Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 17 Maret 2020

Serpihan Luka Masa Lalu



“Serpihan Luka masa lalu”
Judul buku                :           Berlabuh di Lindoya
Pengarang                :           Kusumastuti Fischer
Penerbit                    :           Gramedia
TahunTerbit               :           Cetakan 1, 2015
Tebal                         :           280 halaman
Novel Berlabuh di Lindoya adalah sebuah novel yang bergenre Romance, di dalam novel ini lebih menonjolkan Sam dan Rasmus sebagai tokoh utama. Karakter Sam di sini adalah wanita pekerja keras, walaudia tidak dapat begitu saja bersosialisasi dengan orang luar karena masal lalu nya, tetapi dalam pekerjaan Sam dapat membaur dengan baik dan selalu diandalkan oleh rekan-rekannya.Karakter Sam yang mencoba mengalahkan masa lalunya. Sedangkan, Rasmus, lelaki yang memiliki mata biru bening ini adalah lelaki yang baik dan lembut, berjiwa besar, dan tegas. Rasmus yang terlihat tenang dan santai, ketika jatuh cinta dia hanya lelaki biasa yang memiliki rasa cemburu dan pernah mengalami kejadian pahit karena cinta seperti Sam. 
Berawal ketika Sam memutuskan untuk melarikan diri dari Indonesia dan memulai hidup baru dengan bekerja di perusahaan pengeboran minyak minyak di ujung dunia, di Norwegia. Sam nyaris menolak tawaran manjemen Dei Norgeolde, perusahaan tempat ia bekerja untuk bergabung dalam proyek di kantor pusat. Namanya juga ibu kota, pasti banyak penduduknya. Sedangkan tujuan Sam ke negara Norwegia ini bukan untuk bersosialisasi.
Sam menolak tinggal di apartemen dan memilih untuk menyewa rumah tua milik Inga Hjelpson, Sekretaris senior di kantor cabang Hastard. Rumah tua nya berada di pulau sepi bernama Lindoya. Di Lindoya, Sam bertemu dengan Rasmus Knudsulgson, tetangga barunya. Diawali dengan rasa takut Sam yang curiga bahwa Rasmus adalah seorang pemakai dan pengedar barang terlarang, perlahan ketulusan Rasmus berhasil mencairkan kebekuan hati Sam.
Dalam dekapan Rasmus, Sam merasakan kenyamanan dan merasakan adanya perlindungan dari Rasmus. Namun, ketika Sam sudah berani membuka hatinya untuk Rasmus. Salah satu anggota dewan yang sedang melakukan kujungan kerja ke Olso tempat ia bekerja menarik Sam kembali ke masa lalu.
Rasmus menyakinkan Sam bahwa dia serius dengan hubungannya. Pada akhirnya Sam dan Rasmus bersatu dalam ikatan cinta. Rasmus menikahi Sam. Itu semua berkat kegigihan Rasmus yang mencoba membuka hati Sam dari kekecewaan nya dari masa lalu
Buku ini memiliki keunggulan dari segi karakteristik tokohnya. Novel ini juga memiliki sampul yang menarik dilihat dan dibaca. Pemilihan kata di dalam novel ini menggunakan ragam bahasa remaja, seperti gue- elo. Menceritakan keindaan di sebuah pulau sepi bernama Lindoya.dan terdapat teka teki yang menarik pembaca menjadi penasaran. Terlepas dari keunggulannya, Novel ini juga memiliki sebuah kelemahan atau kekurangannya. Menurutku penulis suka mengulang suatu kata dalam satu kalimat, yang menurut saya terlihat pengulangan kata.seperti pada :
-          Halaman 195. Kamu hebat sekali! kamu luar biasa hebat!
-          Halaman 196. Oh, karena aku bangga pada kalian. Aku bangga sekali dengan kalian semua!
Penulis juga membedakan perilaku anggota pejabat di Indonesia dengan Norwegia yang terdapat dalam halaman 140 dan 220.Di dalam novel ini tidak terdapat daftar isi dan terdapat istilah kata yang tidak dimengerti.

1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    4E.

    BalasHapus