Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 17 Maret 2020

SEBUAH USAHA MENGINGAT

            

                                           Disusun oleh : Charvelia Jiuvanka

         
           Judul Buku      : Remember Me
Pengarang       : Naufal Azhar
Penerbit           : Euthenia
Tahun Terbit    : 2016
Tempat Terbit  : Jalan Madya Utara, Jakarta Barat
Tebal               : 176 halaman

Gibran seorang anak dari pengusaha sukses yang selalu membuat masalah di sekolahnya, bahkan beberapa kali sekolah mengeluarkan surat panggilan untuk kedua orang tuanya. Ayah Gibran, yaitu Cahyo seorang wakil rakyat dan pengusaha yang selalu sibuk dengan pekerjaannya, dan Livi, ibunya yang sering melakukan kegiatan sosial membuat Gibran merasa kesepian dan merasa tidak dipedulikan.
Gibran melakukan tingkah usilnya bersama Sean teman baiknya. Saat itu Gibran membuat masalah di sekolah sehingga mendapat surat panggilan orang tua lagi.
Livi yang tidak tahan dengan merahnya rapot Gibran pun, akhirnya berusaha mencarikan guru les untuk Gibran. Namun, Gibran yang mempunyai sikap usil, membuat para guru les private Gibran menyerah. Hingga pada akhirnya Livi mendapat guru les muda yang bernama Masita Karina atau yang biasa dipanggil Karin untuk menjadi guru les Gibran yang sekaligus merupakan musuh terbesar Gibran disekolah.
Awalnya Gibran sangat tidak senang dengan Karin. Namun, karena Karin adalah orang yang bertanggung jawab, ia berusaha membujuk Gibran sampai pada akhirnya Gibran mau belajar dan luluh pada Karin.
Hari demi hari berlalu. Penyakit Alzheimer yang diderita Karin semakin memburuk sehingga Karin melupakan segala hal termasuk janji-janjinya pada Gibran yang tentunya Gibran marah karena merasa kecewa pada Karin.
Karin menghabiskan waktunya dirumah dengan melukis wajahnya sendiri dan juga Gibran dengan alasan agar tidak lupa dengan rupa wajahnya. Gibran yang mengetahui penyakit Karin langsung datang kerumah Karin untuk menjenguknya dan juga memberikan scrapbook yang berisi kenangan mereka berdua.
Cahyo dan Livi yang mengetahui perasaan Gibran pada Karin tentu tidak menyetujui hubungan mereka karna adanya perbedaan derajat. Sehingga, Gibran diharuskan kuliah di luar negeri. Namun, Gibran memaksakan jurusannya sendiri yaitu kedokteran agar bisa menyembuhkan Karin suatu saat nanti.

Keunggulan novel ini terletak pada gaya bahasa dan alur yang mudah dimengerti, akhir cerita yang menarik dan juga mampu membangun suasana dengan baik bagi para pembacanya.

Kekurangan novel ini terletak pada desain sampul yang kurang menarik dan ada beberapa halaman yang kosong yang sebaiknya diisi dengan catatan, puisi atau kata-kata mutiara.

Novel ini cocok dibaca untuk kalangan remaja, karena terdapat beberapa kisah yang berkesan masa-masa SMA yang tidak akan terulang. Novel ini juga mampu memberikan pengetahuan tentang penyakit Alzheimer dan juga memberikan pengertian betapa kerasnya kepedulian orang tua untuk memberikan anaknya yang terbaik. Dengan berbekal imajinasi sang penulis yang disajikan dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, pembaca disegarkan kembali dengan sebuah karya sastra yang sangat menarik.

1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    zf .

    BalasHapus