaya yang hendak mereka lakukan yang membuat Nikki yang asli hendak dibunuh karena mengancam perusahaan. Bahkan saat Em dibuntuti seseorang (dugaan kuat adalah Robert Stark), niatnya untuk menghubungi Christopher untuk meminta bantuan malah ia urungkan dan justru menelepon Lulu. Untunglah Lulu yang walau sepintas terlihat seperti umumnya selebriti remaja yang lebih menyukai pesta dan hura-hura, tapi ia sebenarnya cerdas dan memang jago banget untuk urusan cowok memberikan nasihat yang bagus untuk Em. Nikki Howard yang asli pun mengalami perubahan yang luar biasa berkat Lulu. Mantan model tersebut yang tubuhnya sudah menjadi milik Em telah berubah menjadi lebih baik mulai dari penampilan hingga sikap, sampai-sampai Gabriel Luna pun naksir dia.

Konfrontasi Em dengan Robert Stark cukup menegangkan. Robert stark bahkan mengancam akan membunuh Frida, adik Em. Em meminta bantuan Christopher untuk dapat mengesampingkan perasaannya dan bersedia membantu Em untuk mengungkap kejahatan Robert stark pada dunia. Tapi, Jika Christopher membantu Em, Stark Enterprises akan membuat mereka tewas, untuk kali ini dan selamanya. Maka Em terus lari saja.

Novel ini memiliki keunggulan dalam konflik yang disajikan sangat kompleks, dimulai dari konflik keluarga, percintaan bahkan karir. Namun disamping keunggulan,  novel ini memiliki kelemahan yaitu gaya bahasa yang sulit dipahami oleh para pembaca dan membuat para pembaca penasaran dengan akhir cerita yang belum ada penyelesaiannya.

            Dari novel tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam menghadapi suatu masalah seseorang tidak boleh lari dari permasalahan dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    aZ ..

    BalasHapus