Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Maret 2020

PERAYAAN PATAH HATI


Disusun oleh Tri Wahyuni
Judul Buku                           : Distilasi Alkena
Penulis                                 : Wira Nagara
Penerbit                               : Media kita
Penyunting                           : Dian Nitami
Tahun Terbit                         : 2018 (Cetakan Pertama)
Tempat Terbit                       : Jakarta         
Tebal Buku                           : 172 Halaman
Harga                                   : Rp.55.000 (untuk Pulau Jawa)

Dalam buku distilasi alkena, penulis(laki-laki) menceritakan kisah yang dialaminya, yaitu perasaan sakit hati sebab ditinggal pasangannya. Penulis harus merelakan perasaannya terhenti karena pada akhirnya pasangannya lebih memilih laki-laki lain yang lebih mapan darinya. Lewat tulisan-tulisan pada buku ini, penulis berhasil membuat pembaca ikut merasakan sakit hati terlebih lagi jika kisahnya dialami juga oleh pembaca.

Distilasi alkena merupahan istilah ilmiah. Distilasi berarti metode pemisahan bahan kimia, sedangkan alkena berarti senyawa hidrokarbon tak jenuh dengan satu ikatan dua rangkap. Jadi, distilasi alkena dianalogikan penulis dengan arti tulisan tentang memisahkan dua hati yang sudah tak bisa dipisahkan karena suatu ikatan perasaan. Sesuai dengan judulnya, buku ini mengandung istiah-istilah ilmiah yang membuatnya menjadi unik. Perasaan sakit hati dan belum bisa merelakan inilah yang dianalogikan keberbagai judul dengan istilah-istilah kimia.

 Setabah apa pun kamu, pertemuan adalah gerbang menuju perpisahan. Terima saja, bahagia ada untuk untuk menjemput kesedihan. Dalam bentuk prosa singkat, diceritakan seberapa terpuruk dan bersedihnya si penulis ditinggal orang yang dicintainya. Belum lagi perumpamaan yang rinci serta majas hiperbola yang bisa membuat pembaca ikut merasa ditinggalkan juga.

            Septum Vasopressin dipilih penulis sebagai tulisan penutup kisah-kisahnya. Penulis menutup kumpulan kisahnya dengan doa, harap bisa melingkupi setiap perasaan, agar cinta yang telah ada dapat dijaga, serta tetap bahagia akan kebaikan-kebaikan yang akan datang. Penulis mengajak semua yang merasakan kisah serupa dapat bijaksana dalam menghadapinya.

Kelebihan dari buku ini adalah kisah-kisahnya dikemas dengan sedemikian singkat dan jelas, dengan bubuhan istilah-istilah ilmiah, serta penggunaan diksi yang bagus sehingga dapat membuat terkesan. Tak hanya tulisan, di dalam buku ini juga terdapat gambar-gambar pada setiap babnya yang membuat buku ini semakin menarik.selain kelebihan. Adapun kekurangan dari buku ini adalah tidak adanya pembatas buku.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, buku ini tak hanya dapat dibaca oleh remaja yang baru putus cinta saja. Buku ini juga dapat dibaca oleh yang ingin belajar sastra, karena buku ini seluruhnya berisi sajak dan kalimat-kalimat sastra.


1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    x7 ..

    BalasHapus