Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 10 Maret 2020

MULAILAH BERMIMPI


Disusun oleh Ekklesia Imania 


Judul Buku                : Sang Pemimpi
Pengarang                : Andrea Hirata
Penerbit                    : PT Bentang Pustaka
Tahun Terbit              : 2008
Cetakan                    : ke-18, Maret
Tempat Terbit            : Yogyakarta
Tebal                         : x + 292 Halaman
Harga Buku               : Rp 49.000,-
ISBN                         : 979-3062-92-4

Novel ini menceritakan tentang dua orang bersaudara bernama Ikal dan Arai yang memiliki mimpi untuk sekolah ke negara Eropa. Mereka itu memiliki sifat yang nakal akan tetapi berprestasi di kelas dengan selalu menduduki peringkat 5 besar di kelas. Mereka berdua bukan berasal dari keluarga mampu. Arai adalah seorang yatim piatu yang tinggal sebatang kara, sedangkan Ikal adalah keluarga sederhana yang bisa dibilang kurang berkecukupan. Ayah Ikal hanyalah seorang kuli. Walaupun keadaan dan kondisi mereka seperti itu tidak membuat mereka pantang menyerah melainkan semakin besar tekad untuk mengubah hidupnya. Sejak saat itu lah petualangan mereka di mulai.

Saat duduk di bangku SMA, Ikal dan Arai ikut bekerja banting tulang untuk memenuhi kebutuhan sekolahnya. Saat melihat seseorang yang sedang kesulitan, mereka bersedia membantu bahkan dengan mengorbankan uang tabungan mereka, yang sebenarnya juga mereka butuhkan. Berbagai kesulitab hidup, baik suka maupun duka mereka lalui dan tanggung bersama. Saar salah satu dari mereka mulai putus asa, seorang yang lainnya menguatkan dan memberikan semangat. Akhirnya dengan kerja keras mereka dapat lulus SMA dengan nilai yang sangat memuaskan.

Dengan tekad kuat untuk menjelajah ke Eropa mereka pergi memantau ke luar kota, untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Perpisaha telah mereka lalui, kerja keras dan susah payah mereka hadapi. Dalam perjuangan mereka yang hegitu keras, tibalah titik terang muncul. Walaupun mereka telah sempat berpisah karena berada di kota yang berbeda saat merantau, mereka terpisah oleh waktu tapi tetap bersama dalam tujuan yang sama. Setelah lulus kuliah mereka mengambil beasiswa ke Eropa, disanalah mereka dipertemukan kembali. Untuk menunggu hasil beasiswa keluar mereka pulang ke kampung halaman mereka. Saat pengumuman dibagikan melalui sepucuk surat yang mereka terima, betapa bahagia dan penuh haru bahwa mereka lulus ujian dan akan berangkat ke Eropa untuk mewujudkan impian mereka.

       Novel ini sangat bagus karena memiliki nilai moral yang dapat menginspirasi dan memotivasi setiap pembacanya serta memberi hikmah yang dapat dipetik dengan mudah dari kisah – kisah yang disuguhkan. Alur cerita dan gaya bahasanya pun dikemas dengan sangat luarbiasa karena mengangkat cerita seperti dunia nyata. Sayangnya cover depan pada buku ini kurang menarik perhatian. Novel ini sangat disarankan untuk dibaca oleh semua kalangan terutama kalangan remaja karena memuat nilai-nilai positif diantaranya ialah pantang menyerah, gigih, berani menetapkan target, berani bermimpi, mengajarkan tentang dedikasi, dan lain sebagainya.

1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    1f..

    BalasHapus