Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Maret 2020

Jadilah Jomblo Terhormat

Disusun oleh Gilang Septiandrie Hidayat 
Judul  Buku             : Ijo Tomat
Penulis                    : Syakir Daulay
Penerbit                   : PT. Falcon Interative
Kota Terbit               : Jakarta
Tahun Terbit             : Oktober 2019
Tebal Buku               : 184 Halaman
ISBN                        : 978-602-6714-56-5

Buku yang berjudul IJO TOMAT mempunyai singkatan yaitu Ikatan Jomblo Terhormat. Buku ini sendiri di tulis oleh seorang artis dari Indonesia yang bernama Syakir Daulay. Selain pandai dalam hal berakting di tayangan televeisi, Syakir juga ingin menjadi seorang penulis yang bisa menginspirasi bagi semua orang. Tujuan Syakir menulis buku tersebut adalah untuk berbagi pengalaman dan menyebarkan dakwah melalui tulisannya. Pengalaman Syakir mengenai cinta cukup di bilang menarik. Karena sosok seorang Syakir yang mempunyai paras wajah yang tampan namun punya pengalaman yang pahit juga tentang cinta. Sehingga Syakir harus memilih jalan hidupnya dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dari buku yang di tulis oleh Syakir terdapat berbagai tema mengenai pengalamannya mengenal cinta salah satunya yaitu “Mengenal Cinta”. Bagi Syakir cinta itu anugrah yang diberikan oleh Sang Maha Kuasa terhadap semua makhluk ciptaannya. Allah memberikan cinta kepada kita yaitu agar makhluk ciptaannya bisa saling menyayangi satu sama dengan yang lain. Bukan berarti harus dilakukan dengan berpacaran. Berpacaran dengan mengatas namakan cinta itu tidak boleh karena cinta yang sejati itu adanya ketika aku dan kamu sudah menikah. Dengan arti bahwa pacaran itu tidak di anjurkan oleh agama dan kita harus lebih hati-hati dengan yang namanya cinta. Jangan ketika kita sudah mengenal cinta lebih jauh membuat diri ini malah terjebak kedalam lobang kemaksiatan dan jauh dari jalan Allah SWT.Di dalam bukunya Syakir juga menulis tema tentang “Ini Bukan Cinta”. Di dalam isi ceritanya tersebut Syakir menceritakan pengalamannya mengenai cinta. Dari awal Syakir mendekati seorang perempuan sampe akhirnya pacaran dan setelah itu malah putus di tengah jalan. Itu semua karena Syakir berpikir bahwa ketika kita mengikuti hawa nafsu maka setan pun akan terus menggoda dan menyesatkan pikiran kita kejalan yang tidak Allah SWT ridhai. Sementara Syakir yakin bahwa dengan berpacaran itu membuat dirinya tidak bisa mengejar cita-citanya.

Di dalam buku tersebut syakir juga menulis tips agar kita terhindar dari namanya cinta yang terlarang. Tips yang pertama yaitu harus selalu mengingat Allah agar diri kita merasa ada yang mengawasi, tips kedua perbanyak berbuat kebaikan agar hati kita merasa tenang, tips yang ketiga yaitu harus memikirkan masa depan kita mau jadi apa agar ketika kita sudah lulus sekolah nanti sudah mempunyai persiapan yang matang. Tips ini memang sangat mudah untuk dilakukan namun terasa sulit apabila hati sudah di masuki oleh bisikan setan.

Keunggulan dari buku Ijo Tomat yang di tulis oleh Syakir Daulay yaitu cover buku yang menarik perhatian para pembacanya, judul buku yang menarik karena ditulis dengan singkatan, terdapat banyak kata-kata mutiara mengenai cinta, dan buku ini ditulis dengan menggunakan bahasa gaul yang kekinian.

Kelemahan dari buku Ijo Tomat yang di tulis oleh Syakir Daulay yaitu masih ada tulisan yang kurang jelas, ada beberapa penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan, kertas buku yang terlalu rapat, dan mudah sobek.

Dengan segala kelebihan dan kekurangan buku yang di tulis oleh Syakir Daulay mampu membuat para remaja zaman sekarang terhindar dari bahaya berpacaran pada usia yang sebetulnya masih belum pantas di rasakan. Dan buku ini pun sangat di anjurkan bagi kaum remaja yang jomblo ataupun yang sedang mengalami putus cinta karena buku ini mampu membuat kalian para pembaca merasa terhibur serta dapat mengambil hikmah ketika membacanya.

1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    4P.

    BalasHapus